Sukses

Kenali Tekanan Darah Normal Sesuai Jenjang Usia

Tekanan darah memiliki perbedaan sesuai jenjang usia. Kenali angka tekanan darah normal sesuai usia lewat penjelasan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tekanan darah setiap orang berbeda-beda? Tentu. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan kondisi tubuh pada setiap individu. Tak hanya itu, angka tekanan darah normal juga bisa berubah sesuai dengan bertambahnya usia.

Berdasarkan penjelasan dr. Rio Aditya dari KlikDokter, tekanan darah menunjukkan keadaan saat tekanan yang diberikan oleh darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh.

“Tekanan darah dapat dilihat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya ditunjukkan dengan angka, misalnya 120 /80 mmHg. Angka 120 menunjukkan tekanan pada pembuluh arteri ketika jantung berkontraksi, disebut dengan tekanan sistolik. Angka 80 menunjukkan tekanan ketika jantung sedang berelaksasi, disebut dengan tekanan diastolik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Rio menjelaskan bahwa sikap yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah dalam keadaan duduk atau berbaring. Apabila terjadi perbedaan antara duduk dan berbaring, hal tersebut terjadi karena posisi jantung sejajar dengan tubuh, sehingga tidak membutuhkan tekanan yang besar untuk mencapai seluruh tubuh.

Berbeda saat Anda sedang berdiri, dimana jantung harus memberikan tekanan yang cukup untuk mencapai seluruh tubuh karena adanya gravitasi.

Tak sedikit orang yang memiliki tekanan darah tinggi serta rendah, padahal dua kondisi tersebut mengacu pada gangguan kesehatan yang bisa berujung pada penyakit kronis. Setiap jenjang usia memiliki tekanan darah yang normal, sehingga Anda perlu memperhatikan hal tersebut.

Tekanan darah normal untuk bayi dan anak

Tekanan darah normal berubah sepanjang masa kanak-kanak, terendah pada bayi dan secara bertahap meningkat saat memasuki masa kanak-kanak. Dokter biasanya jarang mengukur tekanan darah bayi, kecuali jika diduga ada permasalahan dengan organ ginjal atau bahkan memiliki risiko terkena penyakit diabetes.

Menentukan tekanan darah normal pada anak-anak sedikit rumit, tergantung pada ukuran dan usianya. Tekanan darah bayi baru lahir biasanya sekitar 90/60 mm/Hg, lalu berubah memasuki usia 3 tahun di angka 104-113/63-74 mm/ Hg, hingga naik di umur 12 tahun menjadi 119-127/79-83 mm/ Hg.

Tekanan darah normal untuk remaja, dewasa dan lansia

Hal ini mungkin tampak mengejutkan, mengingat bahwa tekanan darah secara alami meningkat seiring bertambahnya usia. Namun ternyata, tekanan darah normal untuk remaja, dewasa dan lansia dianggap sama, yakni stabil di sekitar angka 120/80 mm/Hg.

Seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Rio sebelumnya, tekanan darah sistolik mencerminkan tekanan dalam pembuluh darah ketika jantung berkontraksi dan mengerahkan tekanan maksimum.

Angka kedua, tekanan darah diastolik mencerminkan tekanan di pembuluh darah ketika jantung beristirahat di antara kontraksi. Jika salah satu dari kedua angka tersebut terlalu tinggi, tekanan darah tidak dianggap normal.

Mengatasi tekanan darah tidak normal

Pada usia berapa pun, faktor-faktor tertentu dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau rendah, bahkan pada orang dengan tekanan darah normal sehari-hari. Misalnya kafein dan tembakau, dua hal tersebut dapat menyebabkan tekanan darah lebih tinggi. Stabilkan dengan melakukan relaksasi hingga berolahraga.

Stres juga dapat meningkatkan pembacaan normal. Beberapa orang mengalami stres pada momen tertentu, seperti saat hendak menghadapi ujian sekolah hingga terkena musibah. Memeriksakan tekanan darah ke dokter adalah kunci tepat untuk mengetahui kesehatan Anda.

“Anda dapat mengikuti gaya hidup sehat seperti aktif berolahraga, mengatur diet atau pola makan seperti rendah garam, rendah kolesterol dan lemak jenuh. Anda juga perlu meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, tidak mengonsumsi alkohol dan rokok, serta mengonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter,” ujar dr. Rio, memberikan anjuran agar tekanan darah tetap normal.

Setelah menyimak penjelasan di atas, kini Anda dapat menenali tekanan darah normal sesuai jenjang usia Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kondisi tubuh dan bagaimana harus menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi dan rendah.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar