Sukses

Efektif dan Efisien, Ini Cara Mengasuh Anak untuk Ibu Bekerja

Ibu yang bekerja memiliki tantangan tersendiri dalam mengasuh anak. Lantas, adakah pola asuh anak untuk ibu bekerja agar tumbuh kembangnya tetap optimal?

Sosok ibu yang bekerja atau berprofesi sebagai wanita karier bukanlah hal baru di era saat ini. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, apalagi bila tujuannya untuk menunjang ekonomi keluarga.

Menjadi ibu pekerja pun tidak semudah membalikan telapak tangan. Mereka harus memenuhi tanggung jawab kantor, sekaligus memperhatikan pola asuh agar tumbuh kembang si kecil tetap optimal.

Agar kedua hal tersebut tidak saling bertabrakan, berikut ini cara mengasuh anak untuk ibu bekerja yang bisa Anda jadikan sebagai panduan:

1 dari 5 halaman

1. Sempatkan 1 atau 2 Jam untuk Anak Setiap Hari

Sesibuk apa pun pekerjaan, ingatlah bahwa Anda adalah seorang ibu yang tetap perlu memberikan perhatian kepada anak.

Untuk itu, sempatkanlah waktu untuk si kecil paling tidak 1 atau 2 jam dalam sehari. Anda bisa bercengkrama, bertukar pikiran, bermain, bercerita, atau belajar bersamanya.

Artikel Lainnya: Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Bekerja Saat Mendidik Anak

2. Hubungi Anak saat Senggang di Tempat Kerja

Menghabiskan sebagian besar waktu di tempat kerja? Jika ya, pastikan Anda tidak lupa untuk meluangkan waktu sejenak guna menelepon atau video call buah hati di rumah.

Hal tersebut dilakukan untuk sekadar memantau kondisi si kecil, sekaligus mengabarkan bahwa kondisi Anda baik-baik saja di kantor. Dengan demikian, si kecil akan merasa tenang dan lebih diperhatikan.

2 dari 5 halaman

3. Upayakan Kebutuhan Gizi Anak Tetap Terpenuhi

Walaupun terus berada di tempat kerja, bukan berarti Anda tidak memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Di era teknologi seperti saat ini, Anda tetap dapat memesan makanan sehat untuk si kecil secara daring.

4. Habiskan Waktu Libur Bersama Anak

Saat akhir pekan atau hari libur, habiskan waktu Anda bersama si kecil untuk melepaskan penat sekaligus mengobati kerinduan anak akan sosok ibunya.

Hindari tetap bekerja di hari libur, dengan mengupayakan semua tugas terselesaikan tepat waktu. Dengan demikian, Anda dapat fokus terhadap keluarga saat hari libur tiba.

Artikel Lainnya: 4 Tips Sukses Ibu Bekerja Memberikan ASI Eksklusif bagi Bayi

3 dari 5 halaman

5. Berbagi Tugas dengan Pasangan

Berbagi tugas dengan pasangan sangat penting, karena pada dasarnya mengasuh anak membutuhkan kerja sama antara keduanya.

Ada hal yang dapat dikerjakan sendiri, ada pula yang perlu bantuan dari pasangan Anda. Jangan ragu untuk berdiskusi terkait pembagian tugas mengasuh anak dengan pasangan.

6. Minta Bantuan Orang Terdekat

Jika Anda dan pasangan sedang sangat sibuk, mintalah bantuan orang terdekat untuk mengurus si kecil di rumah. Anda dapat meminta bantuan dari keluarga ataupun teman dekat.

Sebagai timbal balik, Anda juga harus bersedia jika ada keluarga dan teman yang membutuhkan bantuan.

Artikel Lainnya: Tips Mempererat Ikatan dengan Anak untuk Ibu Bekerja

4 dari 5 halaman

7. Beri Penjelasan Kepada Anak Mengenai Pekerjaan Anda

Jelaskan kepada anak mengenai alasan mengapa Anda harus bekerja. Ceritakan juga tentang pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari.

Hal tersebut akan membuat anak lebih mengerti dan menerima bahwa orang tuanya harus bekerja karena ada alasan tersebut.

Buat pula peraturan di rumah, sehingga anak tetap menjalankan tanggung jawabnya sekalipun orang tuanya sedang bekerja.

Jika Anda kesulitan dalam menerapkan pola asuh anak untuk ibu bekerja, tak perlu sungkan untuk minta saran dokter. Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi kepada dokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar