Sukses

Pakai Minyak Tawon untuk Luka, Ini Caranya

Minyak tawon kerap dipilih untuk menyembuhkan luka. Tapi apakah semua luka boleh diberi minyak tawon? Ini cara menggunakan minyak tawon untuk luka.

Minyak tawon adalah salah satu minyak populer di Indonesia. Minyak yang pertama kali diproduksi di Makassar ini seakan-akan menjadi ‘senjata sehat’ di banyak rumah di Indonesia.

Salah satu cara penggunaannya yang sering diperbincangkan adalah untuk mengobati luka. Apakah Anda termasuk pengguna minyak tawon untuk luka?

Manfaat minyak tawon untuk luka dikonfirmasi oleh banyak testimoni orang-orang. Diklaim mampu mempercepat penyembuhan luka.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan minyak tawon, jangan lupa pahami dulu lebih dalam seputar manfaat minyak ini serta cara penggunaannya.

Artikel Lainnya: Ketahui Penyebab Luka Sulit Sembuh

1 dari 4 halaman

Luka Apa yang Bisa Diberikan Minyak Tawon?

Sebelum membahas lebih dalam seputar jenis luka yang bisa ditangani oleh minyak tawon, mari membahas seputar kandungan dalam minyak tersebut.

Nama ‘minyak tawon’ terkesan menyesatkan, karena isinya bukan benar-benar minyak yang dihasilkan dari tawon.

Minyak tawon adalah minyak yang bahan utamanya, meliputi minyak kayu putih dan minyak sereh. Kedua minyak ini sendiri sudah lama digunakan di Indonesia.

Berdasarkan sejumlah studi, manfaat kandungan minyak tawon untuk luka adalah lewat mekanisme pengurangan inflamasi (peradangan).

Jadi, keluhan luka dapat lebih mereda dan penyembuhan berpotensi berlangsung lebih cepat.

Studi juga menunjukkan bahwa kandungan kayu putih dan minyak sereh bermanfaat untuk menghilangkan nyeri dan memiliki sifat antiseptik. Sifat antiseptik mungkin dapat membantu mencegah adanya infeksi pada luka.

Bila didasarkan pada kandungannya, jenis luka yang tepat digunakan minyak tawon adalah jenis luka superfisial (permukaan).

Luka ringan, seperti lecet, memar, dan bengkak, kemungkinan bisa memperoleh manfaat dari minyak tawon.

Untuk luka dalam yang terbuka lebar tetap membutuhkan penanganan medis untuk mengatasinya.

Luka dalam dapat mengekspos mukosa dan pembuluh darah yang terbuka. Jadi, penggunaan minyak-minyak tradisional dalam jenis apapun bisa berisiko.

Artikel Lainnya: Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah, Amankah?

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Minyak Tawon untuk Luka

Minyak tawon memang relatif aman untuk digunakan siapa saja. Tidak heran penggunaan minyak tawon sangat luas, baik pada anak-anak maupun usia dewasa.

Namun, penggunaan minyak tawon tetap perlu dibarengi dengan kewaspadaan. Pada orang-orang dengan kulit sensitif, minyak tawon dapat memberikan keluhan iritasi kulit.

Berikut cara menggunakan minyak tawon untuk luka:

  • Bila Anda baru pertama kali menggunakan minyak tawon, ada baiknya mengoleskannya tipis-tipis terlebih dahulu di sedikit area kulit. Hindari untuk langsung mengaplikasikannya dalam jumlah banyak.
  • Area luka yang akan dioleskan minyak dapat dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian, Anda dapat mengoleskan minyak secukupnya.
  • Belum ada penelitian mendetail mengenai frekuensi yang disarankan. Namun, penggunaan 1-2 kali sehari diperkirakan sudah cukup.
  • Ketika setelah pengaplikasian muncul keluhan, seperti perih yang menyengat, kemerahan yang bertambah, dan rasa panas berlebihan, segera bersihkan permukaan. Ada baiknya untuk menghentikan penggunaan dan berkonsultasi pada dokter.

Artikel Lainnya: Tips Perawatan Luka Ringan di Rumah

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Tawon Lainnya

Adapun beberapa manfaat lain dari kandungan minyak tawon, di antaranya:

  • Meredakan nyeri otot dan sendi.
  • Mengurangi keluhan pilek dan sinusitis.
  • Membantu meredakan batuk.
  • Mengurangi kecemasan dan stres.
  • Berguna untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.
  • Sakit gigi.

Namun, studi yang dilakukan pada minyak kayu putih dan minyak sereh masih terbatas. Untuk itu, manfaat kandungan minyak tawon yang tervalidasi penelitian masih terbatas.

Demikianlah pembahasan seputar manfaat minyak tawon untuk luka, cara penggunaan dan manfaat lain dari minyak tawon.

Bila Anda tidak yakin seputar penggunaan minyak tawon untuk luka, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan manfaat minyak tawon sekaligus mencegah efek samping yang tidak diharapkan.

Konsultasi langsung dengan dokter menyangkut masalah kesehatan yang Anda alami lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[PUT]

2 Komentar

  • Ahm******hillah

    Bisa dipertanggungjawabkan gak ya? Bukan dokter penulisnya.

  • Apakah yang menulis artikel ini memang dokter atau content writer yang dibayar hanya untuk mengisi konten? Jika content writer, apakah ada editor dari orang yang paham medis? Mengapa saya tanyakan? Karena penulis menyatakan minyak tawon baik digunakan untuk luka bakar. Kok ngaco ya?