Sukses

Apakah Berat Badan Bisa Turun dengan Berenang?

Banyak orang menjadikan renang sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, apakah itu efektif?

Berat badan yang ideal tentu menjadi idaman semua orang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Anda tentu sudah tahu bahwa untuk mendapatkan berat badan yang sehat, pengaturan pola makan dan berolahraga sangatlah penting.

Salah satu olahraga yang dianggap dapat membantu penurunan berat badan dengan cepat adalah berenang. Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan renang, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. 

 

1 dari 3 halaman

Bisakah Menurunkan Berat Badan dengan Berenang?

Anda mungkin sedang giat-giatnya rutin berenang demi mendapatkan tubuh ideal. Diet dengan berenang memang menyenangkan sekaligus mampu membakar kalori secara efektif. 

Ya, seperti olahraga lainnya, berenang dapat membantu pembakaran kalori. Pembakaran kalori yang dihasilkan saat berenang berbeda-beda tergantung dari berat badan individu dan gerakan renang yang dilakukan.

Artikel Lainnya: Intermittent Fasting, Benarkah Efektif Turunkan Berat Badan?

Misal, seseorang dengan berat 60 kg yang berenang gaya bebas selama 1 jam dengan intensitas cepat dapat membakar hingga 590 kalori. Jika dilakukan dengan intensitas lebih pelan, maka bisa membakar 413 kalori.

Sedangkan seseorang dengan berat badan 80 kg yang yang berenang gaya bebas selama 1 jam dengan intensitas cepat dapat membakar hingga 817 kalori. Jika dilakukan dengan intensitas lebih pelan, maka bisa membakar 572 kalori.

Selain itu, gerakan dan tahanan terhadap air yang dihasilkan saat berenang akan ‘memaksa’ otot Anda untuk bekerja lebih ekstra.

Sebagai contoh, berenang dengan gaya dada dan gaya kupu-kupu dapat melatih otot bahu, lengan, dan dada Anda. Sementara berenang dengan gaya punggung dapat melatih otot punggung, perut, dan lengan. Massa otot yang terbentuk tersebut akan membantu pembakaran kalori yang lebih efektif.

Artikel Lainnya: 4 Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Diet

2 dari 3 halaman

Bagaimana Berenang Dapat Membakar Banyak Kalori?

Sekarang Anda sudah tahu bahwa membakar kalori dengan berenang itu bisa dilakukan. Namun, bagaimana berenang dapat membakar banyak kalori?

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Exercise Rehabilitation pada tahun 2015, disebutkan bahwa wanita yang berenang tiga kali seminggu dapat membakar lemak lebih banyak pada area pinggang dan pinggul dibandingkan mereka yang memilih olahraga jogging selama tiga kali seminggu.

Studi lain yang dipublikasikan di jurnal yang sama juga mendukung hal tersebut. Para peneliti melaporkan, partisipan yang meluangkan waktu untuk berenang selama 1 jam 3 kali seminggu mengalami penurunan massa lemak yang signifikan dalam 12 minggu.

Selain itu, partisipan juga melaporkan mengalami penurunan kadar kolesterol, peningkatan daya tahan serta fleksibilitas.

Artikel Lainnya: 5 Olahraga Ini Bakar Kalori Lebih Banyak dari Lari

Namun, penurunan berat badan yang dihasilkan dari berenang bergantung dari intensitas olahraga Anda.

Berenang dengan intensitas cepat dan tinggi selama satu jam dapat membakar kalori Anda hingga 800 kalori. Jika Anda lakukan secara rutin empat kali seminggu, Anda dapat mengalami penurunan berat badan 1,5–2 kg dalam sebulan. Jadi, Anda perlu membakar sekitar 3,500 kalori untuk menurunkan 0,5 kg berat badan.

Manfaat lainnya dari berenang adalah olahraga ini tergolong low impact. Beban terhadap pinggul, lutut, dan kaki lebih rendah dibandingkan olahraga high impact yang dapat meningkatkan risiko cedera.

Oleh karena itu, berenang bisa menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang memiliki arthritis sehingga tidak menambah beban berlebih pada sendi. Selain membantu penurunan berat badan, berenang juga dapat menjaga kesehatan jantung dan menguatkan otot.

Cara menurunkan berat badan dengan renang memang efektif. Meski begitu, Anda harus memperhatikan intensitasnya dan melakukannya secara rutin agar berat badan ideal dapat tercapai.

Jika ingin berat badan turun secara signifikan, usahakan untuk berenang dengan intensitas tinggi dan cepat selama satu jam serta lakukan secara rutin.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar cara menurunkan berat badan yang sehat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar