Sukses

6 Kondisi Serius Penyebab Badan Lemas

Pernahkah Anda merasa badan lemas dan tidak bertenaga? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami salah satu dari kondisi ini.

Klikdokter.com, Jakarta Badan lemas menjadi kondisi yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Keadaan ini memang dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurang tidur, kurang makan, hingga kurang jalan-jalan. Namun di balik itu, tahukah Anda bahwa badan lemas juga bisa terjadi akibat adanya kondisi yang lebih serius?

Inilah 6 kondisi serius yang paling sering menyebabkan keluhan badan lemas:

1. Anemia

Salah satu penyebab badan lemas yang dapat mengganggu aktivitas Anda adalah anemia. Keadaan yang dikenal dengan istilah kurang darah ini adalah kondisi yang terjadi ketika kadar hemoglobin (HB) berada di bawah angka normal.

Pada kasus anemia, badan lemas biasanya terjadi bersamaan dengan keluhan mata cekung, wajah pucat, sering kesemutan dan tidak bergairah melakukan aktivitas.

2. Infeksi HIV

Infeksi HIV dapat menyebabkan berbagai keluhan yang tidak spesifik. Pada tahap awal, penderita dapat mengeluh adanya badan lemas yang disertai dengan demam, muncul ruam, diare, pembengkakan noda limfa, nyeri otot dan sendi, serta mudah terserang berbagai penyakit infeksi.

3. Kanker

Salah satu penyebab badan lemas adalah kanker atau keganasan. Tentunya, untuk menetukan diagnosis pasti akan keadaan ini, Anda perlu menjalani pemeriksaan menyeluruh. Namun biasanya, badan lemas yang menjadi gejala kanker terjadi bersamaan dengan munculnya benjolan di bagian tubuh tertentu, atau adanya penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

4. Hipotiroid

Hipotiroid adalah keadaan dimana seorang memiliki kadar hormon tiroid yang rendah. Hal ini terjadi akibat kelenjar tiroid yang mengalami gangguan, sehingga produksi hormon tiroid mengalami gangguan.

Pada penderita hipotiroid, keluhan badan lemas biasanya terjadi bersamaan dengan rambut sering rontok, kesulitan buang air besar dan tidak tahan paparan udara dingin.

5. Depresi

Apabila merasa lemas tanpa gejala lain yang signifikan, bisa jadi Anda sedang depresi. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda merasa tak bersemangat dan tidak memiliki minat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

6. Insomnia

Insomnia terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk mengawali tidur, kesulitan untuk mempertahankan tidur, atau bangun tidur lebih awal. Mereka yang mengalami kondisi ini akan sering mengeluhkan badan lemas dan mudah lelah saat beraktivitas di siang hari. Jika tidak segera diatasi, insomnia dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan.

Sejatinya, badan lemas tak hanya terbatas pada 6 kondisi di atas. Karena itu, jika Anda sedang atau sering mengalami keluhan ini, tak ada salahnya untuk segera membawa diri ke dokter. Tindakan ini bertujuan untuk memastikan penyebab utama keluhan badan lemas, serta mengetahui cara paling tepat untuk mengatasinya. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar