HomeGaya hidupSehat dan BugarMendengarkan Musik Saat Bekerja, Apa Saja Manfaatnya?
Sehat dan Bugar

Mendengarkan Musik Saat Bekerja, Apa Saja Manfaatnya?

dr. Theresia Rina Yunita, 13 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain menyenangkan, mendengarkan musik saat bekerja juga dapat meningkatkan produktivitas. Berikut manfaat lainnya.

Mendengarkan Musik Saat Bekerja, Apa Saja Manfaatnya?

Ketika kesibukan melanda di kantor, tak jarang orang akan mengambil earphone yang terletak di ujung meja dan memasangkannya pada kedua telinga guna mendengarkan musik favoritnya. Seketika, produktivitas meningkat dan pekerjaan menjadi lebih cepat terlaksana.

Dengan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bekerja, dan sebagian besar pekerjaan membutuhkan komputer, musik telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tugas sehari-hari. Bahkan, banyak orang mengaku, mereka mencoba mendengarkan musik saat merasa mulai kehilangan fokus ketika bekerja.

Mari kita simak manfaat mendengarkan musik saat bekerja di bawah ini.

1. Meningkatkan Produktivitas

Mendengarkan musik saat bekerja bisa meningkatkan produktivitas. Beberapa penelitian yang bertujuan untuk menelaah kaitan antara mendengarkan musik serta performa saat melakukan tugas repetitif menunjukkan, bekerja sambil dengar musik dapat menunjang produktivitas.

Beberapa penelitian yang lebih baru juga mengatakan bahwa sebetulnya, peningkatan produktivitas terjadi bukan karena mendengarkan musik secara langsung, tetapi karena peningkatan mood yang terjadi saat mendengarkan musik tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Mendengarkan Musik Tempo Cepat Saat Olahraga

2. Memperbaiki Mood

Faktanya, mendengarkan musik saat bekerja dapat memperbaiki mood. Ada kalanya ketika jenuh saat bekerja, terjadi perubahan mood di mana suasana hati menjadi buruk. Bila ditinjau dari sisi ilmiah, mendengarkan alunan melodi yang disukai dapat menunjang peningkatan pelepasan hormon dopamin di otak.

Dopamin adalah hormon yang berperan dalam perasaan senang dan bahagia. Oleh karena itu, dengan meningkatnya kadar dopamin di dalam tubuh, mood seseorang pun jadi ikut meningkat.

Perasaan yang dialami saat mendengarkan musik dikatakan serupa dengan rasa senang yang dirasakan saat berbicara santai dengan teman akrab yang sudah lama tidak bertemu, atau memakan kue favorit Anda.

3. Lebih Fokus dalam Bekerja

Selain membuat mood lebih terjaga, mendengarkan musik saat bekerja bisa dibilang sebagai mekanisme untuk mengabaikan suara di keramaian. Khususnya bila seseorang bekerja di kantor dengan kubikel terbuka yang padat.

Artikel Lainnya: Manfaat Musik untuk Tumbuh Kembang Anak

Dengan menerapkan hal ini, individu menjadi tidak terganggu oleh suara ramai dan dapat melakukan pekerjaan dengan lebih fokus serta efisien.

4. Mengurangi Stres

Sering kali saat bekerja, muncul stres akibat tekanan dari atasan, pekerjaan yang menumpuk, dan lain-lain. Dengan mendengarkan lagu favorit akan membuat Anda lebih rileks dan otomatis akan mengurangi stres.

Saat pikiran stres, pekerjaan yang Anda lakukan tidak akan maksimal. Untuk itu, istirahatlah sejenak dan dengarkan musik kesayangan Anda.

5. Memotivasi

Mendengarkan musik saat bekerja juga dapat memberikan semangat serta motivasi. Bisa jadi, muncul ide-ide cemerlang baru yang pastinya akan berpengaruh terhadap kenaikan gaji atau jabatan.

Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Sehat Mendengarkan Lagu Sedih?

Tips Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Sebenarnya, apa saja manfaat mendengarkan musik saat bekerja? Berikut di antaranya:

  • Mendengarkan musik di tempat kerja sebaiknya dibatasi hanya sekitar 15-30 menit, guna mengembalikan konsentrasi yang mungkin sempat buyar serta meningkatkan produktivitas. Selain itu, hal ini juga akan membuka peluang bagi Anda untuk bersosialisasi dengan teman-teman sekantor.
  • Terapkan metode 60-60, yakni mengontrol intensitas volume musik hingga maksimal 60 persen dan mendengarkan musik tidak lebih dari 60 menit. Hal ini untuk mencegah gangguan pendengaran akibat penggunaan 
  • Menggunakan headphoneyang besar lebih dianjurkan, sehingga suara lebih terdistribusi dan lebih menutup suara bising dari luar dibandingkan earphone yang kecil.

Mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan efektivitas dalam melakukan pekerjaan. Jadi, bila Anda sedang bekerja tetapi merasa lelah atau kurang produktif, cobalah mendengarkan beberapa lagu kesukaan Anda.

Namun, preferensi pribadi terkait dengan tipe musik juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Jadi, bila ingin meningkatkan kinerja, dengarkanlah jenis musik yang memang disukai. Dengan melakukan hal ini, tentu manfaatnya akan lebih cepat dirasakan.

Baca terus informasi dan artikel kesehatan yang menarik lainnya di aplikasi KlikDokter. Sedangkan untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur LiveChat.

[FY]

Musik

Konsultasi Dokter Terkait