HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

dr. Valda Garcia, 18 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bawang merah terkenal sebagai rempah dengan beragam manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan? Yuk, simak di sini.

10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Semua tahu kalau bawang merah adalah bumbu dasar untuk berbagai jenis masakan. Aroma yang harum dan rasa khasnya menambah kenikmatan makanan. 

Namun, mungkin hanya sedikit yang tahu bawang merah punya manfaat begitu luas untuk kesehatan tubuh.

Masyarakat sebenarnya sudah lama memanfaatkan bawang merah untuk kesehatan. Misalnya, bawang merah kerap digunakan sebagai obat demam anak.

Studi Phytotherapy Research membuktikan bahwa bawang merah adalah sumber antioksidan. Selain itu, masih ada sederet manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut ulasannya.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Konsumsi bawang merah dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian pada 2002 yang dimuat di jurnal Thrombosis Research menunjukkan, sulfur pada bawang merupakan komponen yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

2. Memiliki Efek Antialergi

Dalam sebuah penelitian tahun 2019 yang dipublikasikan di Pubmed menunjukkan bahwa bawang merah memiliki efek antialergi. 

Dalam penelitian uji klinis acak, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa suplementasi oral bawang merah yang dikombinasikan dengan obat cetirizine memberikan efek penyembuhan yang lebih baik dibandingkan dengan obat tunggal.

Menurut University of Maryland Medical Center, zat kuersetin pada bawang dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin.

Artikel lainnya: Jus Bawang Merah, Benarkah Bermanfaat untuk Kulit?

3. Melawan Radikal Bebas

Manfaat bawang merah berikutnya adalah dapat meningkatkan imunitas. 

Ya, polifenol dalam bawang berfungsi sebagai antioksidan untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menghilangkan radikal bebas berarti bisa membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan serta kekebalan tubuh. 

Itulah mengapa, konsumsi bawang merah – yang tentunya diimbangi dengan makanan bergizi seimbang lainnya – dapat membuat kamu terhindar dari berbagai penyakit. 

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Salah satu kegunaan bawang merah adalah dapat memperbaiki sistem pencernaan.

Bawang merah mengandung serat sehingga membantu proses pencernaan. Buang air besar pun bisa berlangsung teratur. 

Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung jenis serat larut khusus, oligofruktosa, untuk mendorong tumbuhnya bakteri baik di usus.

Artikel Lainnya: Fakta di Balik Kebiasaan Menurunkan Demam Anak dengan Bawang Merah

6. Mencegah Diare

Kamu sedang mengalami diare? Mungkin bisa mencoba konsumsi bawang merah untuk mengatasinya.

Sebuah studi pada tahun 2005 di jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menemukan, oligofruktosa dalam bawang merah bisa membantu mengobati serta mencegah diare.

7. Mengatur Gula Darah

Tahukah kamu, salah satu manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah dapat mengendalikan gula darah?

Kromium yang ada di dalam bawang berpotensi membantu pengaturan gula darah. Sementara itu, sulfur bisa bantu menurunkan kadar gula darah dengan memicu produksi insulin.

Penelitian di jurnal Environmental Health Insights pada 2010 mengungkap,  orang dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi bawang merah menunjukkan kadar glukosa yang lebih rendah hingga 4 jam.

Selanjutnya, analisis pada 2014 di jurnal Nutrition menemukan, penderita diabetes tipe 2 punya kadar gula darah yang lebih rendah saat makan bawang.

Artikel lainnya: Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah, Amankah?

8. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Studi yang dimuat di jurnal Menopause pada 2009 mengungkapkan, mengonsumsi bawang setiap hari berpotensi meningkatkan kepadatan tulang pada wanita menopause.

Wanita yang mengonsumsi bawang merah juga memiliki risiko patah tulang pinggul sekitar 20 persen lebih rendah, dibandingkan wanita yang tak pernah makan bawang.

9. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat lainnya dari bawang merah adalah sebagai pencegahan kanker. Zat kuersetin yang terdapat pada bawang kemungkinan merupakan agen antikanker yang baik.

Senyawa tersebut dapat menghambat sel kanker pada payudara, usus besar, prostat, endometrium, dan paru-paru.

Komponen ini dapat menghentikan kanker dengan beberapa mekanisme, seperti menginduksi apoptosis (kematian sel kanker), menjaga siklus sel, dan lain-lain. 

10. Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam bawang merah serta tumbuhan genus Allium lainnya dapat berperan pada berbagai tahap pembentukan, pertumbuhan, diferensiasi, dan metastasis sel kanker.

Hipotesis ini disebutkan dalam studi oleh Asemani Y et al tahun 2019 yang dipublikasi di Pubmed.

Sangat banyak potensi manfaat bawang merah untuk kesehatan. Semoga dengan lebih banyak studi terkait bawang merah yang dilakukan, pemanfaatan bawang merah untuk kesehatan bisa semakin luas.

Kamu bisa tanya dokter online terkait konsumsi dan manfaat bawang merah lewat fitur Tanya Dokter KlikDokter.

Jangan ketinggalan informasi menarik lainnya seputar nutrisi, penyakit, dan gaya hidup sehat hanya di aplikasi KlikDokter.

[RS]

bawang merahBawang

Konsultasi Dokter Terkait