Sukses

Cara Mengatasi Badan Lemas pada Penderita Diabetes

Penyakit diabetes mellitus dapat memicu berbagai keluhan, salah satunya badan lemas. Ini cara menyiasatinya.

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes mellitus adalah gangguan metabolisme gula darah yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Kondisi ini akan menyebabkan komplikasi pada berbagai organ tubuh, seperti mata, jantung dan ginjal. Salah satu gejala yang paling umum dikeluhkan oleh penderita diabetes adalah badan lemas.

Lemas, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah fatigue, adalah keadaan yang dapat berlangsung secara persisten sehingga dapat menurunkan kualitas hidup penderita diabetes. Lalu, apa sajakah pemicu badan lemas pada penderita diabetes?

● Kadar gula darah terlalu tinggi

Penderita diabetes yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat mengalami peningkatan gula darah. Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti badan terasa lemas, bahkan sampai penurunan kesadaran.

Jika gula darah yang tinggi tidak ditangani dengan baik, penderita dapat mengalami berbagai gangguan saraf pusat, seperti penurunan kesadaran dan kejang.

● Kadar gula darah terlalu rendah

Salah satu penyebab badan lemas pada penderita diabetes adalah kadar gula darah yang rendah, atau dikenal dengan hipoglikemia. Umumnya penurunan kadar gula darah kurang dari 60 mg/dl dianggap hipoglikemia.

Jika kadar glukosa terlalu rendah, seperti yang terjadi pada hipoglikemia, dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti jantung berdebar-debar, kelelahan, kegelisahan, berkeringat, kelaparan, kesemutan di sekitar mulut, dan lain-lain.

Penyebab dari kadar gula darah yang rendah adalah penggunaan insulin, obat diabetes, atau asupan makan yang berkurang. Jika Anda mengeluh badan lemas, segeralah periksa kadar gula darah untuk menyingkirkan gula darah rendah.

● Anemia

Salah satu penyebab badan lemas pada penderita diabetes adalah anemia. Anemia, atau dalam bahasa awam disebut dengan kurang darah, adalah kondisi ketika kadar Hemoglobin (Hb) di dalam darah rendah. 

Terdapat banyak penyebab anemia pada penderita diabetes, misalnya kekurangan besi atau gangguan ginjal. Gangguan ginjal adalah komplikasi diabetes yang umum terjadi. Penderita gangguan ginjal sering kali mengalami anemia, karena fungsi ginjal dalam merangsang produksi darah berkurang.

● Infeksi

Infeksi juga dapat menyebabkan keluhan badan lemas. Salah satu infeksi yang patut diwaspadai pada penderita diabetes adalah infeksi tuberkulosis. Tercatat, penderita diabetes memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami infeksi tuberkulosis.

Infeksi tuberkulosis dapat menyebabkan gejala seperti batuk yang tidak kunjung sembuh, keringat malam, dan penurunan berat badan. Selain itu, penderita tuberkulosis juga dapat merasakan badan lemas akibat infeksi.

● Depresi

Diabetes mellitus tidak hanya dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan, seperti gagal ginjal, stroke, dan amputasi bagian tubuh. Namun, diabetes juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah depresi.

Nah, depresi ini juga dapat mencetuskan terjadinya badan lemas. Hal ini dikarenakan depresi dapat menyebabkan berbagai gejala seperti gangguan tidur, kehilangan minat dan penurunan nafsu makan, yang turut menyebabkan keluhan badan lemas.

Jika Anda penderita diabetes dan sering mengalami badan lemas, kenalilah lima penyebab di atas. Namun sebaiknya Anda tidak mendiagnosis diri sendiri. Langkah yang paling baik adalah dengan mendiskusikannya kepada dokter terkait badan lemas yang Anda alami. Dokter nantinya akan memberikan diagnosis serta penanganan yang tepat untuk Anda.

[RS/ RVS]

3 Komentar