Sukses

Plus-Minus Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu

Gula darah sewaktu adalah salah satu jenis pemeriksaan gula darah yang dapat dilakukan. Apa saja manfaat dan kerugiannya?

Klikdokter.com, Jakarta Diagnosis dari penyakit diabetes sangat tergantung dari hasil pemeriksaan gula darah. Saat ini, terdapat beberapa jenis pemeriksaan gula darah yang tersedia, antara lain pemeriksaan GDP (gula darah puasa), GDS (gula darah sewaktu), HbA1C, dan TTGO (tes toleransi glukosa oral). Mari ketahui lebih lanjut soal GDS!

Diabetes dapat menimbulkan beberapa gejala klasik, yaitu poliuria (sering BAK), polidipsia (sering haus dan minum), polifagia (sering lapar dan makan), dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Tanpa adanya gejala klasik tersebut, umumnya pasien akan dites menggunakan TTGO (dan dapat dipertimbangkan menggunakan jenis tes lainnya). Jika disertai gejala klasik diabetes, pemeriksaan gula darah sewaktu dapat digunakan untuk mendiagnosis, terutama jika hasilnya ≥ 200 mg/dL.

Pemeriksaan gula darah sewaktu memiliki beberapa nilai plus. Salah satunya adalah kenyamanan karena pemeriksaan ini dapat dilakukan kapanpun. Pasien pun tidak memerlukan puasa sebelum diperiksa.

Bahkan, saat ini banyak tersedia glukometer yang dapat memeriksa gula darah hanya dengan tusukan kecil pada jari tangan. Pemeriksaan glukometer mudah dilakukan dan hasil langsung keluar pada monitornya sehingga dapat dilakukan oleh siapa pun, kapanpun, dan di manapun.

Namun di sisi lain, pemeriksaan gula darah sewaktu juga memiliki beberapa nilai minus. Sesuai dengan namanya, pemeriksaan ini hanya dapat mengukur keadaan gula darah dalam satu waktu tertentu.

Hasil pemeriksaan ini pun mudah berubah dengan perubahan pola hidup dalam waktu singkat dan makanan yang dikonsumsi. Di samping itu, hasil pengukurannya terkadang kurang sensitif. Untuk keperluan diagnosis, pemeriksaan gula darah sewaktu hanya disarankan pada pasien yang memiliki gejala klasik.

Pemeriksaan gula darah sewaktu memang memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan dalam penggunaannya. Jika Anda merasa memiliki gejala diabetes ataupun hasil pemeriksaan gula darah sewaktu tidak normal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar