Sukses

Mengapa Vagina Terasa Gatal Saat Haid?

Gatal-gatal pada vagina saat haid memang sangat mengganggu. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami gatal yang tak tertahankan di sekitar vagina? Apa rasa gatal tersebut akan semakin menjadi saat Anda haid? Jika jawabannya ya, itu adalah satu hal yang normal dan biasa terjadi.

Gatal pada vagina selama haid memang kerap mengganggu dan membuat tidak nyaman. Menurut dr. Fiona Amelia MPH, vagina yang terasa gatal, baik sebelum, selama, atau bahkan setelah haid, muncul akibat vagina kering, infeksi jamur atau perubahan hormonal. Faktor-faktor tersebut dapat memicu reaksi yang kemudian dikenali oleh otak sebagai rasa gatal.

Selama wanita memasuki masa haid, ada banyak perubahan yang terjadi di seputar area kewanitaan, termasuk vagina dan rahim. Gatal selama masa haid juga bisa terjadi karena vagina yang lembap dan kurang terjaga kebersihannya. Faktor lain yang dapat memicu rasa gatal adalah penggunaan pembalut yang salah, sehingga memicu terjadinya iritasi atau alergi.

Selama masa haid, perubahan hormon yang terjadi pun turut andil dalam memicu gatal di seputar vagina. Kadar hormon estrogen yang rendah selama masa haid cenderung membuat vagina lebih kering dan mudah iritasi. Sementara pada akhir masa haid, estrogen akan mencapai kadar terendahnya dan dapat membuat vagina sangat gatal.

Untuk mengurangi frekuensi gatal, pastikan Anda memelihara kebersihan dan kelembapan pakaian dalam. Selain itu, jagalah kebersihan area kelamin menggunakan sabun dengan pH normal (5,5) yang tidak mengandung antiseptik atau pewangi. Sebagai gantinya, pilihlah sabun pencuci vagina yang mengandung asam laktat.

Biasakan pula untuk membilas vagina dengan air mengalir dari arah depan ke belakang, untuk mencegah terjadinya infeksi. Sebisa mungkin hindari menggaruk area yang gatal agar vagina tidak iritasi dan akhirnya memicu infeksi. Menggaruk vagina pun dapat menyebabkan infeksi menyebar dengan cepat dan sangat berbahaya.

Di samping itu, rutinlah mengganti pembalut Anda selama masa haid, minimal tiga kali dalam satu hari. Hindari menggunakan pembalut yang memiliki kandungan parfum yang tinggi. Memilih pakaian dalam yang nyaman dan terbuat dari bahan katun juga dapat membantu mengurangi rasa gatal selama haid.

Jika gatal yang Anda alami disebabkan oleh fluktuasi hormonal, biasanya gatal akan menghilang beberapa hari setelah selesai haid. Namun jika gatal masih terus mengganggu, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Bisa jadi itu adalah tanda adanya infeksi atau peradangan di sekitar vagina.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar