Sukses

Awas, Makanan Ini Buruk untuk Kesehatan Rambut!

Sebagus atau semahal apa pun perawatan rambut Anda, itu semua bisa kurang efektif jika asupan makanan Anda tidak sehat. Faktanya, kerusakan rambut bisa dipicu oleh konsumsi makanan tertentu.

Rambut yang indah tidak hanya diperoleh dari perawatan luar saja. Sejumlah nutrisi dari dalam juga penting. Rambut membutuhkan asupan gizi, seperti protein, besi, vitamin C, omega-3, vitamin A, zink, selenium, vitamin E, serta biotin.

Karena itu, makanan memegang peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Kulit kepala bisa terganggu kesehatannya bila Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan yang merusak rambut secara berlebihan.

Ya, terdapat beberapa makanan yang sebaiknya Anda kurangi konsumsinya untuk menjaga rambut tetap berkilau. Zat-zat dalam makanan tersebut diketahui dapat merusak folikel rambut sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Nah, apa saja makanan yang dapat merusak rambut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Terlepas dari rasanya yang lezat, gula diketahui dapat memicu penuaan dini. Saat kita mengonsumsi gula, insulin dalam tubuh akan melonjak, begitu juga hormon androgen.

Artikel Lainnya: Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

Kelebihan kadar hormon ini dapat menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga kerontokan rambut terjadi lebih cepat. Kadar gula yang berlebih juga dapat mengganggu penyerapan protein yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Oleh karena itu, makanan yang mengandung gula tinggi termasuk ke dalam makanan yang dapat merusak rambut.

2. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Pemanis buatan sering ditemui pada minuman kemasan dan makanan instan. Nah, makanan yang mengandung pemanis buatan termasuk ke dalam makanan yang merusak rambut.

Pasalnya, pemanis buatan umumnya mengandung senyawa yang disebut aspartam. Senyawa ini diketahui dapat memicu kerontokan rambut.

2 dari 4 halaman

3. Makanan dengan Indeks Glikemik tinggi

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dikenal sebagai makanan yang harus dihindari pada pasien diabetes. Selain itu, makanan ini juga ternyata termasuk makanan yang merusak rambut.

Efek yang ditimbulkan sama halnya dengan gula, yaitu lonjakan kadar insulin dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyusutan folikel rambut dan berujung pada kerontokan rambut.

Roti putih, pasta, nasi putih, dan berbagai jenis kue adalah golongan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Artikel Lainnya: Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak

4. Makanan Berminyak

Makanan yang berminyak, seperti gorengan, makanan cepat saji, santan, jeroan, mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit kepala dan memicu kerontokan rambut.

Ketimbang mengonsumsi jenis makanan yang dapat merusak rambut ini, cobalah beralih kepada makanan yang lebih sehat, seperti makanan yang dipanggang, direbus, atau digoreng menggunakan air fryer.

3 dari 4 halaman

5. Ikan dengan Kadar Merkuri Tinggi

Ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi termasuk ke dalam daftar makanan yang merusak rambut. Sebab, merkuri diketahui bersifat racun bagi rambut sehingga dapat merusak rambut dan mencetuskan kerontokan rambut.

Jenis ikan bermerkuri tinggi yang sebaiknya Anda kurangi konsumsinya, antara lain ikan kembung, ikan tenggiri dan swordfish (ikan todak).

Sebaliknya, perbanyak konsumsi jenis ikan yang kaya akan omega-3 dan magnesium. Kandungan ini berfungsi untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut, contohnya ikan salmon dan tuna.

Artikel Lainnya: Rambut Rusak? Ini Manfaat Madu untuk Kesehatan Rambut

6. Makanan Rendah Zat Besi dan Zink

Zat besi berperan dalam peredaran oksigen dan nutrisi oleh darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala dan rambut. Sementara, zink dapat meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan pada kerusakan rambut.

Makanan rendah zat besi dan zink adalah makanan yang dapat merusak rambut. Sebab, rambut akan kekurangan nutrisi yang tentunya akan memicu kerusakan dan kerontokan pada rambut.

Zat besi dan zink banyak ditemukan dalam makanan hewani, seperti daging sapi, ayam, dan ikan. Selain itu, zat besi dan zink juga banyak terkandung dalam kacang-kacangan dan sayur-sayuran hijau, misalnya bayam.

Selain beberapa jenis makanan yang dapat merusak rambut di atas, alkohol juga berbahaya bagi kesehatan rambut. Dengan sifatnya yang diuretik, pengeluaran cairan tubuh akan meningkat sehingga dapat memicu dehidrasi.

Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan rambut terasa kasar, kering, rapuh, dan sulit diatur. Jadi, segera kurangi atau hentikan konsumsi alkohol demi kesehatan rambut Anda.

Demi menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, tidak cukup hanya dengan menjaga kebersihan dan melakukan perawatan rambut, tetapi juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Hindarilah makanan-makanan yang merusak kesehatan rambut di atas!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar