Sukses

Menu Sehat dan Kaya Serat untuk Anak

Serat merupakan asupan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menunjang tumbuh kembang anak.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya orang dewasa, anak juga perlu mengonsumsi serat. Sebab zat gizi tersebut berperan aktif dalam menjaga kesehatan, sekaligus menunjang pertumbuhan anak hingga dewasa.

Salah satu manfaat serat adalah menjaga kesehatan saluran cerna anak. Hal ini membuat anak lancar buang air besar, terhindar dari sembelit atau konstipasi, juga menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung, maupun stroke di kemudian hari.

Kebutuhan Serat Anak

Anak yang berusia 1–3 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 19 gram per hari. Sementara itu, anak usia 4–8 tahun memerlukan 25 gram serat per hari.

Beranjak remaja, kebutuhan serat antara anak laki-laki dan perempuan mengalami perbedaan. Di usia 9–18 tahun, anak perempuan memerlukan 26 gram serat setiap hari. Sedangkan untuk laki-laki berusia 9–13 tahun perlu 31 gram serat, dan usia 14–18 tahun membutuhkan 38 gram serat.

Menu Sehat Kaya Serat

Dalam menyiapkan menu sehat kaya serat untuk anak, pastikan Anda menghindari penggunaan santan. Sebab, dalam setiap 240 gram (1 cangkir) santan mengandung 552 kalori, di mana 479 kalorinya berasal dari lemak.

Beberapa menu sehat kaya serat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk diberikan pada anak, di antaranya:

  1. Oatmeal buah

Untuk makan pagi, Anda dapat menyiapkan semangkuk oatmeal yang dicampur susu untuk anak. Ia bisa mendapatkan kurang lebih 4 gram serat untuk setiap mangkuk oatmeal yang dikonsumsinya.

Agar anak lebih suka, Anda bisa menambahkan madu dan potongan apel ke dalam oatmeal tersebut. Sebuah apel dapat memberikan anak Anda tambahan 3,6 gram serat.

Jika ia tidak terlalu menyukai apel, Anda dapat menggantinya dengan buah pisang berukuran sedang. Buah ini mengandung sekitar 3,1 gram serat.

  1. Roti gandum

Roti gandum sangat baik untuk dijadikan menu sarapan pagi. Setiap lembar roti gandum mengandung sekitar  2 gram serat di dalamnya.

  1. Sup

Untuk makan siang, Anda dapat membuatkan anak sup yang berisi makaroni, daging, dan wortel. Sebanyak 125 gram wortel mengandung kurang lebih 3 gram serat di dalamnya.

  1. Buah pir

Sebagai makanan selingan setelah tidur siang, Anda bisa berikan sebuah pir pada anak. Buah ini mengandung 5,5 gram serat di dalamnya.

  1. Spageti gandum

Berikan anak Anda spageti yang terbuat dari gandum. Setiap 125 gram spageti gandum mengandung 2 gram serat di dalamnya.

Yuk, berikan anak asupan serat yang mencukupi, agar kesehatan dan tumbuh kembangnya terus terjaga dengan baik.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar