Sukses

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dari Luar dan Dalam

Kulit wajah yang cantik dan awet muda perlu perawatan paripurna, yakni dari luar dan dalam. Bagaimana caranya?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar orang menginginkan kulit wajah yang cerah, bebas kerutan, tampak kencang dan bersih. Jika Anda juga mendambakan kulit wajah yang demikian, yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perawatan dari luar dan dalam.

Faktanya, seluruh kulit–termasuk wajah–terdiri dari lapisan kolagen dan elastin. Lapisan tersebut turut dipengaruhi oleh usia, pola makan, alkohol, kebiasaan merokok dan stres.

Perawatan Kulit Wajah dari Luar

Sinar UV dari  matahari, polusi udara dan aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan tampilan kulit menjadi kusam, tidak terawat dan penuaan dini. Oleh karena itu, kulit membutuhkan perlindungan alias perisai dari hal-hal merugikan tersebut.

Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit dari luar, di antaranya:

· Gunakan tabir surya

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan kekusaman dan muncul tanda penuaan dini pada kulit wajah Anda. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30, khususnya saat beraktivitas di luar rumah.

· Jangan lupakan pelembap

Kekeringan yang terjadi pada kulit wajah dapat memicu munculnya garis halus hingga keriput. Sebagai solusi dari hal itu, Anda wajib mengoleskan pelembap di seluruh permukaan wajah secara rutin dan teratur.

· Cuci wajah dengan produk perawatan kulit  yang sesuai

Cuci wajah Anda setidaknya 2 kali sehari menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Pastikan pula produk tersebut tidak mengandung detergen atau zat kimia berbahaya.

Perawatan Kulit Wajah dari Dalam

Untuk perawatan kulit wajah dari dalam, beberapa tindakan yang wajib Anda perhatikan adalah:

· Cukup tidur

Anda dianjurkan untuk tidur selama 8 jam per hari. Tidur akan membuat proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh berjalan dengan lebih optimal. Dengan demikian, kesehatan tubuh dan kulit Anda bisa lebih terjaga.

· Olahraga rutin dan teratur

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur dapat membentuk peredaran darah dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatan kulit dan tubuh Anda secara keseluruhan.

· Hindari rokok

Rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan kulit kusam, kering dan kasar. Selain itu, pergerakan otot wajah saat merokok juga mempermudah timbulnya garis-garis halus, terutama di area dekat bibir.

· Konsumsi makanan sehat

Untuk mendapatkan tampilan kulit wajah yang cerah, bersih, kenyal dan terhindar dari penuaan dini, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat khususnya yang mengandung antioksidan, kolagen dan vitamin E.

Antioksidan bisa Anda temukan pada stroberi, kiwi, bayam dan tomat. Kolagen pada ikan dan daging tanpa lemak, bawang putih, kacang-kacangan, produk kedelai serta sayuran berwarna hijau gelap. Sementara vitamin E pada tomat, kiwi, alpukat, kacang-kacangan dan cabai.

Jika kesulitan mendapatkan makanan-makanan di atas, nutrisi yang yang diperlukan kulit juga bisa Anda temukan pada suplemen. Kini sudah tersedia suplemen dengan kombinasi kandungan tinggi antioksidan dan kolagen alami yang membantu mengurangu kedalaman kerutan dan garis halus di wajah.

Ingatlah bahwa kulit wajah yang cerah, bersih dan bebas dari tanda penuaan dini hanya bisa Anda dapatkan bila melakukan tips-tips di atas dengan konsisten. Karena sejatinya, proses perubahan kulit menjadi lebih baik membutuhkan waktu yang relatif tidak sebentar. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar