Sukses

5 Kebiasaan Pagi yang Picu Berat Badan Naik

Hati-hati, kebiasaan pagi Anda berikut ini malah bisa membuat berat badan naik.

Klikdokter.com, Jakarta Pagi adalah waktu yang paling baik untuk mengawali segala hal, termasuk menurunkan berat badan. Berhati-hatilah, kebiasaan pagi Anda bisa saja menjadi pemicu berat badan naik dan mengacaukan proses mendapatkan berat badan yang ideal.

Menurut Susan Peirce Thompson, Ph.D., seorang ahli dari Institute for Sustainable Weight Loss, kebiasaan pagi hari benar-benar berdampak pada apa yang akan Anda lakukan di sepanjang hari. Memulai pagi dengan kebiasaan yang salah dapat membuat program diet Anda tak efektif, bahkan gagal.

Hal ini tentu menyebalkan, apalagi kebiasaan pagi hari tersebut dapat memicu berat badan naik. Untuk itu, hindari lima kebiasaan pagi ini agar berat badan yang Anda impikan segera terwujud.

1. Tidur berlebihan

Mengutip dari Women’s Health, kurang tidur di malam hari dapat membuat berat badan naik. Hal itu terjadi karena peningkatan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat merangsang nafsu makan menjadi lebih tinggi. Namun sebaliknya, terlalu banyak tidur pun dapat membuat berat badan naik.

Sebuah studi di jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur berlebihan, hingga lebih dari 10 jam, dapat meningkatkan risiko obesitas. Sehingga, lama tidur saat malam hari yang direkomendasikan adalah secukupnya saja, yaitu tujuh hingga sembilan jam.

2. Kurang cahaya matahari

Paparan cahaya matahari pagi telah terbukti dapat membuat suasana hati Anda sepanjang hari menjadi lebih baik. Lebih dari itu, matahari pagi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Studi dari PLOS One menjelaskan bahwa membiarkan jendela kamar Anda tertutup rapat di pagi hari dapat menghilangkan kesempatan tubuh mendapatkan manfaat dari sinar matahari. Peneliti menemukan bahwa orang yang sering terpapar sinar matahari pagi cenderung lebih cepat dalam menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, peneliti menyebut tak butuh waktu lama untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari dalam menurunkan berat badan. Anda hanya butuh 20 sampai 30 menit berada di bawah sinar matahari setiap paginya.

3. Tidak merapikan tempat tidur

Sebuah survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa orang yang selalu merapikan tempat tidur di pagi hari akan memiliki tidur yang lebih nyenyak. Dan tidur yang nyenyak serta berkualitas berhubungan langsung dengan proses penurunan berat badan.

4. Anda tidak menimbang berat badan

Kebiasaan yang satu ini perlu selalu Anda lakukan untuk memastikan berapa banyak kalori yang harus Anda bakar setiap harinya. Riset yang dilakukan oleh Universitas Cornell mengamati 162 wanita dan pria yang kelebihan berat badan selama dua tahun.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang terbiasa menimbang berat badan di pagi hari cenderung lebih berhasil dalam menurunkan berat badan.

Dengan menimbang, Anda akan mengetahui secara pasti berat badan Anda. Jika ternyata masih banyak yang harus dikurangi, Anda pun akan lebih berhati-hati dan menjaga pola makan agar berat badan tidak terus bertambah.

5. Melewatkan sarapan

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda tidak melewatkan sarapan. Penelitian mengungkap, orang yang rutin sarapan dengan menu sehat sebesar 600 kalori cenderung tidak cepat lapar sepanjang hari. Menu sarapan yang direkomendasikan terdiri dari protein tanpa lemak, karbohidrat dan sedikit makanan manis.

Lima hal di atas merupakan kebiasaan pagi hari yang banyak dilakukan orang dan nyatanya berpotensi memicu berat badan naik. Jika Anda tidak ingin berat badan terus bertambah, hindari lima poin di atas dan lakukan hal sebaliknya. Yuk, ganti kebiasaan pagi hari menjadi lebih teratur dan sehat!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar