Sukses

Keajaiban di Balik Ucapan Terima Kasih

Meski sederhana, ucapan terima kasih ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Ucapan “terima kasih” tampaknya memang sederhana. Namun, sesungguhnya nilai di baliknya tidak sesederhana itu. Saat Anda mengucapkan terima kasih, Anda tak hanya memupuk kebaikan tetapi juga membuat orang lain bahagia. Itulah mengapa, manfaat terima kasih sangat besar karena baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. 

Pada dasarnya, ucapan terima kasih adalah salah satu tanda yang menunjukkan rasa syukur atas apa yang terjadi. Terima kasih juga diucapkan sebagai penghargaan pada seseorang yang telah melakukan sesuatu untuk Anda. Dan terbiasa mengungkapkan terima kasih dapat membuat Anda lebih bahagia, bahkan lebih sehat.

Lalu, apa sajakah manfaat ucapan terima kasih? Berikut di antaranya: 

1 dari 4 halaman

1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Manfaat terima kasih yang pertama adalah dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung

Bahkan, The American Heart Association (AHA) berpendapat bahwa mengucapkan terima kasih dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, termasuk stroke.

2. Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

AHA memaparkan, mengucapkan terima kasih juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. 

Namun, tentunya hal ini tidak dapat menjadi pengganti obat untuk Anda yang memiliki hipertensi dan harus mengonsumsi obat secara rutin. 

Artikel Lainnya: Pentingnya Mengajarkan 3 Kata “Ajaib” Ini pada Anak

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat terima kasih lainnya berhubungan dengan kualitas tidur. Ya, rutin mengucapkan terima kasih dipercaya dapat meningkatkan energi positif di dalam tubuh dan membuat seseorang menjadi lebih tenang. 

Hal ini juga dapat membantu seseorang menjadi lebih nyenyak saat tidur dan dapat membantu mengatasi kesulitan tidur.

4. Menurunkan Risiko Stres

Ketika seseorang mengucapkan terima kasih, hal ini dapat membantu memberikan emosi positif bagi tubuh. 

Selain itu, hal ini juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres dan terhindar dari depresi. Tentunya, untuk mendapatkan manfaat terima kasih yang satu ini, perlu dibarengi dengan pola hidup sehat ya. 

Artikel Lainnya: Sejuta Manfaat Bersyukur untuk Kesehatan Mental

3 dari 4 halaman

5. Menurunkan Risiko Demensia

Dengan mengucapkan terima kasih, maka dapat meningkatkan rasa bahagia dalam pikiran sehingga memengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh. Hal ini dianggap dapat membantu menjaga kesehatan tubuh hingga menurunkan risiko demensia.

Selain itu, memiliki rasa terima kasih yang tinggi mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang menghargai semua hal yang ada. Dan tentunya, Anda tidak akan mengacaukannya dengan perilaku hidup yang tidak sehat.

Demikianlah manfaat terima kasih yang bisa Anda peroleh. Jadi, bersyukur dan berterima kasih adalah kunci untuk menuju kesuksesan hidup dan menjaga kesehatan tetap seimbang. Biasakanlah untuk berterima kasih bahkan dalam kondisi terburuk dalam hidup Anda. 

Untuk itu, mulailah dengan mengucapkan terima kasih atas pertolongan-pertolongan kecil yang diberikan oleh teman dan orang-orang di sekitar Anda.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar