Sukses

Ingin Panjang Umur? Yuk, Adopsi Anjing!

Memelihara anjing ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh, cek penjelasannya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bicara soal panjang umur, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memelihara seekor anjing dapat membuat masa hidup seseorang menjadi lebih lama. Selama 12 tahun, penelitian ini melakukan studinya terhadap 3,4 juta orang Swedia.

Para periset melaporkan bahwa orang yang memelihara anjing memiliki kemungkinan meninggal karena penyakit jantung atau penyakit lainnya lebih kecil 11 persen, ketimbang mereka yang tidak memelihara anjing. Meski begitu, penelitian ini tidak dapat membuktikan sebab dan akibat kenapa seseorang lebih panjang umur.

Namun, peneliti mengatakan terdapat banyak alasan mengapa anjing dapat membuat tubuh lebih sehat. “Kami tahu bahwa pemelihara anjing pada umumnya memiliki tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi. Hal ini bisa menjadi salah satu penjelasan terhadap hasil pengamatan,” kata Tove Fall, seorang profesor epidemiologi di Universitas Uppsala.

Fall menambahkan, bahwa dalam tubuh seseorang terdapat triliunan mikrobiom bakteri yang membantu menjaga kesehatan seseorang. Dari kontak sosial dan timbulnya rasa bahagia yang dialami pemelihara anjing tersebut, mikrobiom bakteri pun akan bekerja.

Senada dengan hal ini, para ahli di Amerika Serikat juga sepakat dengan temuan yang dilakukan.

“Stres dapat diatasi melalui persahabatan (antara anjing dan manusia) yang pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Jadi tidak mengherankan jika pemilik anjing menunjukkan risiko penyakit jantung yang lebih rendah,” kata dr. Satjit Bhusri, seorang ahli jantung di Lenox Hill Hospital di New York City.

Sementara itu, sebuah studi di China menemukan bahwa mereka yang memiliki anjing memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari dan jarang terkena penyakit. Sehingga, para pemelihara anjing memiliki kadar kolesterol lebih rendah dan lebih mungkin untuk bertahan dalam serangan jantung.

Tidak hanya kondisi fisik yang terdampak akibat dari memelihara anjing. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berinteraksi dengan hewan peliharaan saat bekerja memiliki tingkat stres lebih rendah.

Sementara orang yang tidak membawa hewan peliharaan memiliki tingkat stres yang terus meningkat, seiring berjalannya waktu.

Nyatanya, hanya dalam 15 menit hewan peliharaan terbukti dapat mengurangi stres dan memperbaiki mood Anda. Bermain dengan binatang peliharaan membantu meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di dalam tubuh yang menimbulkan perasaan bahagia.

Selain membuat panjang umur, terlepas dari manfaat kesehatan yang Anda dapatkan, memelihara anjing juga bisa memberi makna hidup yang lebih dalam. Anjing bisa mengajari Anda tentang cinta, kesetiaan dan persahabatan. Adanya seekor anjing masuk dalam hidup Anda memberikan manfaat yang jauh lebih besar daripada potensi negatif yang dimilikinya.

[NP/ RVS]

1 Komentar