Sukses

Ingin Tubuh Tetap Sehat dan Bugar? Olahraga Saja

Olahraga dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Lantas, apa lagi manfaat olahraga?

Klikdokter.com, Jakarta Kesibukan kerja dapat menurunkan stamina dan performa tubuh. Agar terhindari dari serangan penyakit, Anda perlu berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Berbagai badan kesehatan di seluruh dunia juga merekomendasikan olahraga sebagai salah satu resep untuk menjaga kesehatan.

Menurut dr. Jessica Florencia, rekomendasi itu bukan sekadar anjuran tanpa dasar. Berbagai penelitian, termasuk yang dimuat di British Journal of Pharmacology menyebutkan, olahraga memiliki efek yang sama seperti ‘obat”, yaitu mencegah dan mengobati.

Olahraga telah terbukti dapat mencegah berbagai penyakit. Mulai dari penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), obesitas, hingga kanker. Sedangkan, dalam ‘mengobati’, olahraga dianggap sebagai sama dengan obat untuk mengatasi stres dan depresi.

Bagaimana olahraga bisa mengatasi stres? Seperti dimuat dalam jurnal Current Opinion in Psychiatry, 2005, olahraga berperan dalam menciptakan rasa nyaman yang akan membuat seseorang bebas stres.

Selain untuk menjaga dan meningkatkan stamina fisik, olahraga juga telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan otak dan berperan dalam menjaga fungsi kognitif.

Jurnal Development of Neurorehabilitation, 2008, mengungkapkan bahwa olahraga merupakan makanan untuk otak. Penelitian yang dimuat di jurnal tersebut menyebutkan, olahraga sedang terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Jika memiliki segudang aktivitas dengan jadwal yang padat, Anda perlu olahraga secara rutin guna menjaga kesehatan fisik dan otak. Selain itu, menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan sehat juga tidak boleh dilupakan.

Menurut dr. Jessica, mengendalikan asupan kalori dengan menghindari asupan tinggi lemak dan gula dapat membantu tubuh tetap fit.

Lalu bagaimana dengan konsumsi kopi? Bila Anda tidak dapat melewatkan hari tanpa kopi, sebaiknya pastikan kopi yang Anda konsumsi rendah gula. Hal ini penting agar tubuh tidak mengonsumsi gula melebihi batas rekomendasi asupan gula harian.

Jadi, ingin tubuh tetap sehat dan bugar? Berolahragalah secara rutin. Selain itu pastikan Anda menghindari asupan makanan dan minuman yang tinggi lemak dan gula. Dengan demikian, Anda dapat tetap beraktivitas dengan sehat.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar