Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Sehat dari Kecombrang untuk Tubuh

Siti Putri Nurmayani, 16 Agt 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Selain aroma dan rasanya yang unik, ternyata bunga kecombrang juga punya dampak baik untuk tubuh. Ketahui berbagai manfaat kecombrang di sini.

10 Manfaat Sehat dari Kecombrang untuk Tubuh

Kecombrang menjadi salah satu rempah-rempah yang sering digunakan saat mengolah makanan. Menariknya lagi, hampir semua bagian dari kecombrang bisa dimanfaatkan, bulai dari bagian bunga hingga batangnya.

Selain memiliki rasa yang unik dan aroma yang eksotis, ternyata tanaman ini juga punya dampak baik bagi kesehatan. Bila kamu sering makan kecombrang, mari ketahui sejumlah manfaat kecombrang berikut ini.

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, kecombrang ternyata punya banyak nutrisi. Dalam 100 gram kecombrang mengandung:

  • Air: 90 gram
  • Energi: 34 kalori
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 1,0 gram
  • Karbohidrat: 6,7 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Kalsium: 60 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Zat besi: 1m0 mg
  • Natrium: 47 mg
  • Kalium: 650 mg
  • Vitamin B2: 0,02 mg
  • Niacin: 0,8 mg

Selain nutrisi di atas, terdapat sejumlah kecil mineral dan vitamin lain yang terkandung di dalam kecombrang.

2. Memiliki Efek Antioksidan

Tanaman yang memiliki nama latin Etlingera elatior ini juga ternyata memiliki efek antioksidan di dalamnya. Bunga kecombrang kering mengandung flavonoid, terpenoid, saponin, dan tanin.

Antioksidan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang sering menyebabkan penyakit kankerpenyakit jantungAlzheimer, hingga aterosklerosis.

3. Mencegah Kenaikan Kadar Gula Darah

Ternyata, manfaat bunga kecombrang juga bisa diperoleh pada penderita diabetes, lho!

Hal ini sejalan dengan yang dituturkan oleh dr. Dyah Novita Anggraini. Menurutnya, kecombrang dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dengan cara menghambat enzim pencerna glukosidase dan amilase.

“Kedua enzim tersebut dapat memecah gula dan karbohidrat. Selain itu, kandungan flavonoid, terpenoid, tanin, saponin, dan alkaloid yang ada di dalam kecombrang juga mampu mengontrol gula darah,” katanya.

Artikel Lainnya: Ragam Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes Secara Alami

4. Kaya akan Vitamin C

Mengutip dari Jurnal Akademika Kimia, bunga kecombrang mengandung vitamin C yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui kadar vitamin C pada 100 gram pucuk bunga kecombrang sebesar 26,40 mg. Sedangkan pada 100 gram bunga yang mekar, vitamin C yang terkandung sebesar 44,26 mg. Artinya, kadar vitamin C pada bunga kecombrang akan bertambah berdasarkan tingkat kematangan.

5. Mencegah Dehidrasi

Manfaat bunga kecombrang dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Pasalnya, tanaman ini mengandung banyak air dan mineral di dalamnya, sehingga dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Penting untuk diingat, dehidrasi bisa berbahaya bagi tubuh. Oleh karenanya, pastikan untuk penuhi kebutuhan cairan tubuh, ya!

6. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Khasiat kecombrang juga dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman di perut. Dilansir dari Pakistan Journal of Biological SciencesE. elatior memiliki aktivitas anti-inflamasi yang bisa mengobati gejala tukak lambung.

Akan tetapi, diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengetahui kebenaran dari manfaat kecombrang yang satu ini.

Artikel Lainnya: 11 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, Apa Saja?

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

tulang

Tanaman kecombrang memiliki kandungan mineral yang tinggi, termasuk kalsium yang ada di dalamnya.

Dengan makan olahan kecombrang, ini bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

8. Mengobati Luka

Selain memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, kecombrang juga mengandung antimikroba di dalamnya.

Hal ini cukup efektif untuk membantu proses penyembuhan luka dan menjaganya agar tetap steril. Alih-alih menggunakan obat-obatan kimia, kamu bisa menggunakan kecombrang untuk mengobati luka secara alami.

Artikel Lainnya: Tanaman Herbal Rumahan, Kenali Manfaat dan Efek Sampingnya

9. Mengatasi Bau Badan

Tanaman kecombrang memiliki aroma yang harum. Bahkan, batangnya bisa digunakan sebagai wewangian untuk menghilangkan bau badan. 

Kecombrang memiliki kandungan antioksidan yang dapat berperan untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu bisa menumbuk bunga kecombrang dan bagian batangnya, kemudian menggunakannya sebagai sabun.

10. Sebagai Detoksifikasi

Menariknya, kecombrang ternyata bisa berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Tanaman ini terdiri dari senyawa alami yang bisa membersihkan darah dari racun, bakteri, atau zat lain. Dengan begitu, sirkulasi darah jadi lebih lancar dan tubuh bisa lebih sehat.

Dari banyaknya manfaat tanaman kecombrang di atas, tentunya terlalu sayang untuk melewatkannya. Apalagi, kecombrang bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

Bila punya pertanyaan lain seputar kecombrang atau pemilihan nutrisi yang baik untuk tubuh, jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter gizi. #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter dan menggunakan layanan Tanya Dokter, ya!

(NM)

Bunga KecombrangKecombrangSambal Kecombrang

Konsultasi Dokter Terkait