Sukses

Mengenal Racun Sengatan Ikan Pari

Biasanya ikan pari menyengat sebagai bentuk pertahanan diri. Jika seseorang terkena sengatan ikan pari, berikut pertolongan pertama yang harus diberikan.

Ikan pari (rays) merupakan jenis ikan laut yang umumnya berbentuk pipih. Ada 300 lebih spesies ikan pari di dunia yang tersebar di perairan subtropis, perairan tropis, serta perairan antartika. 

Tidak hanya spesial dalam segi bentuknya yang unik, ikan ini juga memiliki cara pertahanan diri yang khusus, yaitu melalui sengatan.

Ikan pari memiliki tulang yang rawan serta ekor seperti cambuk. Cambuk yang memiliki sengat inilah salah satu alasan mengapa ikan pari berbahaya bagi manusia. Sengatan ikan pari mengandung racun yang mematikan dan biasanya mereka gunakan untuk mengelabui mangsanya.

1 dari 3 halaman

Racun pada Sengatan Ikan Pari

Susunan racun yang terkandung dalam sengatan ikan pari terdiri dari enzim 5-nucleotidasefosfodiesterase, dan serotonin neurotransmitter

Ketika tersengat ikan pari, racun yang masuk dapat menyebabkan otot polos berkontraksi terus-menerus serta membuat sel dalam tubuh mati dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, jika seseorang tersengat ikan pari, ia harus mendapatkan pertolongan medis segera agar tak menimbulkan hal yang fatal.

Artikel Lainnya: Ini yang Terjadi Saat Anda Tersengat Ikan Pari

Racun yang masuk ke rongga perut, dada, atau hati akan sangat berbahaya—seperti yang menimpa mendiang Steve Irwin, aktivis lingkungan serta presenter “Crocodile Hunter” yang ternama. 

Duri ikan pari menancap tepat di jantungnya. Ketika racun merusak jaringan dekat organ penting di area tersebut, tidak heran dapat berakibat fatal.

2 dari 3 halaman

Pertolongan Pertama Mengobati Sengatan Ikan Pari

Tersengat ikan pari adalah hal yang sangat tidak diharapkan. Ketika hal ini terjadi, sambil menunggu bantuan medis datang, berikut ini beberapa langkah pertolongan pertama yang perlu dilakukan:

1. Bersihkan Luka dengan Air

Saat masih berada di laut, segera bersihkan luka dengan air yang ada (dapat dibersihkan dengan air laut) dengan cara mengguyur luka. Tujuannya adalah untuk membersihkan luka dari duri dan fragmen tulang ikan pari yang mungkin tertinggal di dalam luka. 

2. Rendam Luka dengan Air Panas

Sesampainya di darat, segera rendam luka dengan air panas. Namun, hati-hati jangan sampai air panas tersebut menyebabkan luka bakar. Suhu air yang disarankan adalah sekitar 40 derajat Celsius.

Rendamlah luka maksimal selama 90 menit. Merendam luka dengan air panas bertujuan untuk mematikan racun dari sengatan ikan pari dan mengurangi nyeri yang dirasakan oleh korban.

Artikel Lainnya: Disengat Ubur-Ubur di Pantai? Segera Lakukan Ini!

3. Cuci Luka dengan Air dan Sabun

Cara mengobati sengatan ikan pari berikutnya terkait dengan pencegahan kontaminasi. Penting sekali untuk mencegah kontaminasi bakteri pada luka. Nah, untuk mematikan bakteri, cucilah luka dengan air mengalir dan sabun. Caranya, luka digosok secara perlahan dengan sabun, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir. 

4. Meminimalkan Perdarahan

Ekor ikan pari bisa membuat tusukan yang cukup dalam. Bila terjadi perdarahan saat tersengat ikan pari, tekan dengan kasa atau kain. Kehilangan darah yang berat dapat berakibat fatal. Namun, jangan menutup luka rapat-rapat karena bisa membuat infeksi berat bila masih ada kuman di dalam luka.

Setelah bantuan datang, tim medis akan memeriksa kondisi penderita, memasang infus, dan membalut luka agar tidak terjadi perdarahan terus-menerus. Setibanya di rumah sakit, penanganan yang diterima penderita adalah pembersihan luka, serta pemberian antibiotik dan antinyeri.

Demikianlah tips pertolongan pertama saat tersengat ikan pari. Jika di kemudian hari Anda tersengat ikan pari saat menyelam, jangan pernah menyepelekannya. Segera cari bantuan medis untuk memastikan sengatan ikan pari tidak akan memicu komplikasi yang mengancam jiwa.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, jangan ragu untuk bertanya langsung melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar