Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarHindari Badan Lemas dengan 4 Pola Hidup Sehat Ini!
Sehat dan Bugar

Hindari Badan Lemas dengan 4 Pola Hidup Sehat Ini!

Novita Permatasari, 23 Apr 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Badan lemas bisa mengganggu aktivitas Anda. Agar terhindar dari kondisi tersebut, lakukan pola hidup sehat berikut.

Hindari Badan Lemas dengan 4 Pola Hidup Sehat Ini!

Pola hidup sehat sudah sepatutnya Anda jalani untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik. Jika tidak, Anda bisa terkena badan lemas, yang kemudian membuat aktivitas pun terhambat. Agar dapat berhati-hati, Anda perlu mengetahui penyebab badan lemas dan bagaimana cara untuk menghindarinya.

Penyebab badan lemas

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, penyebab badan lemas sendiri sangat beragam, bisa karena kelelahan, jam kerja yang terlalu panjang, kurang istirahat, dan konsumsi kafein yang berlebihan.

Selain itu, Ketika Anda merasakan badan lemas dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu waspada dan disarankan segera memeriksakan diri ke dokter.

Salah satu penyebab badan lemas yang paling sering dialami orang adalah anemia atau kekurangan darah. Kondisi ini bisa terjadi saat jumlah sel darah menurun. Padahal, sel darah merah mengandung komposisi hemoglobin yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh manusia.

Kekurangan sel darah merah dapat memengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan badan lemas. Bila hal tersebut Anda rasakan terus-menerus, perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah.

Kunci terhindar dari badan lemas

Hidup sehat memang telah lama digadang-gadang sebagai senjata untuk mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Menjalankan pola hidup sehat sendiri merupakan cara yang paling efektif untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, dr. Sepri menyarankan Anda untuk melakukan kebiasaan sehat berikut ini agar terhindar dari kondisi badan lemas:

1. Menjaga pola makan

Tubuh memerlukan banyak nutrisi, yakni makanan bergizi yang mengandung komponen 4 sehat 5 sempurna. Terkadang, orang bisa salah paham antara jam makan dan kualitas makanan yang dikonsumsi, apalagi bagi Anda yang tengah berdiet. Demi menurunkan berat badan, orang bisa menurunkan kualitas asupan hariannya. Padahal, pola makan yang baik dan benar merupakan 60% kunci untuk menunjang kebugaran tubuh dan menjauhkan Anda dari badan lemas.

2. Olahraga rutin

Jika dilakukan secara tepat, aman dan terukur, olahraga bisa sangat membantu tubuh Anda menjadi sehat dan bugar. “Cobalah lakukan aerobik tiga kali dalam seminggu dengan durasi 20-60 menit setiap kali Anda melakukannya. Senam aerobik ini mengandung rangkaian gerakan yang dapat mengaktifkan otot-otot tubuh,” ucap dr. Sepri.

3. Tidur cukup

Sering kali pola tidur tidak Anda perhatikan karena terlalu sibuk bekerja atau bahkan terlalu asyik berkumpul dengan teman. Padahal, pola tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas dan waktu tidur yang tepat. Tubuh memiliki waktu khusus untuk memulihkan tubuh, yakni untuk membuang racun, tepatnya dari pukul 22.00 WIW sampai pukul 04.00 WIB. Oleh sebab itu, cukupkan waktu tidur Anda, terutama di jam tersebut agar tubuh dapat bugar kembali saat bangun.

4. Mengendalikan stres

Stres mungkin cukup sulit dikendalikan. Namun, dengan mengenali stres yang sedang dirasakan, Anda bisa mengendalikan kondisi yang sedang Anda alami. Hati-hati, tingkat stres yang tinggi bisa memengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Keempat hal di atas adalah kebiasaan sehat yang dapat Anda terapkan untuk membantu Anda terhindar dari kondisi badan lemas. Hasilnya, kualitas hidup pun bisa meningkat. Dengan demikian. hidup Anda pun akan terasa lebih bahagia. Yuk, jadikan pola hidup sehat sebagai kebiasaan sehat!

[RVS]

Pola Hidup SehattidurStresOlahragaBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait