Sukses

Keajaiban di Balik Ucapan Terima Kasih

Ada banyak keajaiban di balik ucapan “terima kasih”, termasuk untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Ucapan “terima kasih” tampaknya memang sederhana. Namun sesungguhnya nilai di baliknya tidak sesederhana itu. Saat Anda mengucapkan terima kasih, Anda tak hanya memupuk kebaikan tetapi juga membuat orang lain bahagia.

Pada dasarnya, ucapan terima kasih adalah salah satu tanda yang menunjukkan rasa syukur atas apa yang terjadi. Terima kasih juga diucapkan sebagai penghargaan pada seseorang yang telah melakukan sesuatu pada Anda. Dan terbiasa mengungkapkan terima kasih dapat membuat Anda lebih bahagia, bahkan lebih sehat.

Asosiasi Jantung Amerika (The American Heart Association) bahkan berpendapat bahwa mengucapkan terima kasih dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Melalui situs resmi organisasi ini disebutkan bahwa, mengatakan terima kasih dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke serta mengontrol tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Selama ini mengucapkan terima kasih dikenal sebagai tradisi yang dapat mendekatkan seseorang dan menumbuhkan rasa saling menghargai. Hingga beberapa penelitian menemukan bahwa ucapan ini nyatanya memiliki keajaiban seperti sihir. Sejumlah peneliti yang mengamati manfaat dari ucapan terima kasih, menyarankan Anda untuk tak pernah absen mengucapkannya.

Mengucapkan terima kasih juga dikaitkan dengan peningkatan kondisi tubuh, seperti meningkatkan energi positif, menambah motivasi, tidur yang lebih berkualitas hingga menghindari gejala demensia dan sejumlah masalah fisik lainnya. Anda juga akan memiliki tingkat stres dan depresi yang lebih rendah.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Hofstra University dan the University of California, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa remaja yang terbiasa mengucapkan terima kasih akan terhindar dari kegalauan di masa pubertas. Sebab dengan selalu merasa bersyukur, seseorang akan terhindar dari kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain serta menjadi lebih bijaksana.

Selain itu, memiliki rasa terima kasih yang tinggi mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang menghargai semua hal yang ada, termasuk kesehatan tubuh dan mental. Dan tentunya, Anda tidak akan mengacaukannya dengan perilaku hidup yang tidak sehat.

Jadi, bersyukur dan berterima kasih adalah kunci untuk menuju kesuksesan hidup dan menjaga kesehatan tetap seimbang. Biasakanlah untuk berterima kasih bahkan dalam kondisi terburuk dalam hidup Anda. Untuk itu, mulailah dengan mengucapkan “terima kasih” atas pertolongan-pertolongan kecil yang diberikan oleh teman dan orang-orang di sekitar Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar