Sukses

6 Penyakit Berbahaya yang Berawal dari Sakit Perut

Sakit perut bisa menjadi gejala dari suatu penyakit berbahaya. Apa saja penyakit yang dimaksud? Cari tahu selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit perut merupakan keluhan yang terjadi pada sejuta umat. Ya, kondisi yang identik dengan perkara sepele ini ternyata dapat menjadi pertanda adanya masalah buruk di dalam rongga perut Anda.

Faktanya, di dalam rongga perut, terdapat banyak organ tubuh yang penting. Karena itu, bila terjadi sakit perut, bukan tak mungkin salah satu organ penting tersebut sedang mengalami masalah yang serius.

Penyakit berbahaya di balik sakit perut

Sakit perut tak melulu menjadi perkara sepele. Pasalnya, keluhan ini juga dapat menjadi gejala dari penyakit berbahaya berikut:

1. Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan infeksi pada sistem pencernaan, yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Berawal dari sakit perut, gejala lain yang biasa menyertai gastroenteritis adalah mual, muntah, diare, demam, serta perut kembung dan kehilangan nafsu makan.

Pada penyakit ini, biasanya terdapat riwayat mengonsumsi makanan yang kebersihannya kurang, sehingga kuman dapat masuk dan menginfeksi saluran pencernaan.

2. Gastritis

Gastritis merupakan peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Keadaan ini terjadi akibat iritasi yang terjadi terus-menerus pada lambung.

Kondisi yang mengawali terjadinya gastritis adalah sakit mag berulang, yang tidak diobati dengan benar.

3. Usus buntu (Apendisitis)

Usus buntu atau apendisitis merupakan peradangan pada bagian usus yang disebut dengan apendiks. Gejala awal dari penyakit ini adalah sakit perut merata, yang lama-kelamaan terfokus di bagian kanan bawah perut. Selain itu, usus buntu juga sering disertai dengan rasa mual, muntah, dan demam.

4. Kolesistitis

Kolesistitis merupakan peradangan atau infeksi pada kantung empedu. Kondisi ini disebabkan akibat terlalu tingginya konsumsi makanan yang berlemak, atau terdapat batu pada kantung empedu.

Sakit perut yang terjadi pada kasus kolesistitis terasa mendadak seperti tertusuk, dan kerap disertai dengan muntah-muntah maupun demam.

5. Batu empedu

Penyakit batu empedu menyebabkan keluhan sakit perut yang hilang timbul dan tidak memiliki pola yang khas. Namun, apabila terdapat batu dalam jumlah yang cukup banyak di dalam empedu, keluhan sakit perut bisa terjadi dalam durasi yang cukup panjang. Hal ini karena batu semakin memenuhi ruang di dalam kantung empedu penderita.

6. Abdominal Aortic Aneurysm

Abdominal Aortic Aneurysm (AAA) merupakan kondisi abnormal, dimana ukuran pembuluh darah besar perut membesar. Hal ini membuat dinding menjadi semakin tipis, sehingga risiko terjadinya robekan atau kerusakan (pecah) semakin tinggi.

Pada kasus AAA, sakit perut yang terjadi biasanya disertai dengan rasa penuh di perut. Penyakit ini merupakan kondisi serius yang memerlukan tindak lanjut segera.

Sebenarnya, penyakit berbahaya yang menjadikan sakit perut sebagai gejalanya tak terbatas pada yang di atas saja. Karenanya, jika Anda mengalami sakit perut, apalagi hingga berlanjut atau berulang, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar