Sukses

3 Bahan Alami Ini Ampuh sebagai Pembersih Kulkas

Kulkas yang tak rutin dibersihkan malah bisa jadi sumber penyakit. Gunakan 4 bahan alami ini sebagai pembersih kulkas Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Kulkas yang tak rutin dibersihkan bisa jadi sumber penyakit. Sebagai satu perlengkapan rumah tangga yang penting, kebersihan kulkas haruslah selalu terjaga. Sebab, kulkas yang tak rutin dibersihkan bisa berdampak terhadap makanan yang disimpan di dalamnya, akibatnya bisa menggangu kesehatan Anda. Agar aman, sebaiknya gunakanlah bahan pembersih alami untuk membersihkan kulkas Anda.

Anda pasti setuju bahwa kulkas adalah ‘benda ajaib’ yang dapat memudahkan hidup. Sebab Anda bisa menyimpan bahan makanan dan minuman, bahkan obat-obatan tertentu, di dalam kulkas dan membuatnya lebih tahan lama.

Namun hati-hati, jika kebersihan kulkas tidak dijaga, bahan-bahan yang Anda simpan tersebut akan terkontaminasi bakteri penyebab penyakit. Saat Anda memakannya, bakteri pun akan pindah ke tubuh dan mengacaukan kesehatan.

Untuk itu, rutinlah mengecek kebersihan dari kulkas di rumah Anda. Mengutip dari Liputan6.com, Anda dapat mencoba 4 bahan alami berikut ini sebagai pembersih untuk mendapatkan kulkas yang lebih sehat.

1. Lemon

Buah lemon memiliki asam alami yang dapat dijadikan zat pembersih yang kuat. Bahkan, kandungan  asam dalam buah lemon mampu menghilangkan bakteri, kotoran dan bau tak sedap.

Untuk membersihkan kulkas Anda, siapkanlah 3 buah lemon dan 2 cangkir air hangat. Kemudian peraslah lemon dan campurkan dengan air hangat. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan mulai bersihkan kulkas yang telah dikosongkan.

Semprotkan campuran lemon dan air hangat tersebut ke sudut-sudut kulkas dan diamkan selama lima menit. Kemudian gosok dengan handuk atau kain bersih.

2. Minyak zaitun dan lemon

Bahan lain yang dapat Anda coba adalah campuran antara lemon dan minyak zaitun. Campuran kedua bahan alami sederhana ini sangat ideal untuk membersihkan permukaan lemari es yang berbahan stainless steel. Komponen ini menghilangkan kotoran bekas tumpahan tanpa merusak bahan atau meninggalkan residu yang berminyak.

Campurkan 4 sdt minyak zaitun (sekitar 64g) dengan 3 sdt air lemon (30 ml) ke dalam piring atau wadah lainnya. Kemudian, gosok campuran ke permukaan kulkas dengan bantuan kain lembut. Biarkan selama sepuluh menit, lalu bersihkan dengan kain yang sedikit lembap. Biarkan permukaan kulkas kering sebelum Anda kembali memasukkan isinya.

3. Soda kue (baking soda)

Kandungan sodium bikarbonat dalam soda kue memiliki sifat antibakteri. Hal tersebut menjadikan soda kue sebagai satu solusi terbaik untuk membersihkan dan mendisinfeksi lemari es.

Siapkan 3 sdt soda kue (30 g) dan 2 gelas air hangat (500 ml). Kemudian campur baking soda dengan air hingga larut. Celupkan spons ke dalam larutan baking soda, lalu gosok ke dinding dan kompartemen kulkas.Biarkan selama lima menit, lalu bersihkan dengan kain yang mudah menyerap.

Nah, tak butuh banyak bahan dan waktu yang lama kan untuk mendapatkan kulkas yang bebas dari bakteri? Gunakanlah empat bahan alami di atas sebagai pembersih kulkas Anda. Yuk, selalu perhatikan kebersihan kulkas beserta isinya agar terhindar dari bakteri yang bisa mengganggu kesehatan.

Baca artikel bertema sama di sini.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar