HomeInfo SehatKulitSulam Lesung Pipi, Amankah?
Kulit

Sulam Lesung Pipi, Amankah?

dr. Arina Heidyana, 12 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sedikit orang yang tertarik melakukan sulam lesung pipi. Adanya lesung pipi dinilai membuat wajah lebih menawan. Namun, apakah aman?

Sulam Lesung Pipi, Amankah?

Lesung pipi kerap dianggap dapat membuat tampilan wajah begitu manis saat tersenyum. Bahkan, beberapa budaya menganggap lesung pipi merupakan pertanda kemakmuran dan keberuntungan!

Tak heran bila banyak orang ingin memiliki lesung pipi. Menjawab keinginan tersebut, ada tren kecantikan bernama sulam lesung pipi atau dimpleplasty

Seperti apa prosedurnya? Simak cara operasi lesung pipi dan kemungkinan efek sampingnya berikut ini.

Mengenal Sulam Lesung Pipi 

Lesung pipi atau lekukan di pipi terbentuk akibat kondisi otot wajah yang menempel. Hal ini normal terjadi dan bukan merupakan penyakit yang membutuhkan terapi. Biasanya lesung pipi diturunkan secara genetik. 

Sementara itu, teknik sulam dimple adalah operasi kecantikan yang dilakukan oleh dokter bedah plastik untuk membuat lesung pipi. Proses dan masa penyembuhannya juga tidak lama, sehingga prosedur ini cukup diminati banyak orang. 

Operasi lesung pipi adalah tindakan minimal invasif, yang artinya adalah tindakan bedah dengan meminimalkan luka sayatan, rasa nyeri, dan masa pemulihan lebih singkat. 

Tindakan ini tidak perlu rawat inap dan hanya memakan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk menyelesaikannya.

Artikel lainnya: Bisakah Bikin Bayi punya Lesung Pipi?

Prosedur Operasi Sulam Lesung Pipi

Ilustrasi Operasi Lesung Pipi

Berikut ini proses sulam lesung pipi:

1. Wawancara Medis

Dokter ahli akan melakukan wawancara medis denganmu seputar prosedur sulam lesung pipi.

2. Menggambar Garis atau Desain

Dokter ahli bedah plastik akan menggambar garis imajiner atau desain terlebih dahulu, dari sudut mulut ke cuping telinga, dan garis lain vertikal dari sudut mata. Langkah ini penting agar bentuk dan letak lesung pipi simetris. 

Lesung pipi akan ditempatkan kira-kira di lokasi di mana garis-garis ini berpotongan. Kamu juga dapat mengubah lokasinya sedikit jika menginginkannya.

3. Pemberian Obat Bius Lokal

Teknik sulam dimple akan dimulai dengan pemberian obat bius lokal pada bagian pipi yang akan dibuat lesung pipi. Setelah pembiusan, dokter akan mengetes dulu apakah obat anestesi sudah bekerja sebelum memulai operasi lesung pipi.

4. Pembuatan Sayatan 

Dokter menggunakan alat biopsi atau pisau untuk membuat sayatan sepanjang 2-3 mm di area pipi dalam. Lalu, tindakan ini diikuti dengan penempatan jahitan untuk jangkar lesung pada tempatnya. Jahitan ini akan larut dalam beberapa minggu.

Dalam beberapa minggu pertama setelah operasi, lesung pipi akan terlihat meskipun sedang tidak tersenyum. Seiring proses pemulihan jahitan, lesung pipi akan mulai menyatu dengan pipi dan hanya muncul saat tersenyum.

Artikel lainnya: Mengenal Berbagai Jenis Lesung Pipi Manusia

Efek Samping Sulam Lesung Pipi

Mengenal Berbagai Jenis Lesung Pipi Manusia

Walaupun cara operasi lesung pipi termasuk sederhana dan hanya menghasilkan sedikit luka sayatan, tapi efek samping tetap ada. Efek samping sulam lesung pipi dapat berupa efek jangka pendek dan jangka panjang.

Tindakan sayatan dan jahitan pada pipi akan menimbulkan rasa nyeri, bengkak, dan mungkin perdarahan yang merupakan efek samping sulam lesung pipi jangka pendek. Efek samping ini biasanya akan dirasakan beberapa hari saja.

Lalu, risiko infeksi juga bisa terjadi. Sayatan yang dibuat di dalam mulut pada area mukosa yang basah rentan terinfeksi. Kebersihan mulut dan gigi yang buruk serta teknik bedah tertentu juga bisa menjadi penyebab infeksi.

Dalam satu laporan kasus yang dipublikasikan Aesthetic Surgery Journal, seorang wanita dilaporkan mengalami komplikasi infeksi mulut setelah sulam lesung pipi.

Efek samping operasi lesung pipi jangka panjang adalah deformitas atau kelainan bentuk wajah. Kelainan ini terjadi karena adanya kerusakan nervus atau saraf fasialis.

Saraf itu ada di seluruh wajah, termasuk area mukosa yang membuat kamu dapat menutup mata bersamaan, tersenyum, dan mengangkat alis dengan simetris. 

Kalau saraf itu cedera, maka dapat terjadi ketidakseimbangan otot di wajah sehingga wajah bisa terlihat tidak simetris.

Meski begitu, efek samping sulam lesung pipi dilaporkan sangat jarang terjadi. Menurut Indian Journal of Plastic Surgery, kebanyakan orang yang menjalani operasi lesung pipi memiliki pengalaman positif.

Artikel lainnya: Bikin Gemas, Ini Cara Buat Pipi Tembam Tanpa Gemukkan Badan

Adakah Syarat Jika Mau Sulam Lesung Pipi?

Lesung Pipi

Tidak ada kondisi khusus yang dilarang jika ingin sulam lesung pipi. Persiapan sebelum operasi pun hampir sama dengan operasi minimal invasif lainnya.

Umumnya, kamu disarankan untuk melakukan persiapan operasi lesung pipi berikut ini:

  • Tidak mengonsumsi alkohol 1 hari sebelum operasi 
  • Bagi kamu yang merokok, dokter mungkin akan meminta untuk berhenti merokok sejenak selama 3-6 minggu sebelum dan sesudah operasi agar tidak mengganggu proses penyembuhan
  • Infokan kepada dokter jika ada alergi tertentu dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi sebelum tindakan sulam lesung pipi

Setelah persiapan operasi lengkap, dokter dapat memulai tindakan sulam lesung pipi. Tindakan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter bedah plastik.

Tak ada salahnya ingin operasi lesung pipi untuk menunjang penampilan. Namun, pertimbangkan juga risiko efek samping dan kondisi pribadimu, ya.

Konsultasi dulu kepada dokter kulit atau dokter bedah lewat fitur Tanya Dokter. Layanannya cepat dan mudah untuk #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

Referensi:

  • Indian journal of plastic surgery: official publication of the Association of Plastic Surgeons of India. Diakses 2022. Anatomical basis of dimple creation - A new technique: Our experience of 100 cases.
  • Archives of Plastic Surgery. Diakses 2022. Analysis of the clinical and aesthetic results of facial dimple creation surgery.
  • Indian dermatology online journal. Diakses 2022. Complication of dimple creation.
  • Aesthetic Surgery Journal, Volume 34, Issue 8. Diakses 2022. Actinomycotic Sinus of the Buccal Mucosa: A Rare Complication of Cheek Dimple Creation.
Bedah Plastik

Konsultasi Dokter Terkait