Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarBadan Lemas Karena Sering Lembur, Lakukan Ini
Sehat dan Bugar

Badan Lemas Karena Sering Lembur, Lakukan Ini

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 01 Okt 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kabar baik bagi para pekerja lembur. Hal-hal ini dapat membantu mengatasi badan lemas akibat sering lembur.

Badan Lemas Karena Sering Lembur, Lakukan Ini

Ada banyak alasan yang membuat pekerja lembur, mulai dari tuntutan pekerjaan yang menumpuk, ingin mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan karena seseorang memiliki candu dalam bekerja (workaholic).

Seseorang dikatakan kerja lembur atau overtime bila bekerja lebih dari 40 jam per minggu atau lebih dari 8 jam tiap shift.

Bekerja lembur terus-menerus dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, baik dampak jangka pendek maupun panjang. Badan lemas adalah salah satu dampak yang bisa langsung dirasakan akibat kerja lembur.

Bila kerja lembur tidak bisa dihindari, Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi badan lemas akibat overtime berikut ini:

1. Minum Air yang Cukup

Air merupakan hal penting untuk metabolisme tubuh Anda. Dengan meminum air yang cukup, racun di dalam tubuh akan dievakuasi keluar tubuh dan menjaga agar tubuh tetap fit.

Jika Anda bekerja dengan waktu tambahan hingga larut malam, tubuh hanya mendapatkan sedikit waktu istirahat. Hidrasi tubuh penting dalam hal ini. Anda dapat mencukupinya dengan minum air putih 2-3 liter per hari.

Artikel Lainnya: Benarkah Bekerja dari Rumah Lebih Baik dibanding di Kantor?

Tubuh yang selalu terhidrasi dengan baik akan terasa lebih segar sehingga bebas dari badan lemas. Jadi, mencukupi kebutuhan cairan dapat dilakukan sebagai cara mengatasi badan lemas.

2. Menjaga Pola Makan yang Baik

Orang yang bekerja lembur sering kali memiliki pola makan yang tidak teratur, dan kurang memperhatikan kandungan gizi di dalam makanannya. Padahal, makanan sangat penting karena berperan sebagai 'bahan bakar' untuk berbagai aktivitas tubuh.

Meskipun sedang lembur, Anda harus tetap menjaga pola makan tetap teratur. Makanlah tiga kali sehari dengan makan makanan bergizi seimbang.

Selain itu, perbanyak kandungan protein hewani dan nabati, seperti daging, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh.

3. Memilih Camilan Sehat

Jika ingin terhindar dari badan lemas saat bekerja di malam hari, sebaiknya hindari makanan besar yang banyak mengandung karbohidrat dan gula. Anda dapat memilih camilan sehat, seperti buah-buahan atau yoghurt.

Selain makan teratur sebanyak tiga kali sehari, Anda dapat mengonsumsi camilan dua kali sehari di antara dua jadwal makan utama.

Artikel Lainnya: Camilan Sehat saat Lembur, Kerja Semakin Produktif

4. Istirahat Cukup

Badan lemas setelah kerja lembur bisa terjadi akibat istirahat yang kurang. Karena itu, cara mengatasinya adalah dengan istirahat sejenak selama 15-20 menit di tengah istirahat kerja Anda. Dengan begitu, Anda bisa tetap menjaga performa fisik dan mental yang prima dalam bekerja.

Selain itu, untuk mendapatkan istirahat yang cukup, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Hindari membawa pekerjaan hingga ke rumah.
  • Usahakan untuk mendapatkan tidur malam selama 7-8 jam per hari.
  • Lakukan sleep hygiene, seperti berdoa sebelum tidur, mematikan lampu kamar, dan tidak melihat layar gawai sesaat sebelum tidur.

5. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Cara mengatasi badan lemas akibat kerja lembur berikutnya adalah melakukan aktivitas fisik. Hal ini memang sulit dilakukan di tengah himpitan pekerjaan dan padatnya jadwal. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya sama sekali.

Jika Anda bekerja sambil duduk, berdirilah dari posisi duduk, dan lakukan peregangan ringan agar otot-otot di tubuh Anda menjadi lebih rileks. Hal ini akan membuat Anda menjadi berpikiran jernih dan energik dalam setiap tindakan. 

Langkah ini juga harus dilakukan saat bekerja di siang hari agar kesehatan mata, pikiran, dan tubuh terjaga. Anda juga dapat melakukan jalan santai ketika pergi ke kantor, atau menggunakan tangga ketimbang elevator. 

Artikel Lainnya: Badan Pegal karena Sering Lembur? Lakukan Ini

6. Konsumsi Suplemen Pendamping

Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang berisi multivitamin dan mineral saat bekerja lembur untuk mencegah badan lemas.

Kebutuhan vitamin apa yang diperlukan bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sesuai kondisi kesehatan Anda masing-masing.

7. Konsumsi Kafein yang Cukup

Kandungan manfaat dalam kopi dan beberapa minuman berkafein lainnya tidak hanya membuat Anda terjaga. Di sisi lain, sedikit asupan kopi ataupun teh dapat membantu Anda lebih fokus, energik, dan meningkatkan performa kerja.

Namun, yang harus diperhatikan adalah takaran ideal konsumsi kopi, yaitu 2-3 gelas per hari. Dengan takaran ideal ini, kandungan antioksidan pada kopi juga dapat bekerja secara optimal untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Badan lemas pun dapat dicegah.

8. Rehat Akhir Pekan

Seseorang harus menyadari bahwa tubuh berhak mendapat waktu untuk istirahat sejenak. Selain melepas penat, istirahat juga membantu Anda terhindar dari efek kerja lembur, seperti badan lemas.

Beristirahat dengan sebaik-baiknya adalah suatu keharusan karena akan membuat semangat dan stamina Anda kembali normal. Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran adalah hal terpenting usai Anda bekerja lembur.

Tak dapat dimungkiri bahwa bekerja lembur menimbulkan tekanan bagi kesehatan Anda. Dengan mempraktikkan beberapa tips di atas, dapat membantu tubuh menjadi bugar untuk mempertahankan performa kerja dan terhindar dari badan lemas. Selamat mencoba!

[WA]

Badan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter