Sukses

Inilah Teknik Pernapasan untuk Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Ingin tidur lebih nyenyak dan berkualitas? Cobalah untuk mempraktikkan teknik pernapasan 4-7-8. Agar tidak salah, simak di sini langkah-langkahnya!

Mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas adalah langkah awal untuk memiliki kesehatan tubuh yang paripurna. Sayangnya, mewujudkan kondisi tidur yang demikian bukanlah perkara mudah.

Bahkan, tak sedikit orang-orang yang mengalami kesulitan tidur alias insomnia. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, cobalah untuk mulai melakukan latihan pernapasan 4-7-8.

Seorang profesor kedokteran dari University of Arizona bernama Andrew Weil mengajarkan teknik pernapasan 4-7-8 untuk membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Lantas, bagaimana latihan pernapasan 4-7-8?

Latihan Pernapasan 4-7-8 untuk Tidur Nyenyak

Teknik pernapasan 4-7-8 merupakan sebuah metode yang terinspirasi dari praktik India kuno bernama pranayama. 

Teknik ini membantu Anda melatih dan mengontrol pernapasan sehingga memberikan perasaan relaks dan nyaman. 

Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa teknik pernapasan 4-7-8 dapat membantu mengurangi rasa cemas, stres, dan ketegangan. 

Jika teknik ini diterapkan menjelang waktu tidur, Anda pun bisa memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Artikel Lainnya: Teknik Bernapas yang Benar agar Tubuh Lebih Sehat

1 dari 3 halaman

Cara Kerja Teknik Pernapasan 4-7-8

Melalui teknik pernapasan ini, tubuh dapat mengambil dan mempertahankan lebih banyak oksigen, membuat sistem saraf lebih relaks. dan menciptakan rasa tenang. Teknik pernapasan ini pun dapat menyeimbangkan sistem kerja tubuh.

Tak hanya itu, sensasi relaks yang dihasilkan berkat teknik pernapasan tersebut juga dapat mengalihkan perhatian dari pikiran sehari-hari, sehingga otak dapat beristirahat. 

Secara perlahan, ketegangan yang dirasakan pun akan berkurang, dan Anda akan mengantuk dengan sendirinya.

Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, metode pernapasan tersebut ternyata telah memberikan manfaat positif bagi beberapa orang yang telah melakukannya. 

Orang-orang tersebut mengaku bahwa teknik pernapasan 4-7-8 dapat membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Artikel Lainnya: Tips Pernapasan yang Tepat Saat Olahraga

2 dari 3 halaman

Penerapan Teknik Pernapasan 4-7-8

Tertarik untuk menerapkan teknik pernapasan 4-7-8 agar bisa tidur lebih nyenyak? Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Posisikan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi Anda. Pertahankan dan pastikan posisi lidah tidak berubah sampai akhir latihan.
  • Buang napas dengan tekanan yang cukup kuat melalui mulut hingga terdengar suara "whoosh".
  • Katupkan mulut dan tarik napas lembut melalui hidung dalam empat hitungan (4 detik).
  • Tahan napas sampai hitungan tujuh (7 detik). Anda bisa menghitung dalam hati sambil menahan napas.
  • Keluarkan napas secara perlahan melalui mulut dalam sekali embusan napas. Buang napas dalam delapan hitungan (8 detik), dan buatlah suara mendesis.
  • Tarik napas lagi dan ulangi cara-cara di atas sebanyak tiga kali.

Saat stok oksigen di paru-paru cukup banyak, Anda akan merasa lebih tenang dan relaks. 

Bernapas dengan teknik seperti ini juga disebut dapat membantu meredakan stres, lho!

Tak heran, teknik ini disarankan untuk dilakukan sebanyak dua kali sehari, selama 6–8 minggu sampai menguasai dengan cukup baik. Hal ini membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa merasakan adanya stres atau beban pikiran berlebihan.

Tertarik untuk menerapkan teknik pernapasan 4-7-8 agar Anda bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas? 

Pastikan untuk melakukannya dengan cara tepat, sambil mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup sehat. Dengan begini, Anda pasti akan merasakan manfaatnya dengan lebih optimal lagi.

Jika Anda punya pertanyaan mengenai latihan pernapasan untuk tidur atau hal-hal lain menyangkut kesehatan, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar