Sukses

Dampak Positif Berkebun untuk Kesehatan

Bukan hanya sekadar hobi, ternyata berkebun juga bermanfaat untuk kesehatan. Simak apa saja manfaat berkebun melalui artikel berikut ini.

Untuk mengisi waktu luang di rumah, beberapa orang memilih untuk melakukan aktivitas berkebun.  Baik berkebun di halaman yang luas atau berkebun di area yang sempit, merawat tanaman hias atau buah dan sayuran sama-sama dapat memberikan manfaat. 

Berkebun tanaman hias, misalnya, dapat mempercantik rumah karena jadi tampak asri dan segar. Sementara itu, berkebun buah dan sayuran bisa memberikan kepuasan tersendiri saat memanen hasilnya serta berdampak pada pola makan sehat Anda. 

Memang belum banyak yang menyadari manfaat berkebun yang positif untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah tujuh manfaat berkebun bagi kesehatan:

1. Membakar Kalori

Manfaat berkebun yang satu ini sering kali tidak disadari. Berkebun merupakan salah satu jenis aktivitas fisik aerobik yang baik bagi tubuh. 

Sebab, seseorang yang berkebun dengan durasi yang cukup lama dapat membakar kalori dalam jumlah yang relatif lebih tinggi.

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Tanaman Janda Bolong untuk Kesehatan

1 dari 4 halaman

2. Melatih Kekuatan Otot

Manfaat berkebun untuk kesehatan fisik juga berkaitan dengan kekuatan otot. Tanpa disadari, gerakan aktif tangan dan kaki yang dilakukan selama berkebun dapat membantu melatih kekuatan otot. 

Menggali tanah, menanam benih, memanen sayuran atau buah ternyata dapat membuat tangan dan jari-jari Anda tetap kuat untuk jangka waktu selama mungkin.

3. Meningkatkan Ketajaman Pikiran

Berkebun tidak hanya baik untuk jasmani. Manfaat berkebun juga baik bagi kesehatan otak, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Alzheimer’s Disease

Para peneliti menemukan bahwa melakukan aktivitas berkebun secara rutin memiliki efek protektif terhadap kemampuan kognitif dan menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer hingga 50 persen.

Artikel Lainnya: Ragam Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes Secara Alami

2 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Kadar Vitamin D dalam Tubuh

Vitamin D dapat menambah kadar kalsium dalam tubuh, yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan imun tubuh. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2014 menemukan bahwa paparan terhadap sinar matahari membantu lansia mencapai target kadar vitamin D dalam darah.

Karena itu, berkebun dapat menjadi cara untuk memperoleh vitamin D sekaligus membuat rileks tubuh. Namun, gunakanlah sunscreen saat berkebun agar kulit tetap terlindungi. 

5. Menunjang Fungsi Sistem Daya Tahan Tubuh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science menyampaikan, manfaat berkebun juga dapat membantu menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. Dengan demikian, seseorang akan lebih mudah melawan infeksi dan mencegah penyakit. 

Sebuah penelitian lain dari University of Copenhagen mengemukakan, berkebun mampu mencegah timbulnya beberapa jenis alergi tertentu dan mengurangi derajat keparahan dari reaksi alergi.

Artikel Lainnya: Hobi Berkebun? Waspada Kram, Kebas, dan Kesemutan!

3 dari 4 halaman

6. Menambah Kekuatan dan Koordinasi Tangan

Kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi tangan merupakan hal yang penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menggendong anak, membuka stoples, mengangkat paket, dan sebagainya. 

Menurut sebuah penelitian, salah satu manfaat berkebun adalah untuk melatih keterampilan otot dan motorik halus.

7. Baik untuk Kesehatan Mental

Tak hanya itu, berkebun dapat membuat Anda merasa bahagia. Seperti yang dikutip di dalam jurnal Preventive Medicine Reports, manfaat berkebun yang tidak dapat dimungkiri adalah menurunnya gejala-gejala depresi dan kecemasan. 

Dengan banyaknya manfaat berkebun untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh, aktivitas ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu luang saat akhir pekan. Yuk, berkebun agar tubuh semakin bugar, pikiran tetap sehat, dan halaman rumah semakin cantik!

Baca artikel-artikel kesehatan yang menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar