Sukses

Mana Lebih Aman, Kopi Arabika atau Robusta?

Meskipun lebih digemari karena rasanya, kopi arabika ternyata mengandung lebih banyak lemak dan gula dibanding kopi robusta.

Bagi para pencinta kopi, tentunya istilah kopi arabika dan robusta sudah tidak asing lagi di telinga. Ternyata perbedaan arabika dan robusta tidak hanya terletak pada rasanya, tetapi juga dalam hal keamanan untuk lambung. Lalu, manakah yang lebih aman untuk lambung, kopi arabika atau robusta?

Akhir-akhir ini, jumlah pencinta kopi semakin banyak. Tidak hanya sebatas pada kebutuhan konsumsi, kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Di kota-kota besar maupun di desa, kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari.

Kopi apa pun jenisnya, baik itu kopi arabika atau robusta, dapat memiliki efek samping untuk kesehatan. Salah satunya untuk kesehatan lambung. Dikatakan, kopi bisa mencetuskan pengeluaran asam lambung sehingga bagi penderita asam lambung atau maag, konsumsi kopi harus lebih berhati-hati.

Namun, perlu diketahui bahwa efek kopi terhadap kesehatan lambung berbeda-beda karena dipengaruhi oleh jenis kopi itu sendiri. 

Artikel Lainnya: Jaga Kesehatan Lambung dengan Cara Ini

Di antara banyak sekali jenis kopi yang ada di dunia ini, ada dua kopi yang paling populer, yaitu arabika dan robusta. Berikut penjelasan mengenai perbedaan arabika dan robusta.

1 dari 4 halaman

Kopi Arabika

Kopi arabika umumnya tumbuh di dataran tinggi dan dingin. Kopi arabika lebih banyak digemari oleh masyarakat secara umum. Itulah sebabnya dari segi perdagangan dan permintaan pasar, kopi arabika menguasai hingga 70 persen produksi kopi dunia.

Bahkan, sebagian besar tenant kopi terkenal menggunakan jenis kopi arabika karena aroma yang lebih harum dan rasanya yang tidak terlalu pahit. Aroma kopi arabika tidak monoton, ada aroma campuran cokelat, buah, hingga karamel. Namun, terkadang proses pengolahan yang kurang tepat dapat memudarkan aroma asli kopi arabika.

Artikel Lainnya: Penderita Hipertensi Bolehkah Tetap Minum Kopi? 

2 dari 4 halaman

Kopi Robusta

Kopi robusta dapat tumbuh di mana saja dengan biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi arabika. Itulah sebabnya harga kopi robusta jauh lebih murah ketimbang kopi arabika.

Dari segi rasa, kopi robusta memiliki rasa yang lebih kuat (pahit dan asam). Inilah alasan mengapa kopi ini lebih gemari oleh para pencinta kopi pahit. Terutama bagi orang-orang yang ingin melek dengan kopi, kopi robusta akan lebih membuat Anda terjaga dibandingkan kopi arabika.

3 dari 4 halaman

Kopi Arabika atau Robusta, Mana yang Lebih Aman?

Manakah jenis kopi yang lebih aman untuk lambung? Kopi arabika atau robusta? Arabika mengandung kadar kafein dan asam klorogenat yang lebih rendah dibandingkan dengan robusta. Karena itu, kopi arabika lebih aman untuk lambung Anda.

Artikel Lainnya: Perhatikan! Beda Jenis Kopi, Beda Pula Kandungan Kafeinnya

Namun, kopi arabika mengandung kadar lemak dan gula yang lebih tinggi dibandingkan kopi robusta. Sehingga dari jumlah kalori, tentunya kopi arabika memiliki kadar yang lebih tinggi ketimbang robusta. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, mungkin kopi robusta lebih cocok untuk Anda.

Selain itu, Anda juga perlu tahu tips minum kopi agar lebih nikmat dan aman untuk kesehatan. Konsumsilah kopi secukupnya saja. Karena menurut penelitian, minum kopi berlebihan (lebih dari 500 mg kafein) justru dapat memicu nyeri kepala dan rasa lelah. 

Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari sebelum sarapan, berhati-hatilah. Pasalnya, kopi bersifat asam sehingga dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan nyeri ulu hati.

Jadi, baik kopi arabika atau robusta memiliki kelebihannya masing-masing. Anda dapat mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

Masih memiliki pertanyaan seputar topik ini? Silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar