Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Cara Alami Basmi Kutil pada Penis

Kutil di penis sangat ditakuti mayoritas pria. Jangan khawatir, ada beberapa cara alami untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Dengan semakin maraknya seks bebas, ditambah dengan kurang pedulinya sebagian masyarakat tentang bahaya seks bebas bergonta-ganti pasangan, membuat jumlah penderita kutil kelamin, termasuk kutil pada penis, di Indonesia kian meningkat.

Kenikmatan sesaat ketika melakukan hubungan seksual, baik sebelum menikah maupun selingkuh dengan wanita lain (meski sudah terikat tali perkawinan), memiliki banyak dampak negatif. Salah satu risiko yang bisa terjadi yaitu tertularnya penyakit kutil kelamin. Walaupun tidak tampak dari luar, tetap saja kutil kelamin memiliki bentuk yang sangat mengerikan saat terlihat.

Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), yaitu virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai bagian tubuh, termasuk pada penis. Dari sekian banyak tipe HPV, tipe 6 dan tipe 11 lah yang paling sering menyebabkan kutil kelamin. Kutil kelamin sering ditularkan dengan cara hubungan seksual dengan penderita.

Pengobatan untuk kutil kelamin bisa dilakukan seperti pada penyakit virus lainnya, yaitu dapat sembuh sendiri dengan mengandalkan daya tahan tubuh. Meski demikian, yang sering menjadi masalah adalah kutil yang tumbuh pada penis berbentuk seperti jengger ayam, yang sudah pasti mengganggu bentuk alat kelamin pria.

Selain dengan cara meningkatkan daya tubuh, ada beberapa cara alami yang juga bisa membantu Anda mempercepat penyembuhan kutil kelamin. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Minyak pohon teh (tea tree oil)

Tea tree oil yang berasal dari pohon Melaleuca alternifolia asal Australia ini memiliki kandungan alami bersifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Semua kandungan tersebut dapat membantu tubuh Anda melawan virus HPV si penyebab kutil.

Satu hal yang harus diingat, sebelum menggunakan tea tree oil sebagai terapi tambahan, konsultasikan dulu ke dokter yang merawat Anda, untuk mengetahui cara menggunakannya. Ini penting untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap bahan ini, yang nantinya malah membuat kutil kelamin mengalami peradangan atau makin parah. Selain itu, harus diperhatikan bahwa minyak pohon teh ini hanya untuk pemakaian luar, bukan untuk diminum.

  1. Ekstrak daun teh hijau

Ekstrak daun teh hijau mengandung antioksidan polifenol tinggi, atau yang dikenal juga dengan sebutan catechin. Ekstrak daun teh yang dijadikan bahan berbentuk salep lalu dioleskan ke kulit yang terkena kutil. Lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Sebelum melakukan pengobatan dengan cara ini, konsultasikan dulu ke dokter untuk menghindari efek samping berupa alergi dan kemungkinan terjadinya peradangan. Salep ini juga hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar.

  1. Bawang putih

Satu lagi pengobatan alami untuk kutil kelamin yang dapat membantu menghentikan perkembangan virus HPV, yaitu bawang putih. Dikatakan oleh seorang ahli botani, James A. Duke, bahwa bawang putih memiliki keampuhan antivirus dan mencegah sel-sel yang terinfeksi berkembang biak. Cara penggunaanya sangat mudah: hancurkan satu siung bawang putih segar, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun. Campur merata, lalu oleskan ke kutil dan kulit penis di sekitarnya.

Banyak orang yang mengandalkan pengobatan alami dibandingkan dengan pengobatan secara medis, khususnya untuk mengobati kutil kelamin. Ini disebabkan karena banyak pria menganggap kondisi ini memalukan, sehingga membuat mereka merasa enggan untuk memeriksakan diri ke dokter. Padahal, berobat ke dokter akan membuat proses penyembuhan lebih maksimal. Biasanya dokter akan menyarankan cryotherapy (terapi gas dingin) atau laser jika kutil kelamin semakin besar atau banyak.

Mengobati kutil pada penis secara alami sah saja, tapi pengobatan dari dokter tetap lebih dianjurkan. Ingat, yang terpenting bukanlah bagaimana metode mengobatinya, tapi lebih ke bagaimana cara untuk mencegah agar virus HPV “tidak betah” bertahan di tubuh Anda. Cara pencegahan yang paling efektif adalah dengan melakukan vaksin HPV, serta menghindari hubungan seksual dengan penderita kutil kelamin.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar