Pencernaan

5 Cara Alami Mencegah Usus Buntu

Gerardus Septian Kalis, 25 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terapkan lima kiat ini agar Anda tidak terkena penyakit usus buntu.

5 Cara Alami Mencegah Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan penyakit pada saluran cerna yang cukup berbahaya. Usus buntu terletak di bagian kanan perut, sehingga jika Anda merasakan nyeri pada bagian perut kanan bawah, bisa jadi Anda menderita usus buntu.

Operasi pengangkatan usus buntu tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Namun, penyakit usus buntu berpotensi memicu komplikasi yang serius. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah usus buntu.

  1. Konsumsi makanan berseratMakanan yang tinggi serat adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah usus buntu. Alasannya, radang yang ada di usus buntu banyak disebabkan oleh penumpukan feses. Bisa dikatakan bahwa orang yang terkena sembelit memiliki risiko untuk terkena radang usus buntu.Oleh sebab itu, orang yang sering sembelit ada baiknya mengonsumsi makanan tinggi serat seperti agar-agar, sayur, dan buah. Serat baik untuk pencernaan karena akan melunakkan feses sehingga buang air besar menjadi lancar. Feses yang keras akan menyumbat usus, terutama usus buntu.
  2. Vitamin A dan D Selain serat, konsumsi vitamin A dan D juga diyakini merupakan salah satu cara mencegah radang usus buntu.Vitamin A membantu sel darah putih melawan infeksi, sementara vitamin D melawan bakteri dan infeksi pada tingkatan yang lebih tinggi. Dua vitamin ini wajib ada dalam asupan makanan jika Anda ingin mencegah radang usus buntu.
  3. Jangan tunda buang air besar (BAB)Menahan BAB mungkin terdengar sepele, namun faktanya orang yang suka menunda BAB akan lebih mungkin mengalami sembelit. Kondisi sembelit akibat kerasnya feses berpotensi menyebabkan usus buntu. Agar dapat mencegah radang usus buntu, segeralah buang air besar saat dorongan itu tiba.
  4. Batasi asupan kafein dan alkohol Kafein dan alkohol adalah dua zat yang dapat menyebabkan sembelit, yang menjadi cikal bakal radang usus buntu pada kemudian hari. Mulai hari ini, batasilah konsumsi minuman ataupun makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, serta minuman beralkohol.
  5. Banyak mengonsumsi air putihCara termudah untuk mencegah usus buntu adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Air putih bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Feses yang keras bisa dilunakkan dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Mereka yang kurang konsumsi cairan, tubuhnya akan rentan untuk terkena sembelit serta radang usus buntu. Orang yang duduk selama berjam-jam di depan komputer juga rentan sembelit sehingga diwajibkan untuk mengonsumsi 8 gelas air per harinya.

Itulah berbagai cara untuk mencegah Anda terkena usus buntu. Jika penyakit usus buntu tidak segera diobati, hal ini dapat mengakibatkan pecahnya usus buntu. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

[RS/ RVS]

Cegah Usus BuntuObat Usus BuntuUsus Buntu

Konsultasi Dokter Terkait