Kesehatan Anak

Awas, 5 Jajanan Ini Bikin Anak Susah Tidur

dr. Sara Elise Wijono MRes, 08 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makanan dapat memengaruhi waktu tidur anak. Mengingat waktu tidur penting bagi anak, sebaiknya hindari jajanan yang membuat anak susah tidur

Awas, 5 Jajanan Ini Bikin Anak Susah Tidur

Waktu tidur yang disarankan untuk setiap anak berbeda-beda, tergantung pada usianya. Anak usia sekolah disarankan untuk tidur selama 9-11 jam, balita 10-13 jam, dan bayi 11-14 jam dalam sehari. Anak susah tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya mengonsumsi jajanan sebelum tidur.

Jika mendekati jam tidur anak mengonsumsi makanan atau jajanan, hal ini bisa  memengaruhi waktu tidurnya. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus waspada akan makanan dan jajanan yang membuat anak susah tidur.

Lalu, apa saja jenis makanan tersebut?

1. Kafein

Kafein membuat seseorang terjaga. Zat ini tidak hanya ditemukan pada kopi, namun juga pada teh, cokelat, dan minuman bersoda. Oleh karena itu, hindari pemberian jajanan yang mengandung kafein pada anak, setidaknya 4-6 jam sebelum waktu tidur anak.

2. Tinggi gula

Gula mengandung banyak energi, sehingga gula dapat membuat anak terjaga dan aktif. Anda harus menghindari pemberian makanan tinggi gula seperti es krim, cake, popcorn rasa karamel, dan sebagainya pada anak setelah makan malam atau sebelum tidur.

3. Tinggi garam

Sebelum tidur, anak juga harus menghindari makanan seperti junk food yang tinggi lemak dan garam, serta jajanan tinggi garam seperti keripik. Makanan seperti itu susah dicerna oleh tubuh, sehingga membuat sistem pencernaan terus bekerja saat anak tidur. Hal ini tentu menyebabkan anak susah tidur.

4. Daging merah

Daging merah seperti steak, sosis, dan sate kambing cenderung membuat saluran pencernaan bekerja secara ekstra. Saat malam hari, jauhkan anak dari makanan atau jajanan tinggi protein hewani, agar anak tidak susah tidur.

5. Beberapa jenis sayuran

Beberapa jenis sayuran mengandung serat yang tinggi, seperti brokoli atau kembang kol. Walaupun mengandung banyak nutrisi, makanan tinggi serat cenderung lambat untuk dicerna. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak memberikan sayuran tersebut kepada anak di malam hari.

Ingat, makanan dapat memengaruhi waktu tidur anak. Mengingat waktu tidur sangat penting untuk tumbuh kembang anak, Anda sebaiknya tidak memberikan makanan atau jajanan di atas, yang dapat membuat anak susah tidur.

[BA/ RVS]

JajananSusah TidurAnakAnak Susah Tidur

Konsultasi Dokter Terkait