Sukses

Ingin Lebih Sehat? Perbaiki Pola Makan Anda

Ketahuilah peran pola makan dalam mewujudkan tubuh yang sehat!

Klikdokter.com, Jakarta Ungkapan “You are what you eat” mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Ini menggambarkan bahwa makanan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Makanan yang Anda konsumsi juga dapat menjadi faktor penyebab timbulnya penyakit. Oleh karena itu, sudah jelas bahwa menjalankan pola makan sehat sangat dianjurkan.

Namun, untuk mewujudkan pola makan yang sehat memang bukan perkara mudah. Anda harus mengubah kebiasaan yang mungkin sudah terasa nyaman. Selain itu, lingkungan di sekitar Anda harus mendukung, yaitu keluarga dan teman-teman terdekat Anda.

Mengapa memperbaiki pola makan sangat penting? Nah, bagi Anda yang benar-benar ingin memiliki tubuh yang sehat, simak penjelasan berikut!

  • Mengontrol Berat Badan

Setiap makanan mengandung kalori. Kalori merupakan komponen yang penting pada makanan. Pola makan sehat terdiri dari makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori, seperti sayuran, buah-buahan, gandum, daging tanpa lemak, dan masih banyak lagi.

Makanan-makanan tersebut dapat membuat Anda kenyang sekaligus kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan yang rendah kalori dapat mengontrol berat badan Anda. Sumber serat seperti buah dan sayur juga dapat membantu menjaga fungsi saluran pencernaan.

  • Menambah Energi Tubuh

Setiap hari tubuh Anda membutuhkan asupan makanan sehat untuk sumber energi. Anda dapat berjalan, berpikir, berolahraga, dan melakukan aktivitas lainnya karena makanan. Jika tidak dipenuhi maka akan timbul lemas atau kekurangan tenaga.

Selain menjadi sumber energi, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, fungsi sel di seluruh tubuh pun akan berjalan dengan baik.

  • Menurunkan Risiko Penyakit

Menjalankan pola makan sehat dipercaya dapat menurunkan risiko terserang berbagai penyakit kronis. Seseorang yang mengonsumsi makanan tinggi lemak akan lebih berisiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Sementara itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti kalium, selenium, asam lemak, serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dapat membuat Anda terhindar dari penyakit kronis.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh faktor eksternal—seperti infeksi virus, bakteri, jamur, dan parasit. 

Kekurangan gizi akan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih rentan terkena berbagai penyakit. Di sinilah pola makan kaya nutrisi berperan penting dalam menguatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Menjaga Fungsi Otak

Memiliki pola makan yang sehat juga dapat menjaga fungsi otak Anda. Konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dipercaya memiliki efek baik untuk kesehatan otak. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat memperbaiki mood seseorang.

Namun, perlu diperhatikan untuk membatasi makanan yang tinggi lemak jenuh karena dapat memicu kelebihan berat badan dan menurunkan daya ingat seseorang.

Jadi, sudah tahu, kan, bahwa terdapat serangkaian manfaat yang dapat Anda rasakan dengan memiliki pola makan yang sehat? Selain menjaga kesehatan, mengatur pola makan dapat membantu mewujudkan bentuk tubuh yang Anda dambakan. Untuk menjaga kesehatan tubuh juga perlu didukung dengan kebiasaan berolahraga secara rutin dan mencukupi waktu istirahat. Yuk, ajak orang-orang terdekat Anda untuk menjalankan pola hidup sehat sejak dini!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar