Sukses

Penyebab Anda Mengigau saat Tidur, Berbahayakah?

Mengigau bisa jadi pertanda adanya masalah pada kesehatan. Apa saja penyebab orang mengigau saat tidur? Apakah berbahaya? Simak di sini.

Anda termasuk yang cukup sering mengigau? Meski bukan masalah tidur yang serius, terlalu sering mengigau bisa cukup mengganggu diri dan pasangan. Dalam kondisi seperti ini, penyebab mengigau perlu diungkap dengan saksama.

Mengigau, atau disebut dengan somniloquy, adalah gangguan tidur yang ditandai dengan berbicara selama tidur. Bentuk pembicaraan yang terjadi bisa berupa monolog jelas, dialog, bergumam, hingga mengoceh.

Karena bukan merupakan masalah medis yang serius, sesekali mengigau saat tidur tidak perlu dicemaskan. Lain halnya jika Anda mengoceh saat tidur hampir setiap hari. 

Dalam kondisi ini, penyebab mengigau perlu didalami secara komprehensif. Berikut berbagai penyebab mengigau saat tidur:

1 dari 4 halaman

1. Genetik

Beberapa studi menemukan bahwa mengigau saat tidur mungkin merupakan bentuk sifat yang diturunkan dari keluarga.

Dalam studi yang dilakukan pada orang kembar, mengigau saat tidur mudah ditemukan pada keduanya. 

Bahkan, keduanya juga bisa sama-sama mengalami berjalan maupun menggertakkan gigi saat tidur. Penelitian lebih lanjut diperlukan agar dapat memahami koneksi ini.

2. Mengalami REM Sleep Behavior Disorder (RBD)

REM Sleep Behavior Disorder adalah bentuk gangguan tidur yang banyak terjadi. Orang yang mengalaminya dapat menimbulkan gejala seperti berteriak, memekik, menggeram, hingga bergerak dalam mimpinya (sering kali agresif dan kasar).

RBD merupakan jenis gangguan tidur, selain sleep terror (teror dalam tidur). Penderita sleep terror juga mengalami hal yang sama, dan kondisi ini kadang ditemui di anak-anak.

Penderitanya biasanya melakukan teriakan yang menakutkan hingga gerakan menendang. Ciri khas lainnya adalah penderita akan sulit dibangunkan ketika mengalaminya.

Artikel Lainnya: Susah Tidur? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

2 dari 4 halaman

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan bisa membuat seseorang mengigau saat tidur. Obat-obatan tersebut utamanya yang tergolong sebagai selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI). 

Misalnya obat yang mengandung sertraline, citalopram, escitalopram, dan lain-lain. Efek samping mengigau saat tidur tersebut juga tidak dialami seluruh pengguna obat SSRI.

4. Penggunaan berlebihan atas substansi tertentu

Seseorang yang berlebihan mengonsumsi alkohol juga berisiko mengigau saat tidur. Selain kurang baik untuk kesehatan organ hati, alcohol abuse bisa mengganggu kualitas tidur Anda!

5. Kurang tidur

Kurang tidur mungkin menjadi penyebab mengigau yang paling umum. Kurangnya waktu istirahat dikaitkan dengan peningkatan insiden mengigau saat tidur. Tentu saja, penyebab mengigau yang satu ini tergolong tidak berbahaya.

Artikel Lainnya: Inilah Teknik Pernapasan untuk Bisa Tidur Lebih Nyenyak

3 dari 4 halaman

6. Demam

Demam juga dikaitkan sebagai penyebab mengigau saat tidur. Umumnya, demam yang memiliki suhu tinggi lebih berkaitan dengan munculnya mengigau.

Diduga, hal tersebut berkaitan dengan dampak terhadap sistem saraf yang akibat suhu yang tinggi. Namun begitu, hal tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Gangguan Mental

Beberapa bentuk gangguan mental erat kaitannya dengan mengigau saat tidur. Menurut studi, jenis gangguan mental yang paling sering menjadi penyebab mengigau adalah post-traumatic stress disorder (PTSD).

Meskipun begitu, gangguan mental lain, seperti depresi dan kecemasan, juga berpotensi menyebabkan mengigau saat tidur.

Bila Anda termasuk orang-orang yang ingin memperbaiki kondisi mengigau saat tidur, ada baiknya untuk mendatangi dokter. 

Selanjutnya, dokter akan melakukan wawancara mendalam untuk menggali riwayat medis dan non-medis yang mungkin terkait.

Bila perlu, dokter juga akan menyarankan serangkaian pemeriksaan penunjang yang perlu Anda lakukan. 

Dengan langkah-langkah tersebut, penyebab mengigau saat tidur akan lebih mudah terungkap dan penanganannya bisa lebih tepat sasaran.

Dapatkan informasi menarik seputar gangguan tidur lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter. 

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar