Sukses

Lakukan Tips Ini agar Terhindar dari Mata Ikan

Mata ikan, terutama di daerah telapak kaki, bisa membuat Anda tidak nyaman saat berjalan dan beraktivitas. Berikut cara mencegah mata ikan yang bisa Anda lakukan.

Mata ikan adalah penebalan kulit yang terbentuk karena adanya tekanan dan gesekan. Kondisi ini terjadi ketika kulit ingin melindungi daerah tersebut dari luka, tekanan, atau gesekan yang sering terjadi. Meski mata ikan tidak berbahaya, tetap dapat menyebabkan iritasi.

Selain mata ikan, juga terdapat penebalan pada kulit yang disebut dengan kalus (kapalan). Kalus adalah bagian kulit yang keras dan menebal karena adanya gesekan, tekanan, atau iritasi. Kalus sering terjadi pada kaki, namun dapat juga mengenai tangan, siku, atau lutut.

Kalus berwarna kekuningan atau pucat, terasa menggumpal saat disentuh. Namun, karena kulitnya tebal sehingga menjadi kurang sensitif untuk disentuh dibandingkan dengan kulit sekitarnya. Di samping itu, kalus lebih besar dan lebar dibandingkan mata ikan. 

Sementara, mata ikan biasanya terbentuk pada permukaan kulit yang halus dan tidak berbulu, terutama di bagian atas atau samping jari kaki. Mereka rata-rata kecil dan melingkar, dengan pusat terlihat jelas yang bisa keras atau lunak. Lalu, adakah cara mencegah mata ikan atau agar mata ikan tidak tumbuh lagi?

1 dari 3 halaman

Faktor Risiko Mata Ikan

Mata ikan yang keras biasanya kecil dan terjadi pada kulit yang sudah mengeras, misalnya pada bagian tulang di kaki. Sedangkan mata ikan halus cenderung berwarna putih, bertekstur seperti karet, dan lebih sering timbul di antara jari kaki atau di area kulit yang lembap dan berkeringat. 

Beberapa faktor risiko dari mata ikan adalah sebagai berikut:

  • Apa pun yang dapat menyebabkan tekanan atau gesekan pada kulit.
  • Sepatu yang terlalu sempit atau terlalu berhak tinggi, yang menyebabkan tekanan.
  • Sepatu yang terlalu longgar, yang menyebabkan gesekan.
  • Jahitan pada sepatu yang menyebabkan gesekan pada kulit.
  • Kaus kaki yang tidak pas ukurannya.
  • Tidak menggunakan kaus kaki.
  • Berjalan tanpa alas kaki dengan rutin sehingga kulit akan menebal untuk melindungi kaki.
  • Kegiatan berulang seperti jogging atau berjalan dengan cara tertentu.
  • Berusia tua, karena jaringan lemak lebih sedikit di kulit sehingga lebih sedikit bantalan dan berisiko lebih tinggi berkembangnya kalus.

Artikel lainnya: 4 Penyebab Telapak Kaki Anda Sakit

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Mata Ikan

Lalu, bagaimana cara mencegah mata ikan? Hal-hal berikut ini dapat dilakukan untuk menghindari terbentuknya mata ikan:

  1. Mencuci kaki dengan sabun dan air setiap malam dengan menggunakan sikat.
  2. Oleskan krim pelembap khusus kaki setelah mencuci kaki dan mengeringkannya terlebih dahulu. Jangan gunakan body lotion, namun gunakan krim khusus kaki.
  3. Gunakan ukuran sepatu dan kaus kaki yang sesuai dengan jahitan yang tidak menggesek kulit.
  4. Bila ingin membeli sepatu, belilah pada waktu sore hari saat kaki berada pada posisi terbesarnya, karena kaki sedikit membengkak seiring berjalannya hari. 
  5. Atasi segera bila mengalami nyeri kaki atau iritasi kulit, jangan ditunda. Lakukan pemeriksaan rutin dengan spesialis khusus kaki.
  6. Saat menggunting kuku kaki, potong dengan lurus dan tidak miring atau melewati tepinya.
  7. Gunakan batu apung atau kikir kaki secara teratur, dan bersihkan kulit keras dengan lembut.
  8. Kenakan kaos kaki bersih setiap hari. Anda juga dapat menggunakan bedak tabur untuk mencegah keringat pada kaki.
  9. Lindungi tangan saat menggunakan perkakas, baik dengan sarung tangan empuk atau dengan bantalan gagang perkakas.

Mata ikan dan kalus tidak dapat hilang dalam semalam. Namun, kondisi ini dapat dihindari dengan melakukan cara-cara pencegahan yang sudah dijelaskan di atas. 

Bila mata ikan dan kalus semakin parah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Dengan begitu, penanganannya bisa dilakukan dengan tepat. 

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar