Sukses

Minum Analgesik Terlalu Sering Picu Gangguan Telinga?

Benarkah minum analgesik terlalu sering berbahaya bagi telinga?

Klikdokter.com, Jakarta Di Indonesia, begitu mudah orang mendapatkan berbagai jenis obat tanpa melalui resep dokter. Termasuk obat-obat antinyeri atau analgesik, yang dapat dengan mudah dibeli di apotek.

Apakah itu analgesik? Analgesik adalah golongan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS). Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri serta mengurangi peradangan.

Obat analgesik biasa digunakan untuk mengobati sakit kepala, cedera olahraga, nyeri akibat pengapuran, nyeri telinga, nyeri pascaoperasi, dan masih banyak lainnya. Apabila dikonsumsi dengan dosis, durasi, dan indikasi yang tepat, obat analgesik dapat memberikan dampak yang positif.

Hampir setiap obat memiliki efek samping yang mungkin saja bisa terjadi. Dampak yang cukup sering muncul pada penggunaan OAINS adalah luka pada lambung, gangguan fungsi ginjal, reaksi alergi, dan komplikasi kardiovaskular. Selain itu, pengobatan OAINS dosis tinggi, terutama aspirin, ternyata memiliki sifat ototoksik atau mampu merusak sistem pendengaran.

Gangguan pendengaran yang paling sering terjadi akibat konsumsi aspirin dosis tinggi adalah tinitus (seperti terdengar dengungan di telinga) dan penurunan fungsi pendengaran. Derajat keparahan dari penurunan fungsi pendengaran berhubungan dengan tingkat salisilat (senyawa aktif pada aspirin) di dalam darah.

Penggunaan OAINS dengan dosis yang berlebihan memang dapat memicu gangguan telinga dalam, tinitus, serta penurunan fungsi pendengaran. Namun, efek samping ini biasanya bersifat transien (sementara) dan dapat diperbaiki dengan menghentikan konsumsi OAINS.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami rasa nyeri dan memerlukan obat pereda rasa nyeri, konsultasikanlah dahulu dengan dokter. Tujuannya adalah agar dapat diberikan dosis optimal, durasi pemberian obat yang sesuai, dan indikasi yang tepat. Seperti yang telah diketahui, konsumsi obat yang tidak sesuai dosisnya dapat berdampak negatif bagi tubuh Anda, tak terkecuali analgesik.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar