HomeInfo SehatDiabetes8 Zat Gizi Penting yang Dibutuhkan Penderita Diabetes
Diabetes

8 Zat Gizi Penting yang Dibutuhkan Penderita Diabetes

dr. Fiona Amelia MPH, 09 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penderita diabetes ternyata lebih rentan mengalami kekurangan beberapa jenis zat gizi penting berikut ini.

8 Zat Gizi Penting yang Dibutuhkan Penderita Diabetes

Selain menjaga kadar gula darah, penderita diabetes perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, agar kebutuhan zat gizi penting terpenuhi setiap hari. Hal ini perlu dilakukan karena penderita diabetes lebih rentan mengalami kekurangan berbagai zat gizi penting dibandingkan orang sehat.

Berikut ini adalah daftar zat gizi yang kecukupannya perlu lebih diperhatikan jika Anda atau keluarga adalah penderita diabetes.

1. Vitamin E

Vitamin E dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, ginjal dan kerusakan mata. Anda bisa mendapatkannya secara alami dari sayuran hijau, minyak sayur, kacang-kacangan, paprika merah, alpukat, mangga dan kiwi. Jika menggunakan suplemen, konsultasikan dosis konsumsi suplemen setiap harinya pada dokter Anda.

2. Vitamin D3

Hasil meta-analisis berbagai studi menunjukkan bahwa kadar vitamin D3 yang rendah meningkatkan risiko diabetes. Mencukupi vitamin D3 akan membantu tubuh meningkatkan produksi insulin dan membuat kinerjanya lebih efektif. Pengendalian gula darah pun lebih optimal.

Vitamin D3 juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang, yaitu dengan membantu penyerapan kalsium di saluran cerna.

Secara alami, tubuh manusia memiliki vitamin D2, yaitu prekursor vitamin D3 yang akan menjadi aktif jika sering berjemur di bawah sinar matahari pagi. Vitamin D3 juga bisa didapat dari makanan seperti susu, udang, ikan berlemak (tuna, mackerel, salmon), hati sapi, keju dan telur.

3. Vitamin C

Dari berbagai studi didapatkan bahwa kadar vitamin C pada penderita diabetes, terlebih lagi pada penderita yang obesitas, cenderung rendah. Padahal, kecukupan vitamin yang juga merupakan antioksidan ini penting untuk membakar timbunan lemak serta memperbaiki kadar gula dan lemak darah.

Buah dan sayur seperti jeruk, jambu merah, stroberi, brokoli, kentang, bayam dan tomat bisa menjadi sumber vitamin C yang baik.

Selanjutnya

4. Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 bisa dialami oleh penderita diabetes yang mengonsumsi metformin. Vitamin ini penting untuk kesehatan saraf dan otak, serta pembentukan sel darah merah. Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari daging merah, ayam, ikan, hati sapi, telur, dan produk susu.

5. Vitamin B7

Vitamin B7 atau biotin, merupakan zat penting yang memperkuat kerja insulin dalam mengolah gula darah sebagai sumber energi. Kekurangan biotin akan sangat memengaruhi pengelolaan kadar gula darah pada penderita diabetes. Sumber vitamin ini yakni serealia utuh, umbi-umbian, kacang-kacangan, telur, susu, yoghurt, dan daging ayam.

6. Zinc

Mineral zinc atau seng membantu produksi dan pengeluaran insulin. Pada penderita diabetes, kadarnya menjadi rendah karena zinc ikut dikeluarkan melalui urine ketika kadar gula darah tinggi. Sumber alami mineral ini ialah tiram, daging merah, ayam, kacang-kacangan dan serealia, serta produk susu.

7. Magnesium

Mirip dengan biotin, magnesium berperan dalam metabolisme karbohidrat, sehingga kerja insulin lebih efektif. Dan seperti juga mineral zinc, kadar magnesium pada penderita diabetes cenderung rendah karena ikut dikeluarkan melalui urine saat kadar gula darah tinggi.

Untuk mencukupi kebutuhan magnesium, konsumsilah sayuran hijau seperti bayam dan kale, beras merah, kacang-kacangan, alpukat, pisang, serta produk susu seperti yoghurt dan keju.

8. Kromium

Mineral ini memang kurang terdengar, akan tetapi ia penting untuk menurunkan kadar lemak tubuh dan membangun massa otot. Kromium berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan resistensi insulin, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Secara alami, kromium terdapat di dalam biji-bijian, beras merah, kacang-kacangan, daging merah, ikan, jamur, hati sapi, brokoli, jagung, kentang, telur dan produk susu.

Agar kebutuhan akan zat gizi di atas tercukupi, penderita diabetes perlu untuk selalu mengupayakan tersedianya makanan sehat yang beragam setiap hari. Bila sumber makanan alami sulit didapat, kecukupan zat gizi bisa dipenuhi melalui konsumsi suplemen berdasarkan petunjuk dokter yang merawat.

[NP/ RVS]

vitaminZat gizipenderita diabetesDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait