Sukses

3 Gejala Kanker Serviks yang Perlu Anda Tahu

Hingga saat ini kanker serviks masih menjadi momok bagi banyak wanita. Seperti apa gejala penyakit ini?

Klikdokter.com, Jakarta Kata ‘kanker serviks’masih terdengar menakutkan bagi kebanyakan orang. Sayangnya, gejala penyakit mematikan ini kerap tidak terdeteksi lebih awal danbaru diketahui ketika sudah mencapai stadium lanjut. Padahal, jika saja mengetahuinya lebih dini dapat membantu memaksimalkan hasil pengobatan.

Mengapa kanker serviks lebih sering ditemukan pada stadium lanjut? Pada dasarnya, fase awal kanker memang jarang menimbulkan gejala yang khas.Keluhan baru akanterasa berat ketika sudah memasuk fase lanjut.

Meski demikian, ada beberapa tanda yang perlu Anda tahu, seperti:

  • Pendarahan secara tidak normal dari jalan lahir. Hal ini meliputi keluarnya darah setelah berhubungan seksual, setelah menopause, terdapat pendarahan atau bercak darah saat tidak sedang haid, serta periode haid yang lebih lama dengan volume darah keluar lebih banyak dari biasanya.
  • Adanya cairan berbau amis dari jalan lahir yang bisa saja bercampur dengan darah dan terjadi saat wanita sedang haid atau setelah menopause.
  • Keluhan nyeri saat sedang berhubungan seksual juga kerap muncul.

Gejala yang disebutkan tidak selalu berarti kanker serviks. Namun, apabila ditemukan keluhan seperti diatas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan guna mengetahui kemungkinan gejala kanker serviks.

Pemeriksaan papsmearbagi Anda yang sudah pernah berhubungan seksual juga wajib dilakukan untuk mengetahui apakah terdeteksi adanya gejala kanker atau tidak. Sebaiknya jangan menunggu sampai kanker seviks berkembang.

Lakukanlah pemeriksaan secara rutin usai gejala muncul.Dengan mengetahui keberadaan kanker serviks lebih dini, Anda dapat melakukan pengobatan sesegera mungkin. Jagalahselalu pola makan dan terapkan pola hidup sehat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

[NP/ RH]

 

0 Komentar

Belum ada komentar