Sukses

Fakta tentang Kolesterol yang Wajib Anda Tahu

Apakah kolesterol selalu buruk bagi kesehatan? Yuk, kita simak artikel berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Pastinya Anda akrab dengan kata ‘kolesterol’ dan berbagai akibat buruknya. Namun apakah Anda tahu bahwa  tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Tubuh manusia nyatanya memerlukan kolesterol untuk dapat berfungsi dengan baik.

Berikut adalah berbagai fakta tentang kolesterol yang wajib Anda ketahui.

  1. Tubuh membutuhkan kolesterol

Anda pasti mengenal banyak dampak negatif dari kolesterol. Namun, sebenarnya tubuh memerlukan kolesterol untuk dapat berfungsi dengan baik. Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk menjalani fungsi normalnya, seperti membentuk dinding sel dan selaput saraf. Jika tubuh tidak memiliki jumlah kolesterol yang cukup, maka berbagai fungsi dasar ini dapat terganggu dan menyebabkan gangguan fungsi tubuh.

  1. Tidak semua kolesterol buruk bagi kesehatan

Walaupun kolesterol memiliki konotasi yang buruk bagi kesehatan manusia, namun tidak semua jenis kolesterol buruk bagi kesehatan. Jenis kolesterol yang buruk bagi kesehatan dikenal dengan nama Low density Lipoprotein (HDL). Jenis kolesterol ini merupakan kolesterol yang dapat menyebabkan penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah jantung.Sedangkan, jenis kolesterol High density Lipoprotein (HDL), adalah jenis kolesterol yang baik bagi kesehatan manusia. Karena itu, dibutuhkan kadar HDL yang tinggi dalam darah.

  1. Kolesterol berlebih meningkatkan risiko terjadinya perlemakan hati

Apabila kadar kolesterol Anda tinggi, bisa jadi Anda menderita perlemakan hati. Sesuai dengan namanya, perlemakan hati adalah keadaan dimana hati manusia dipenuhi kolesterol dengan kadar yang lebih tinggi. Perlemakan hati dapat meningkatkan risiko Anda menderita sirosis dan akhirnya kanker hati.

  1. Kolesterol LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung

Hal ini disebabkan Low Density Lipoprotein (LDL) adalah salah satu komponen dari plak atherosklerosis. Plak inilah yang menyumbat pembuluh darah jantung. Penyumbatan ini pada akhirnya menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung dan kemudian dapat menyebabkan hambatan aliran darah ke jaringan jantung.

  1. Kolesterol berhubungan dengan kejadian strok

Kolesterol LDL yang tinggi juga menyebabkan peningkatan risiko terjadinya strok. Penumpukan plak kolesterol dapat menyebabkan penurunan aliran darah otak. Hal ini akan menyebabkan  peningkatan risiko strok pada pasien.

  1. Konsumsi anggur merah berdampak baik bagi kolesterol Anda

Minum anggur merah dalam jumlah sedang ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Penurunan kadar kolesterol ini dapat membantu penurunan risiko penyakit jantung. Konsumsi anggur merah sebanyak 400 cc selama enam minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 8% dan meningkatkan kolesterol HDL sebanyak 17%.

  1. Konsumi makanan kaya omega-3 baik bagi kolesterol Anda.

Untuk memperbaiki kadar kolesterol Anda, konsumsilah makanan kaya omega-3 seperti ikan salmon, ikan sarden atau ikan pelagik. Jenis ikan ini memiliki kadar omega-3 yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

  1. Olahraga teratur dapat menurunkan kadar kolesterol total Anda

Olahraga secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Oleh sebab itulah olahraga perlu dilakukan secara teratur dan konsisten. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Jadi, dari berbagai fakta soal kolesterol di atas, ternyata banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apakah Anda sudah melakukannya? Jika belum, yuk, lakukan sekarang juga! Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kolesterol dalam tubuh secara rutin, ya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar