Sukses

Cara Alami Basmi Kutil pada Penis

Ada kutil pada penis Anda? Jangan panik! Walaupun hal ini sangat mengganggu, ada beberapa bahan alami yang mudah Anda jumpai untuk menghilangkan kutil kelamin.

Memiliki lebih dari satu pasangan seksual memiliki banyak dampak negatif. Salah satu risiko yang bisa terjadi adalah tertularnya penyakit kutil kelamin. Walaupun tidak tampak dari luar, tetap saja kutil kelamin seperti kutil penis bisa sangat mengganggu. 

Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Dari sekian banyak tipe HPV, tipe 6 dan tipe 11 lah yang paling sering menyebabkan kutil kelamin. 

Pengobatan untuk kutil kelamin khususnya kutil penis bisa dilakukan seperti penyakit virus lainnya, yaitu dapat sembuh sendiri dengan mengandalkan daya tahan tubuh. 

Selain dengan meningkatkan daya tahan tubuh, ada beberapa cara alami yang juga bisa membantu mempercepat penyembuhan kutil kelamin pria. Berikut di antaranya:

1 dari 3 halaman

1. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Tea tree oil yang berasal dari pohon Melaleuca alternifolia ini memiliki kandungan alami yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Semua kandungan tersebut dapat membantu tubuh Anda melawan virus HPV si penyebab kutil. Umumnya, penggunaan minyak pohon teh ini hanya untuk pemakaian luar, bukan untuk diminum.

Artikel lainnya: Cara Aman Menghilangkan Kutil di Kulit

Satu hal yang harus diingat, sebelum menggunakan tea tree oil sebagai terapi tambahan, konsultasikan dulu ke dokter yang merawat Anda. Ini penting untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap bahan ini, yang dapat membuat kutil kelamin mengalami peradangan. 

2. Ekstrak Daun Teh Hijau

Ekstrak daun teh hijau mengandung antioksidan polifenol tinggi, atau dikenal juga dengan sebutan katekin. Ekstrak daun teh yang dijadikan bahan berbentuk salep lalu dioleskan ke kulit yang terkena kutil. Lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Sebelum melakukan pengobatan dengan cara ini, konsultasikan dulu ke dokter untuk menghindari efek samping berupa alergi dan kemungkinan terjadinya peradangan. Salep ini juga hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar.

2 dari 3 halaman

3. Bawang Putih

Satu lagi pengobatan alami untuk kutil penis yang dapat membantu menghentikan perkembangan virus HPV, yaitu bawang putih. Dikatakan bahwa bawang putih memiliki keampuhan antivirus dan mencegah sel-sel yang terinfeksi berkembang biak. 

Cara penggunaannya sangat mudah: hancurkan satu siung bawang putih segar, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun. Campur merata, lalu oleskan ke kutil dan kulit penis di sekitarnya.

Artikel lainnya: Deretan Masalah yang Dapat Mengganggu Kesehatan Penis

4. Cuka Apel

Secara teori, cuka apel bersifat asam sehingga berpotensi membunuh kuman, serta dapat ‘membakar’ dan mengelupas kulit. Selanjutnya, peradangan akibat kontak dengan asam dapat menstimulasi kekebalan tubuh Anda untuk melawan penyakit. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan cuka apel efektif untuk mengatasi kutil penis. 

Jika Anda ingin mencoba, larutkan 2/3 cuka apel dengan 1/3 air. Basahi kapas dengan larutan tersebut lalu tempelkan pada area kutil penis. Cara lainnya, larutkan cuka apel dengan air dengan perbandingan yang sama kemudian rendam area kutil penis dalam larutan ini selama 15 menit.

Jika ingin menggunakan metode ini, berhati-hatilah terhadap kemungkinan luka bakar kimiawi yang mungkin muncul, khususnya dalam jangka waktu lama.

Banyak orang yang mengandalkan pengobatan alami dibandingkan dengan pengobatan medis, khususnya untuk mengobati kutil kelamin pria. Ini disebabkan karena banyak pria menganggap kondisi ini memalukan, sehingga membuat mereka enggan untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Padahal, berobat ke dokter akan membuat proses penyembuhan lebih maksimal. Biasanya dokter akan menyarankan cryotherapy (terapi gas dingin) atau laser jika kutil kelamin semakin besar atau banyak.

Mengobati kutil penis secara alami sah-sah saja, tapi pengobatan dari dokter tetap lebih dianjurkan untuk menghilangkan kutil kelamin. 

Faktor penting lainnya bukanlah bagaimana cara menghilangkan kutil di penis semata, tapi lebih ke bagaimana cara untuk mencegah agar virus HPV “tidak betah” bertahan di tubuh Anda. Cara pencegahan yang paling efektif adalah dengan melakukan vaksin HPV, serta menghindari hubungan seksual dengan penderita kutil kelamin.

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar