Sukses

Kenali Tanda Serangan Jantung yang Dialami Ayah Meghan Markle

Menjelang royal wedding, ayah Meghan Markle, Thomas Markle, terkena serangan jantung. Kenali tanda serangan jantung sejak dini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini, nama Meghan Markle tengah menjadi buah bibir. Pasalnya pernikahan aktris asal Amerika Serikat ini dengan Pangeran Harry, akan berlangsung 19 Mei 2018. Tapi disela sela persiapan pernikahan tersebut, sebuah kabar buruk menghampiri keluarga Meghan Markle. Ayahnya, Thomas Markle dikabarkan terkena serangan jantung 14 Mei kemarin.

Dan saat itu pula, ayah Meghan Markle dipastikan tidak dapat menghadiri acara royal wedding yang merupakan pernikahan putrinya tersebut.

Tanda-tanda serangan jantung

Saat terkena serangan jantung, seperti yang dialami Thomas Markle, seseorang akan mengalami angina yang merupakan nyeri dada atau rasa ketidaknyamanan pada dada. Angina ada 2 jenis, yaitu angina stabil dan angina tidak stabil.

Angina tidak stabil adalah nyeri yang umumnya timbul saat istirahat. Angina jenis ini yang sangat berbahaya karena tidak dapat diprediksi datangnya. Berbeda dengan angina stabil yang mempunyai pemicu saat serangan terjadi sehingga bisa dihindari.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan atau diremas. Nyeri berlangsung 2 – 5 menit , menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan, terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah.

Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dan leher bagian bawah, rahang gigi serta ulu hati. Gejala ini pada angina stabil dapat menghilang dengan istirahat saja atau diberikan kombinasi istirahat dan pemberian obat jantung yang diletakkan di bawah lidah (nitrogliserin sublingual)

Gejala nyeri dada pada serangan jantung yang stabil dipicu oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Latihan seperti olahraga, aktivitas fisik, serta aktivitas seksual.
  2. Emosi seperti sedang marah, stres, ketakutan serta frustasi.

Tanda-tanda emosi tersebut telah dialami oleh Thomas Markle seminggu sebelumnya. Hingga pada akhirnya ia harus diboyong ke rumah sakit.

Faktor risiko penyakit jantung

Serangan jantung bisa muncul kapan saja jika Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang. Berikut ini adalah beberapa hal yang berisiko menyebabkan timbulnya serangan jantung:

  • Kebiasaan merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total, dan LDL serta trigleserida yang tinggi
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes mellitus
  • Usia lanjut
  • Obesitas
  • Jarang olahraga atau aktivitas fisik
  • Riwayat keluarga menderita penyakit jantung diusia muda

Pencegahan penyakit jantung

Meski berbahaya, serangan jantung dapat Anda hindari. Untuk itu, lakukan tindakan atau hal yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah sebagai penyebab utama serangan jantung, seperti berikut:

  1. Olahraga teratur minimal 4 kali seminggu selama 30 menit. Tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, olahraga intensitas rendah seperti bersepeda dan berjalan juga boleh Anda pilih, asal dilakukan secara teratur.
  2. Kontrol tekanan darah, gula darah serta kolesterol dalam darah. Karena ketiga penyakit ini adalah dasar yang menentukan kualitas pembuluh darah jantung untuk mencegah penyakit jantung.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  4. Hindari konsumsi lemak berlebih. Agar tidak terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah, usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak.
  5. Hindari stres. Emosi dan stres juga dapat mempersempit pembuluh darah sebagai penyebab dari serangan jantung. Hal ini juga yang terjadi pada ayah Meghan Markle.
  6. Hindari rokok.

Dengan mengetahui tanda-tanda timbulnya serangan jantung seperti yang dialami ayah Meghan Markle, maka Anda dapat melakukan berbagai upaya pencegahan. Jika secara genetik Anda berisiko terkena penyakit jantung, lakukan gaya hidup yang sehat untuk mencegah munculnya penyakit jantung tersebut.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar