Sukses

5 Kebiasaan yang Bikin Anda Sulit Tidur

Inilah 5 kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari agar tidak sulit tidur di malam hari.

Klikdokter.com, Jakarta Sulit tidur di malam hari alias insomnia semakin tak mengenal kawan maupun lawan. Tak jarang, di tengah rasa lelah setelah seharian beraktivitas pun, mata enggan untuk terpejam.

Jika sudah demikian, Anda mungkin akan melakukan berbagai cara untuk dapat tertidur. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati. Karena kebiasaan-kebiasaan yang konon bisa bikin ngantuk, justru membuat Anda semakin sulit tidur.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang dimaksud:

  1. Minum obat tidur

    Mengutip Men’s Health, President of Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, W. Christopher Winter, M.D., mengatakan bahwa meminum obat tidur adalah cara paling buruk untuk mendatangkan rasa kantuk. Menurutnya, hingga saat ini pil tidur belum sepenuhnya terbukti dapat memberi Anda tidur yang lebih berkualitas.

    Menurutnya, tidur yang dihasilkan oleh obat tidur bukanlah jenis istirahat yang dapat memenuhi kebutuhan otak dan tubuh. Selain itu, mengonsumsi obat tidur pun berpotensi membuat kecanduan, sehingga Anda akan merasa tidak bisa tidur tanpa obat tersebut.

  2. Jam tidur yang berantakan

    Menurut family practice physician, Mia Finkelston, M.D., memiliki jam tidur yang tidak teratur dapat memperparah kesulitan Anda untuk tidur. Masalah seperti ini, kata Mia, banyak dialami orang yang memasuki usia 20 hingga 40 tahun.

    Hal ini karena tubuh membentuk sebuah struktur, termasuk jam tidur. Oleh karenanya, Anda harus selalu tidur dan bangun di jam-jam yang sama setiap harinya, bahkan di hari libur. Cara ini dapat membuat Anda terhindar dari masalah tidur.

  3. Menghitung Domba

    Pada beberapa orang, menghitung domba malah dapat membuatnya semakin gelisah dan sulit tertidur. Terlebih jika angka domba sudah mencapai puluhan. Hal ini diketahui dapat merangsang otak untuk semakin berfokus menghitung, dan memicu insomnia sebagai hasilnya.

    Menurut Dr. Winter, sebaiknya Anda mencoba metode lain agar tidak sulit tidur. Daripada menghitung domba, Anda bisa mencoba untuk membayangkan diri tengah melakukan sesuatu yang membosankan.

  4. Bangun dari tempat tidur

    Sebagian ahli berpendapat bahwa beranjak dari tempat tidur untuk membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan hal lainnya dapat mengundang rasa kantuk

    Namun Dr. Winter tak sepakat dengan itu. Menurutnya, bangun dari tempat tidur saat lewat jam tidur dapat membuat Anda semakin sulit tidur. Terlebih jika Anda melakukan suatu aktivitas, Anda malah akan semakin bersemangat dan terjaga sepanjang malam.

  5. Melihat jam

    Melihat jam kala sulit tidur dapat menyebabkan Anda semakin merasa cemas. Hal ini dapat membuat Anda semakin sulit tertidur. Bahkan bukan tidak mungkin, rasa cemas tersebut membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Kini Anda sudah mengetahui kebiasaan apa saja yang bisa bikin sulit tidur. Mana yang tanpa disadari sering Anda lakukan? Mulai saat ini saatnya dihentikan, agar kenikmatan tidur yang hakiki bisa Anda rasakan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar