Sukses

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Sehat

Hingga saat ini, lidah buaya masih menjadi andalan banyak orang dalam menjaga kulit tetap sehat.

Setiap orang ingin memiliki kulit yang sehat. Untuk mewujudkan hal ini, banyak orang beramai-ramai mencoba berbagai metode terapi, mengonsumsi berbagai suplemen, termasuk—yang bisa dibilang paling favorit—mengandalkan bahan-bahan alami untuk membantu mewujudkan harapan kulit sehat tersebut.

Ada banyak sekali bahan alami yang populer dan dinilai efektif untuk membantu terwujudnya kulit cantik dan sehat. Salah satunya adalah lidah buaya. Apa saja manfaat lidah buaya untuk kulit? Berikut beberapa di antaranya:

1 dari 6 halaman

1. Kaya akan Antioksidan

Antioksidan penting untuk kesehatan. Gel lidah buaya mengandung antioksidan kuat yang termasuk dalam keluarga senyawa polifenol.

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah diperoleh dari kandungan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Perlu Anda tahu bahwa radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan.

2. Mengandung Komponen Antibakteri

Polifenol, bersama dengan beberapa senyawa lain dalam lidah buaya, membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi. Karena alasan tersebut, lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dan mengobati masalah kulit.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

2 dari 6 halaman

3. Mencegah Kulit Keriput

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah adalah mencegah keriput. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian awal yang menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat memperlambat penuaan kulit.

Sebuah penelitian terhadap 30 wanita di atas usia 45 tahun yang dilakukan tahun 2009 menunjukkan, mengonsumsi gel lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit selama periode 90 hari.

4. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Keampuhan lidah buaya untuk kecantikan kulit memang kerap kali terbukti akibat berbagai kandungannya yang kaya akan mineral (zat besi, magnesium, selenium), enzim, dan vitamin (B2, B6, E, dan C).

3 dari 6 halaman

5. Membantu Penyembuhan Luka Bakar

Lidah buaya memang dapat menjadi alternatif dalam menangani luka bakar. Bahkan, pada sebuah penelitian berskala kecil disimpulkan, gel lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar.

Namun, jika memiliki luka bakar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum menggunakan lidah buaya. Sebab, tidak semua jenis luka bakar dapat ditangani oleh lidah buaya.

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

6. Meredakan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Hingga kini, lidah buaya sering dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Hal ini disebabkan oleh manfaat lidah buaya untuk mengatasi kulit gatal, kering, dan terbakar akibat terpapar sinar matahari.

Lidah buaya dapat memberikan rasa nyaman berupa sensasi rasa dingin dan segar, serta meredakan rasa panas dan terbakar pada kulit.

4 dari 6 halaman

7. Menangani Jerawat

Aloe vera dapat digunakan untuk membantu mengurangi keparahan jerawat. Beberapa penelitian menyimpulkan, manfaat lidah buaya untuk kulit ini diperoleh dari kandungannya yang dinilai dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Artikel Lainnya: Atasi Sunburn dengan Lidah Buaya

8. Membantu Menyamarkan Noda Hitam

Berdasarkan sejumlah penelitian, bahan kimia dalam lidah buaya dapat memiliki sifat pencerah kulit. Bahan kimia ini dikenal dengan aloin dan aloesin.

Kedua senyawa tersebut dapat mengurangi bercak hitam (hiperpigmentasi) dengan menghancurkan sel-sel melanin yang ada dan mencegah pembentukan melanin lebih lanjut di kulit.

5 dari 6 halaman

9. Menjaga Hidrasi Kulit

Manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya adalah dapat menjaga kelembapan kulit. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda dapat memanfaatkan masker lidah buaya. Masker ini dapat menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tampak lebih sehat.

10. Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark bisa terjadi ketika kulit mengalami perubahan bentuk dengan cepat, misalnya ketika terjadinya kenaikan berat badan pada kehamilan. Kondisi ini ternyata dapat diatasi dengan lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk kulit ini diperoleh dari kandungan enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kulit Anda. Karena sifatnya yang menenangkan, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada area stretch mark dengan pijatan perlahan.

Demikian beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit Anda. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua gangguan kulit dapat ditangani dengan lidah buaya. Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya konsultasikan keadaan kulit Anda dengan dokter kulit.

Mengapa berkonsultasi sangat penting dilakukan? Sebab, konsultasi biasanya diikuti oleh pemeriksaan keadaan kulit Anda, sehingga terapi bisa disesuaikan dengan kondisi kulit agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar