Sukses

Benarkah Kolesterol Turun dengan Minum Bir?

Bagaimana hubungan antara minum bir dengan kadar kolesterol?

Klikdokter.com, Jakarta Bir sudah dikenal sejak 5000 tahun sebelum masehi. Bir mengandung 90 persen air, karbohidrat, dan alkohol. Walaupun memiliki reputasi yang buruk karena kandungan alkoholnya, bir ternyata memiliki potensi yang baik untuk kesehatan. Misalnya, hubungan antara konsumsi bir dengan kadar kolesterol darah.

Efek minum bir dan kadar kolesterol sudah banyak dipelajari pada berbagai penelitian. Satu pesan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut adalah konsumsi bir dalam jumlah sedang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung Anda.

Minum alkohol dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kadar high density cholesterol (HDL), dan menurunkan pengumpulan trombosit. Kedua hal inilah yang diduga berperan dalam penurunan kejadian penyakit jantung pada orang yang minum alkohol dalam jumlah sedang.

Minum alkohol dalam jumlah sedang berarti minum alkohol tidak lebih dari 12-14 sajian per minggu untuk pria. Sedangkan tidak lebih dari 9 sajian minuman alkohol per minggu untuk wanita.

Sayangnya, banyak orang menganggap keliru informasi tersebut dan justru mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan. Padahal, efek buruk yang dapat ditimbulkan dari minum alkohol secara berlebihan harus menjadi perhatian.

Minum alkohol berlebihan berhubungan dengan berbagai efek buruk untuk kesehatan Anda. Minum alkohol dalam jumlah banyak berhubungan dengan terjadinya kemungkinan intoksikasi alkohol atau keracunan alkohol.

Selain itu, dalam jangka panjang, minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan alkohol dan perlemakan hati. Perlemakan hati adalah salah satu faktor risiko terjadinya pengerasan hati.

Konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak secara rutin juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, pita suara, hati, payudara, dan usus besar. Risiko semakin meningkat jika peminum juga perokok berat. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat menurunkan kadar hemoglobin dalam darah (sel darah merah yang mengangkut oksigen).

Jika gemar mengonsumsi bir, Anda patut berhati-hati dalam menentukan jumlah bir yang Anda minum. Bila minum bir dalam jumlah terlalu banyak, Anda tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan. Anda justru berisiko mengalami efek buruk di masa depan karena minum bir secara berlebihan. Yang perlu diperhatikan juga bahwa untuk mendapatkan tingkat kesehatan yang optimal, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar