Sukses

Daftar Makanan Super yang Perlu Dikonsumsi Wanita

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis makanan super yang dapat melindungi kesehatan wanita?

Klikdokter.com, Jakarta Mengonsumsi makanan sehat dan tinggi gizi adalah hal yang penting bagi semua orang. Namun, wanita mungkin lebih membutuhkan pola makan yang sehat. Hal ini karena wanita, pada masanya, akan mengalami perubahan seperti kehamilan, risiko tulang rapuh hingga kanker payudara.

Asal memilih makanan “sehat” saja tidak cukup. Apalagi seiring berjalannya usia, perubahan fisik dan ketahanan tubuh wanita pasti ikut menurun. Mengutip WebMD, ada beberapa jenis makanan yang merupakan makanan super yang baik untuk wanita. Jika dikonsumsi dengan benar, makanan tersebut dapat melindungi wanita dari berbagai risiko penyakit.

Apa saja makanan yang termasuk dalam kategori tersebut?

1. Kacang-kacangan

Jenis makanan yang satu ini memang telah lama dikenal sebagai teman diet yang setia. Kacang-kacangan mengandung banyak protein dan tak memiliki lemak. Bahkan dari segi harga, jenis makanan ini cenderung lebih murah dibanding makanan lain.

Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi. Jika Anda rutin mengonsumsinya, kacang-kacangan bisa menurunkan tekanan darah dan gula darah serta dapat menstabilkan detak jantung.

2. Pepaya

Pepaya memiliki warna merah-oranye, yang dipercaya merupakan tanda dari kandungannya. Pepaya disebut mengandung beta-karoten (seperti dalam wortel) dan likopen (yang ada pada tomat dan semangka).

Likopen mampu menurunkan risiko terkena kanker serviks dan kanker payudara. Pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga tingkat kolesterol dan tekanan darah Anda lebih seimbang. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung pun akan berkurang.

3. Yoghurt polos dan rendah lemak

Seiring bertambahnya usia, Anda membutuhkan lebih banyak kalsium terutama saat memasuki usia di atas 50 tahun. Dan yoghurt adalah jawabannya. Mengonsumsi, bahkan hanya 8 ons yoghurt murni, dapat memberi Anda lebih dari sepertiga kebutuhan kalsium tubuh.

Pastikan Anda mengonsumsi yoghurt yang polos dan rendah lemak, serta diperkaya dengan vitamin D, untuk membantu tubuh Anda menggunakan mineral lebih baik.

4. Ikan sarden

Ikan sarden merupakan sumber asam lemak sehat, di antaranya vitamin D dan kalsium. Sebagai salah satu makanan super untuk wanita, ikan sarden bagus dikonsumsi selama Anda hamil. Sebab kandungan lemak omega-3 dari ikan ini dapat meningkatkan kualitas ASI. Ikan sarden juga baik untuk bayi dan ibu selama menyusui.

5. Alpukat

Alpukat memang dikenal sebagai buah yang penuh lemak. Namun sesungguhnya, lemak yang terdapat dalam alpukat dibutuhkan oleh tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya alpukat dapat membantu menyingkirkan lemak perut dan melindungi mata dan kulit Anda. Mengonsumsi alpukat bahkan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol "jahat" dan meningkatkan kolesterol "baik".

6. Ubi

Ubi adalah satu makanan sehat lain yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Bagaikan paket lengkap, ubi mengandung serat, vitamin B6, dan potasium.

Selain itu, makanan ini juga mengandung beta-karoten dan sumber vitamin A yang baik. Ubi cocok untuk dikonsumsi selama kehamilan sebab dapat membantu menjaga kebersihan paru-paru bayi yang tengah dikandung.

7. Bayam

Bayam mengandung folat yang dapat menurunkan risiko demensia, penyakit jantung, dan kanker usus besar. Di samping itu, bayam juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan penglihatan dan kulit.

Rutin mengonsumsi bayam dapat melindungi lensa dan retina di mata Anda, bahkan bisa menangkal beberapa keriput di kulit.

Demikianlah beberapa makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi wanita. Masukkan dalam diet Anda sehari-hari, dan rasakan manfaatnya pada tubuh.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar