HomeGaya hidupSehat dan BugarHobi Begadang Nonton Piala Dunia Bikin Gampang Sakit?
Sehat dan Bugar

Hobi Begadang Nonton Piala Dunia Bikin Gampang Sakit?

Bobby Agung Prasetyo, 16 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Piala Dunia 2018 sudah dimulai! Penggemar sepak bola pun begadang demi tayangan ini. Padahal, kebiasaan begadang bikin gampang sakit.

Hobi Begadang Nonton Piala Dunia Bikin Gampang Sakit?

Kompetisi sepak bola internasional Piala Dunia kembali digelar tahun ini, yang dimulai sejak 14 Juni lalu. Bagi para penggemar sepak bola, ajang empat tahun sekali ini pastinya sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, jam tayang Piala Dunia yang berlangsung di Rusia ini dimulai dari pukul 9 malam dan bisa selesai hingga sekitar pukul 3 dini hari. Mau tak mau, Anda pun jadi begadang tiap malam hingga sebulan lamanya. Padahal, kebiasaan begadang dapat berdampak buruk bagi tubuh, bikin Anda gampang sakit.

Kebanyakan orang mengorbankan waktu istirahatnya saat Piala Dunia berlangsung. Padahal, terpotongnya waktu istirahat di malam hari bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti badan lemas, letih, gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat bekerja, serta perubahan siklus tidur yang bisa memberikan efek stres.

Begadang bikin Anda gampang sakit?

Begadang jelas membuat tubuh Anda gampang sakit karena kondisi tersebut memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki tidur yang berkualitas atau tidur yang cukup lebih mungkin untuk sakit setelah terpapar virus, seperti virus influenza contohnya.

Selain itu, kurang tidur juga dapat memengaruhi seberapa cepat Anda kembali sehat atau pulih jika Anda sakit. Pada saat tidur, sebetulnya sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan protein yang disebut sitokin, beberapa di antaranya membantu Anda untuk tidur.

Sitokin tertentu dapat meningkat ketika Anda memiliki infeksi atau peradangan, atau ketika Anda sedang stres. Nah, begadang dapat menurunkan produksi sitokin tersebut. Selain itu, antibodi dan sel-sel yang berfungsi untuk melawan infeksi juga menjadi lebih tidak aktif selama periode ketika Anda tidak memiliki waktu untuk tidur yang cukup.

Pada dasarnya, kebutuhan untuk tidur dengan cukup berdasar pada fungsi bahwa hal itu dapat melawan risiko terserang infeksi. Selain gangguan kesehatan, kurang tidur dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

“Begadang sama sekali tidak mendatangkan kebaikan bagi tubuh Anda. Pertama, Anda akan bangun dalam keadaan yang tidak segar. Akibatnya, Anda akan merasa letih dan kurang berkonsentrasi sepanjang hari. Kedua, saat tidur tubuh berusaha mengganti sel-sel yang rusak. Hal yang paling sederhana dapat terlihat lewat kulit. Mereka yang sering begadang biasanya bermasalah dengan jerawat. Ketiga, begadang juga dapat membuat berat badan naik,” dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter menjelaskan.

Jumlah optimal tidur untuk kebanyakan orang dewasa adalah 7-8 jam. Remaja memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 9-10 jam. Sedangkan anak usia sekolah memerlukan sekitar 10 jam atau lebih.

Menjaga kesehatan tubuh saat begadang

Jangan sampai Anda jatuh sakit akibat begadang nonton siaran langsung Piala Dunia. Lakukan kiat-kiat berikut:

1. Penuhi jam tidur

Mencukupi waktu untuk beristirahat alias tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang. Anda dapat mencoba tidur siang terlebih dahulu sebelum menonton Piala Dunia 2018 nanti malam.

Disampaikan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc dari KlikDokter, tidur dengan durasi yang sesuai dapat meningkatkan kesigapan sepanjang hari. Karena itu, usahakanlah untuk tidur selama 8 jam dalam sehari.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Isi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup. Bila perlu, konsumsi cairan mengandung ion. Sering kali Anda terlalu terbuai menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi hingga akhirnya mengabaikan asupan cairan. Padahal, ini bisa menjadi salah satu penyebab Anda jatuh sakit.

3. Hindari makanan yang tidak sehat

Begadang identik dengan jajan dan makan berbagai camilan yang tidak sehat. Oleh karena itu, hindari berbagai asupan yang dapat merugikan kesehatan seperti gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu banyak. Konsumsilah banyak buah dan sayur.

Begadang bisa membuat Anda lapar sehingga berisiko meningkatkan berat badan. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah makan malam pada jam normal sebelum Anda begadang. Selebihnya, konsumsilah camilan sehat seperti sayuran dan buah setiap 2-3 jam agar tetap fokus dan berenergi ketika begadang.

4. Rutin berolahraga

Olahraga dianjurkan untuk persiapan jangka panjang aktivitas begadang. Manfaat olahraga rutin adalah membuat kondisi tubuh Anda menjadi berstamina dari biasanya. Dengan demikian tubuh memiliki daya tahan yang lebih baik daripada tubuh yang tidak menjalani aktivitas rutin berolahraga.

Begadang memang tidak dilarang. Tapi lakukan kiat sehat di atas agar begadang nonton tayangan Piala Dunia 2018 tidak bikin Anda gampang sakit. Jagalah kesehatan sebaik mungkin dengan memenuhi waktu tidur yang cukup, makan makanan sehat, serta berolahraga secara rutin.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RN/ RVS]

Piala Dunia 2018Piala DuniaBegadangBegadang Bikin Gampang SakitObesitas

Konsultasi Dokter Terkait