HomeInfo SehatPencernaanBerbagai Penyebab Perut Kembung dan Begah yang Mesti Kamu Waspadai
Pencernaan

Berbagai Penyebab Perut Kembung dan Begah yang Mesti Kamu Waspadai

Nimas Mita, 12 Okt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada berbagai penyebab perut kembung yang mesti kamu hindari dan waspadai. Yuk, simak apa saja penyebab perut kembung dan begah berikut.

Berbagai Penyebab Perut Kembung dan Begah yang Mesti Kamu Waspadai

Perut kembung dan begah adalah keluhan umum yang bisa dialami setiap orang. Namun, ada beberapa orang yang sering mengalami perut kembung dan begah.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sering mengalami hal ini, kamu harus waspada dan cari tahu apa sebabnya. Pasalnya, bisa jadi penyebab perut kembung dan begah yang kamu rasakan akibat dari masalah kesehatan tertentu.

Berikut berbagai penyebab perut kembung dari kebiasaan hingga gangguan pencernaan.

1. Kebiasaan Makan Terlalu Cepat

Salah satu penyebab perut kembung yang paling sering adalah makan terlalu cepat. Ketika kita makan dengan cepat, kita cenderung menelan udara bersamaan dengan makanan.

Udara ini kemudian terperangkap di dalam perut, menyebabkan rasa kembung. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk makan dengan lebih lambat dan mengunyah makanan dengan baik.

2. Pilihan Makanan yang Tidak Tepat

Makanan tertentu dapat menyebabkan perut kembung lebih sering daripada yang lain. Contohnya adalah makanan yang tinggi serat, seperti kacang-kacangan, brokoli, dan kubis.

Makanan ini cenderung sulit dicerna, dan bisa menyebabkan produksi gas berlebih di dalam perut. Jika kamu sering mengeluhkan perut kembung, kamu bisa hindari dan batasi makanan tersebut.

3. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat perut kembung menjadi lebih sering terjadi.

Cobalah untuk tetap aktif dengan berjalan kaki, bersepeda, atau berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat membantu menjaga sistem pencernaan kamu tetap sehat.

Artikel lainnya: Cara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat

4. Gangguan Lambung

Salah satu gangguan dan masalah lambung yang paling umum adalah maag. Nah, gejala dan tanda maag adalah nyeri ulu hati, mual, hingga perut kembung dan begah.

Bila keluhan perut kembung dan begah kamu tidak kunjung sembuh atau terus-menerus kambuh, bisa jadi kamu punya maag tanpa kamu sadari.

Nah, bila gejala ini muncul, kamu bisa mengkonsumsi berbagai obat bebas untuk mengatasi perut begah dan kembung, misalnya Promag Herbal.

Promag Herbal dengan kandungan 8 herbal yaitu jahe merah, kunyit, madu, royal jelly, adas, mint, ananas, dan akar manis yang mampu bantu meredakan gangguan lambung, seperti mual dan muntah, perih ulu hati, perut begah.

Promag Herbal sangat praktis dibawa ke mana pun dan bisa dikonsumsi kapan saja. Kamu bisa meminumnya langsung atau dicampur dengan air hangat agar lebih nyaman. 

5. Penyakit dan Gangguan Kesehatan Lain

Bukan hanya gangguan pencernaan seperti maag, gejala perut kembung dan begah yang kronis bisa jadi diakibatkan oleh penyakit yang lebih serius.

Berikut beberapa penyakit yang mungkin menyebabkan perut kembung dan begah tak sembuh-sembuh. 

Penyakit Crohn

Penyakit Crohn merupakan kondisi peradangan kronis (terjadi dalam waktu lama) yang terjadi pada lapisan sistem pencernaan. Penyakit ini dapat menyebabkan usus tersumbat.

Seseorang yang mengalami penyakit Crohn akan merasakan kembung yang parah. Gejala kembung juga disertai dengan penurunan berat badan, diare, mual, dan muntah setelah makan.

Kanker Ovarium

Keganasan pada organ indung telur atau ovarium juga dapat menimbulkan gejala perut kembung. Karena tumor dari kanker ovarium dapat menekan area saluran pencernaan.

Keluhan tersebut biasanya disertai dengan cepat merasa kenyang, nyeri punggung, dan penurunan berat badan.

Kanker Pankreas

Pankreas merupakan organ yang termasuk dalam sistem pencernaan. Keganasan atau kanker di pankreas juga akan menimbulkan gejala perut kembung dan begah serta mudah kenyang.

Gejala penyerta lain adalah nyeri perut hingga ke punggung, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis, serta kulit dan mata yang tampak kuning (jaundice).

Ileus

Ileus merupakan gangguan gerakan peristaltik usus karena berbagai sebab, mulai dari gangguan elektrolit atau gangguan persarafan.

Gejalanya antara lain adalah perut kembung, disertai penurunan nafsu makanan, rasa begah, konstipasi, perut tampak membesar, mual, dan muntah.

Penyakit ini cukup serius karena dapat mengakibatkan berbagai komplikasi, seperti kematian jaringan usus (nekrosis), pecahnya usus (perforasi) yang mengakibatkan peritonitis atau infeksi rongga perut.

Kanker Usus Besar

Penyakit penyebab perut kembung berikutnya adalah kanker usus besar atau kanker kolorektal.

Jenis kanker ini cukup sering ditemui dan menimbulkan gejala perut kembung, nyeri perut, perubahan pola defekasi, seperti diare dan konstipasi bergantian. Penderita juga bisa mengalami penurunan berat badan, tinja berdarah, serta badan terasa lemas.

Artikel Lainnya: 12 Cara Mengatasi Kembung dengan Bahan Alami

Beberapa penyakit di atas merupakan penyebab perut kembung yang cukup berbahaya dan memerlukan tindakan lebih lanjut. Apabila kamu mengalami perut kembung disertai gejala penyakit lainnya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik maupun penunjang untuk mengetahui penyebab perut kembung serta melakukan penanganan yang sesuai. Jangan sampai terlambat. Semakin dini dideteksi dan diatasi, semakin besar pula peluang kamu untuk sembuh.

Kamu bisa konsultasi ke dokter spesialis dengan menggunakan layanan Tanya Dokter atau Temu Dokter di aplikasi KlikDokter. Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu! 

Perut Kembung

Konsultasi Dokter Terkait