Kesehatan Umum

Dampak Negatif Minum Bir Setiap Hari

dr. Arina Heidyana, 23 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sedikit orang yang gemar minum bir, bahkan sampai setiap hari. Namun waspada, minum bir setiap hari bisa memicu berbagai bahaya berikut ini.

Dampak Negatif Minum Bir Setiap Hari

Bir merupakan minuman beralkohol yang banyak digemari oleh orang dewasa. Sayangnya, minuman ini bisa membuat orang jadi ketergantungan. Akibatnya, bisa timbul keinginan untuk minum bir, bahkan sampai setiap hari.

Walau mengonsumsi bir dalam jumlah wajar mungkin berdampak baik bagi kesehatan, tapi jika diminum tiap hari akan merusak organ tubuh Anda secara perlahan. Berikut bahaya minum bir setiap hari terhadap kesehatan.

1. Ketergantungan Alkohol

Ketika Anda minum bir dalam jumlah banyak secara terus-menerus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur motivasi, stres, dan kesenangan akan mengalami gangguan. 

Selain itu, tingkat toleransi tubuh terhadap bir semakin meningkat dan Anda pun bisa jadi ketergantungan alkohol. Keadaan ini bisa menyebabkan berbagai gangguan sistem saraf, termasuk gangguan mental, yang ujung-ujungnya membuat kualitas hidup Anda menurun.

2. Merusak Hati

Apabila mengonsumsi 30 gram alkohol dalam sehari, Anda berisiko mengalami perlemakan hati. Kondisi ini menandakan bahwa kadar lemak di hati Anda melebih batas normal.  

Banyaknya lemak di hati bisa memicu pengerasan dan kanker di organ hati. Tak hanya itu, menenggak bir setiap hari dapat memicu peradangan dan penyakit hati kronis (sakit yang berlangsung lama). 

Lama-kelamaan, peradangan ini dapat menyebabkan kerusakan dan jaringan parut di hati yang disebut sirosis. Karena rusak, semakin sulit pula organ hati mengeluarkan zat beracun dari tubuh Anda.

3. Penyakit Gout

Peminum bir berisiko tinggi terserang penyakit gout. Gout adalah penyakit yang ditandai dengan penumpukan kristal monosodium urat di dalam maupun di sekitar persendian. Penumpukan kristal dapat menyebabkan peradangan dan menimbulkan berbagai keluhan, salah satunya nyeri sendi.

Artikel Lainnya: Bahaya Minum Alkohol yang Mengintai Bumil dan Janin

4. Kadar Gula Darah Tak Seimbang

Selain merusak hati, alkohol di dalam bir juga berdampak ke organ pankreas. Pankreas berfungsi membantu mengatur hormon insulin yang merespons zat glukosa. 

Ketika fungsi organ pankreas rusak, kadar gula darah bisa jadi rendah. Selain itu, pankreas yang rusak juga dapat mencegah tubuh menghasilkan insulin untuk mengolah glukosa. Dampaknya, kadar gula dalam darah Anda bisa jadi tinggi.

5. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Minum bir setiap hari dapat membuat Anda rentan terkena penyakit. Mungkin Anda tidak memerhatikannya, tapi Anda bisa mengalami flu, pilek, atau batuk lebih sering daripada orang yang tidak minum bir.

Anda jadi gampang sakit karena alkohol dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Dampaknya tubuh menjadi sulit melawan bakteri atau virus yang menyerang.

Artikel Lainnya: Ini 4 Akibat Jika Anda Minum Alkohol setelah Olahraga

6. Mengganggu Sistem Saraf Pusat di Otak

Minum bir setiap hari bisa mengganggu sistem saraf pusat. Alkohol dapat mengurangi komunikasi antara otak dan tubuh. Alhasil, Anda mungkin merasa kurang seimbang, sulit berkoordinasi, bicara tidak jelas, dan sebagainya.

Minum bir setiap hari juga membuat daya ingat menurun serta mengurangi kemampuan untuk berpikir jernih dan membuat pilihan rasional. Penyalahgunaan alkohol yang kronis dan parah juga dapat menyebabkan kerusakan otak permanen.

Setelah mengetahui dampak buruk di atas, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan minum bir mulai saat ini. Daripada minum bir, lebih baik mengonsumsi minuman lain yang lebih sehat, seperti jus buah tanpa pemanis atau air putih.

Untuk tahu bahaya mengonsumsi alkohol lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi ke dokter langsung melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

HatibirAlkohol

Konsultasi Dokter Terkait