Sukses

Ini Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif

Banyak pasta gigi dengan klaim ampuh untuk mengatasi gigi sensitif. Seperti apa sebenarnya kandungan pasta gigi yang ampuh untuk hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Ada dua hal yang dapat menyebabkan gigi ngilu, yaitu gigi berlubang dan gigi sensitif. Rasa ngilu akibat gigi sensitif digambarkan sebagai rasa sakit yang tajam dan pendek, akibat tepapar rangsangan perubahan suhu, uap, gesekan, osmosis dan kimiawi, yang rasanya berbeda dari rasa ngilu karena kerusakan gigi lainnya.

Sebagai salah satu masalah gigi yang umum, gigi ngilu akibat gigi sensitif ini sangat mengganggu kenyamanan, sehingga memerlukan perawatan yang cukup kompleks. Salah satunya adalah dengan mengganti pasta gigi biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Diyakini dapat mengatasi rasa ngilu, mari mengenal berbagai kandungan yang terdapat dalam pasta gigi untuk gigi sensitif.

  • Potassium nitrate

Potassium nitrate, atau disebut juga kalium nitrat, dapat mengurangi rasa ngilu dengan cara masuk melalui pori-pori gigi ke tempat saraf. Senyawa ini menghambat sinyal rasa sakit agar sinyal tersebut tidak sampai ke saraf otak.

  • Aluminium lactate

Kandungan ini dapat mengatasi rasa ngilu akibat gigi sensitif, yang mana fungsinya adalah memblokir atau menyumbat pori-pori gigi sehingga mencegah rasa ngilu datang kembali. Selain itu, aluminium lactate juga dapat meredakan radang gusi dan mencegah gusi berdarah.

  • Isopropyl methylphenol (IPMP)

Bertindak sebagai antibakteri, isopropyl methyphenol efektif untuk mencegah radang gusi tahap dini. Kandungan ini juga dapat membantu menghilangkan penumpukan plak gigi serta meredakan peradangan yang sudah terjadi di jaringan periodontal.

  • Dipotassium glycyrrhizin acid (GK2

Kandungan lain yang tak kalah penting adalah GK2, yang merupakan senyawa turunan asam glycyrrhizic dari ekstrak licorice. Ekstrak tumbuhan ini biasa digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal di Korea, dan di dalamnya memiliki kandungan isomer thymol, yang adalah minyak esensial bersifat antibakteri. 

Pasta gigi yang mengandung bahan IPMP dan GK2 merupakan antibakteri yang secara signifikan terbukti menurunkan gejala radang gusi bila digunakan secara rutin selama 3 bulan.

Pasta gigi yang mengandung bahan-bahan tersebut memang sudah terbukti ampuh untuk meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Namun pada kasus gigi sensitif  dalam tahap berat, kemungkinan besar diperlukan tindakan berupa penambalan gigi. Setelah itu baru dilanjutkan dengan perawatan di rumah dengan pemakaian pasta gigi khusus gigi sensitif.

Untuk mengetahui kondisi gigi ini sekaligus sebagai langkah pencegahan gigi ngilu akibat gigi sensitif, jangan ragu untuk memeriksakan gigi Anda secara rutin ya!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar