Sukses

Minum Kopi Sebelum Olahraga, Amankah?

Menurut penelitian, kopi baik dikonsumsi sebelum olahraga. Tapi, ada syarat yang harus Anda patuhi. Seperti apa syaratnya?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang menganggap bahwa minum kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan performa. Kopi juga dipercaya ampuh mendongkrak stamina dan semangat saat olahraga.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang anjuran olahraga pada orang dewasa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan olahraga sebagai suatu aktivitas fisik untuk melatih tubuh agar lebih prima dan sehat.

WHO menganjurkan orang dewasa usia 18–64 tahun untuk berolahraga selama 150 menit aktivitas fisik sedang, atau 75 menit aktivitas fisik berat dalam satu minggu.

Untuk dapat berolahaga dengan baik, tubuh membutuhkan energi dan stamina yang cukup. Tapi bagi orang yang memiliki kesibukan cukup padat, energi kerap habis sebelum mulai olahraga. Karena itu, banyak yang mengonsumsi kopi sebagai solusi.

Konsumsi kopi sebelum olahraga memang telah diuji melalui penelitian. Salah satunya yaitu jurnal Sports Medicin  pada tahun 2014.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kafein dalam dosis rendah merupakan suatu suplemen yang dapat meningkatkan mood, stamina, dan semangat tubuh dalam berolahraga. Kopi juga tidak memberikan efek samping.

Takaran kopi yang dapat ditoleransi tubuh dengan baik selama olahraga yaitu sekitar 200 mg kafein, atau setara dengan 1–2 cangkir kopi. Jurnal PLOS ONE, tahun 2013, juga menyebutkan, minum kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan performa dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga.

Meski demikian, dr. Jessica Florencia mengatakan bahwa konsumsi makanan dan minuman sehat dan rendah gula sebelum olahraga dapat memberikan manfaat yang optimal. Lagipula, hal itu tetap aman untuk tubuh yang hendak olahraga.

Ingin menyeruput kopi sebelum olahraga untuk menambah stamina? Tak masalah. Tapi pastikan Anda minum kopi rendah gula. Hal ini penting agar Anda tidak mengonsumsi gula secara berlebihan dan kesehatan tetap terjaga. Selamat berolahraga!

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar