Sukses

Wanita Latihan Angkat Beban, Bahayakah?

Latihan angkat beban identik dengan maskulinitas. Lalu, bolehkah wanita melakukannya?

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini latihan angkat beban identik sebagai olahraga pria. Karena latihan beban memerlukan tenaga ekstra, dan biasanya latihan ini dilakukan pria untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kencang atau kekar. Namun, bukan berarti wanita tak boleh melakukannya, lho!

Stigma yang muncul adalah wanita tidak boleh mengangkat beban karena nanti terlihat kekar dan tidak feminin. Padahal, latihan angkat beban dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan sekaligus penampilan.

Pernahkah Anda membayangkan memiliki tubuh seperti artis-artis Hollywood yang kencang namun tetap indah? Faktanya, sebagian besar dari mereka melakukan latihan angkat beban!

Berikut ini adalah keuntungan dari latihan angkat beban yang bisa Anda dapatkan:

  • Membakar lemak

    Salah satu kunci untuk membakar lemak adalah dengan mengangkat beban. Dengan latihan angkat beban, Anda akan membangun otot, dan otot memerlukan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Semakin banyak otot yang digunakan atau dilatih, semakin banyak juga lemak yang akan terbakar.

  • Lebih efektif daripada kardio

    Tak hanya itu, angkat beban juga lebih efektif dibandingkan dengan olahraga kardio biasa seperti bersepeda dan berlari. Kalori yang dibakar dari satu jam sesi latihan angkat beban bisa mencapai dua kali lipat kalori yang dibakar dengan berlari.

  • Tidak berarti tubuh menjadi kekar

    Di pikiran kebanyakan wanita, latihan angkat beban pasti akan membuat tubuh mereka menjadi besar dan kekar seperti pria. Faktanya, hal tersebut tidak benar. Berbeda dengan pria, wanita tidak memiliki hormon testosteron yang tinggi. Hormon testosteron berfungsi untuk pembentukan otot dan pertumbuhan otot. Jadi, pembentukan otot pada wanita tidak akan seperti pada laki-laki.

Setelah melihat keuntungan dari latihan angkat beban, masihkah Anda takut untuk melakukannya? Bila Anda ingin membakar lemak dan membentuk tubuh yang kencang, jangan ragu untuk memulainya. Namun, perlu diingat, latihan ini perlu dilakukan dengan teknik dan porsi yang tepat agar hasilnya maksimal. Selamat berlatih!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar