Sukses

Ada Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?

Apakah Anda memiliki benjolan di area ketiak? Benjolan di ketiak dapat menjadi pertanda adanya suatu penyakit. Cari tahu selengkapnya di sini.

Tak banyak orang yang memperhatikan area ketiak secara berkala. Padahal, ada beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul di bagian tersebut. Salah satunya adalah benjolan di ketiak.

Benjolan bisa muncul di ketiak kanan, kiri, ataupun keduanya. Secara umum, benjolan di ketiak terjadi akibat kelenjar getah bening yang membesar.

Kelenjar getah bening sendiri adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh manusia yang berfungsi untuk melawan infeksi. 

Jadi, apabila terjadi benjolan di area ketiak, bisa saja itu pertanda sedang terjadi infeksi.

Selain infeksi, penyebab benjolan pada area ketiak sangat beragam. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Artikel Lainnya: Limfoma, Bisakah Disembuhkan?

1 dari 3 halaman

Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Benjolan di ketiak dapat berukuran sangat kecil hingga tidak disadari sampai besar dan cukup mengganggu. Sebenarnya, benjolan di ketiak bukan hal yang berbahaya.

Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, benjolan dapat menjadi pertanda adanya kondisi kesehatan yang lebih serius. Berikut beberapa penyebab benjolan di ketiak, mulai dari yang tidak berbahaya hingga fatal.

  • Infeksi Bakteri

Benjolan pada area ketiak dapat berupa bisul. Kondisi ini salah satunya bisa disebabkan oleh infeksi bakteri.

Infeksi dapat terjadi karena iritasi akibat Anda sering menggaruk atau mencabut bulu ketiak. Bakteri pun dapat masuk melalui pori-pori dari folikel rambut.

  • Abses

Benjolan akibat abses akan terasa panas dan disertai demam. Abses merupakan bisul yang di dalamnya terdapat nanah. 

Biasanya, benjolan akan teraba sakit jika disentuh dan membutuhkan penanganan dokter.

  • Alergi

Saat ada benjolan di ketiak yang diikuti rasa gatal, itu dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan atau obat-obatan. 

Alergi juga bisa terjadi akibat produk yang digunakan pada ketiak, seperti deodoran, bahan waxing, parfum, dan sebagainya.

  • Virus

Benjolan di ketiak dapat timbul bersamaan dengan penyakit penyerta yang sedang dialami. Misalnya saja, cacar air, herpes zoster, atau AIDS.

Artikel Lainnya: Ketiak Sakit sebelum Menstruasi, Apa Penyebabnya?

  • Lipoma

Benjolan tidak sakit dan bertekstur lunak sering disebabkan oleh lipoma (kumpulan lemak antara otot dan kulit). 

Kondisi ini dapat disembuhkan dengan tindakan pembedahan jika sudah mengganggu kenyamanan Anda.

  • Kanker 

Jika benjolan teraba keras dan tidak bergerak saat disentuh serta memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, bisa jadi merupakan gejala awal dari kanker payudara. Selain itu, waspadalah dengan gejala awal dari kanker getah bening.

  • Hormon

Tak jarang wanita juga mengeluhkan adanya benjolan di ketiak saat sedang menstruasi. Tak perlu cemas, ini adalah kondisi yang normal.

Artikel Lainnya: Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Perlu Anda Tahu

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Benjolan pada Area Ketiak

Apakah Anda memiliki benjolan di ketiak? Berikut beberapa cara menghilangkan benjolan di ketiak, disesuaikan dengan penyebabnya.

  • Kompres Hangat

Hal pertama yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan mengaplikasikan kompres hangat. Kompres hangat dapat mengurangi benjolan dan nyeri. 

  • Krim Kulit

Krim kulit dari dokter juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkan benjolan pada area ketiak. Namun perhatikan, jangan menggunakan krim kulit sembarangan, ya!

  • Antibiotik

Jika penyebab benjolan di ketiak adalah infeksi, Anda akan diberikan antibiotik oleh dokter. Namun, jangan konsumsi antibiotik tanpa anjuran dan resep dokter.

  • Operasi

Salah satu penyebab benjolan pada area ketiak lainnya adalah tumor jinak seperti lipoma. Tentunya untuk menghilangkan benjolan tersebut, tindakan operasi perlu dilakukan.

  • Terapi Kanker

Penyebab benjolan pada area ketiak lainnya adalah kanker. Jika kanker, Anda perlu diterapi kemoterapi atau radiasi untuk menghilangkan benjolan pada area ketiak.

Meski umumnya tidak berbahaya, jangan sepelekan benjolan di ketiak. Segera periksakan diri jika benjolan makin besar, terasa sakit, atau timbul gejala penyerta, seperti demam dan batuk. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan penanganan yang tepat. 

Anda masih punya pertanyaan terkait benjolan di area ketiak atau masalah kesehatan lainnya? Tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

2 Komentar

  • tanta bukit

    siang dok...dok saya siska,dok saya mau nanya tentang benjolan diketiak.aq ada benjolan di ketiak sebelah kiri,aq tahu nya sekitar 4-5 tahunan,dan belakangan ini tambah kelihatan apalagi kalo diraba benjolannya sudah sebesar telur ayam kampung,dulu masi kecil sekali.tapi lembek dan lembek dok.itu apakah kelenjar getah bening atau gimana ya dok...makasi....

  • Rifky Becover

    saya memiliki benjolan tersebut awalnya kecil namun skrng sudah membesar dan jika ditekan terasa ngilu..