Pencernaan

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Kentut?

Rieke Saras, 06 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rumor di internet mengatakan bahwa kentut bisa membakar 67 kalori. Ini faktanya!

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Kentut?

Kentut memang bikin plong sehingga tubuh terasa lebih ringan. Terutama jika kamu sedang kembung, atau setelah makan besar. Namun, apakah itu berarti kalori juga ikut terbakar?

Banyak orang penasaran soal kalori yang terbakar saat kentut ini. Ada sebuah page di Facebook yang mengatakan bahwa kentut dapat membakar 67 kalori—jumlah kalori yang terbuang ini sama dengan burpees selama enam menit.

Benarkah kentut membakar kalori?

Sayangnya, itu hanya omong kosong. Menurut Spencer Nadolsky, D.O., seorang ahli bariatrik yang juga anggota American Board of Obesity Medicine, kentut sama sekali tidak membakar kalori.

"Orang bisa kentut sampai 20 kali per hari dan ini masih termasuk dalam kisaran normal,” kata Nadolsky, seperti dilansir Women’s Health. Jadi, jika setiap kentut benar-benar membakar 67 kalori, maka kentut yang terjadi selama sehari akan menghanguskan 1,340 kalori. Artinya, berat badan kamu akan turun sekitar 0,5 kilogram setiap dua atau tiga hari.

Lalu, bagaimana jika kentut tersebut bersuara? Menurut Nadolsky, ini tetap tidak berpengaruh terhadap pembakaran kalori. “Bersuara atau tidak, kentut terbuat dari bahan yang sama: nitrogen, hidrogen, metana, oksiden, dan air,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Matthew R. Pittman, M.D., direktur medis manajemen berat badan dan program bedah bariatrik di Northwestern Medicine Delnor Hospital. “Kentut bukanlah alat penurunan berat badan yang praktis, dan tidak dapat digunakan sebagai pengganti olahraga,” katanya.

Ia menambahkan bahwa saat kamu membuang gas, otot-otot akan rileks, sementara kalori terbakar jika ada aktivitas aktif dari otot. “Bahkan jika kentut kamu eksplosif, tetap sulit untuk membakar kalori dari sini,” tegas Pittman.

Pengecualiannya adalah jika kamu kentut sambil jogging atau yoga. Namun lagi-lagi, kalori yang terbakar itu merupakan hasil dari olahraga yang kamu lakukan bukan pembuangan gas.

Mengapa kentut bikin tubuh terasa lebih ringan?

Meskipun kentut tidak membakar kalori, aktivitas pelepasan gas ini dapat membuat tubuh terasa lebih ringan, terutama jika kamu sedang kembung.

Kondisi kembung dapat terjadi karena berbagai hal. Minum dari sedotan, mengunyah permen karet, atau makan terburu-buru dapat menyebabkan masuknya udara ekstra ke jalur pencernaan.

Namun, menurut Pittman, alasan paling umum mengapa tubuh memproduksi gas berlebih adalah karena kamu mengonsumsi sesuatu yang tidak dapat dicerna tubuh. “Jika terlalu banyak gas terjebak di saluran pencernaanmu, hal ini dapat menimbulkan rasa kembung yang membuat perut tersengal,” jelasnya. Itulah sebabnya kadang-kadang kentut dapat membantu.

“Bila kamu sedang kembung dan perlu kentut, lakukanlah,” kata Pittman, “Mungkin tidak membakar kalori, tapi pastinya akan membuat kamu merasa lebih baik.”

Apa kegiatan sehari-hari yang dapat membakar kalori?

Ternyata, banyak sekali kegiatan sehari-hari yang mampu membakar kalori. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mudah membuang kalori tanpa perlu susah-susah ke gym:

Artikel Lainnya: Skipping, Olahraga Sederhana yang Membakar Kalori Lebih Banyak

  • Memijat

Ingin mi ayam kamu tadi siang terbakar dengan mudah? Saat pasangan kamu pulang kantor, coba tawarkan diri untuk memijatnya. Memijat selama 42 menit dapat membakar hingga 200 kalori.

  • Menyapu

Jangan malas-malas menyapu lagi. Kegiatan ini bisa membuang sekitar 200 kalori, lho!

  • Berkebun

Ada kabar baik bagi kamu yang gemar berkebun. Menanam bibit baru selama 15 menit ternyata dapat membakar 77 kalori. Manfaat lainnya? Aktivitas berkebun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu akan jarang sakit.

  • Main scrabble

Siapa sangka, scrabbling selama sejam bisa membakar 200 kalori. Yuk, ajak keluarga atau teman seru-seruan dengan permainan ini saat akhir pekan!

  • Tidur di ruang ber-AC

Sebuah studi menyebutkan, orang yang tidur dalam ruangan bersuhu 18 oC mampu membakar kalori 7% lebih banyak dibanding orang yang tidur di ruangan yang lebih hangat. Nah, 7% ini setara dengan 100 kalori dalam 24 jam waktu tidur kumulatif!

Jangan kecewa dulu jika kentut ternyata tidak membakar kalori. Masih banyak kegiatan sehari-hari lainnya yang dapat menghanguskan kalori, seperti berkebun, memijat, dan tidur. Dan pastinya, kamu akan jauh lebih sehat!

Kamu juga bisa konsultasi seputar cara membakar kalori atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[RVS]

kentutKaloriKentut Bau

Konsultasi Dokter Terkait